Walaupun ATM BCA Gangguan, Nasabah Tidak Perlu Pusing Karena Diberikan Layanan Seperti Ini Oleh BCA - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Walaupun ATM BCA Gangguan, Nasabah Tidak Perlu Pusing Karena Diberikan Layanan Seperti Ini Oleh BCA

Share This

Walaupun ATM BCA Gangguan, Nasabah Tidak Perlu Pusing Karena Diberikan Layanan Seperti Ini Oleh BCA


Sejumlah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) offline akibat adanya gangguan pada satelit Telkom 1.

Menurut Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, untuk layanan terbaik ke nasabah, BCA akan mengganti biaya tarik tunai jika nasabah menggunakan mesin ATM bank lain.

"Kan kalau nasabah BCA ambil uang di ATM bank lain kena biaya Rp 7.500. Kami akan bebaskan biayanya, tapi ini hanya untuk tarik tunai lho ya. Memang tidak langsung gratis, nasabah ambil dulu, kena biaya baru akhir bulan dikredit kembali biaya administrasinya," ujar Jahja dalam konferensi pers di Menara BCA, Senin (28/8/2017).

Menurut Jahja, biaya gratis hanya berlaku untuk transaksi tarik tunai. Di luar transaksi tarik tunai seperti cek saldo dan transfer, nasabah dapat menggunakan internet banking atau melalui aplikasi BCA mobile.

"Kenapa yang ditanggung hanya tarik tunai? Karena untuk transaksi lain, seperti transfer atau cek saldo bisa menggunakan aplikasi mobile atau internet banking," jelasnya.

BCA katanya, telah menyiapkan Rp 50 miliar sampai 70 Miliar untuk biaya perbaikan dan talangan biaya transaksi tarik tunai di bank lain.

Diketahui, sebanyak 5.700 dari 17.210 ATM BCA, masih tak berfungsi lantaran pengalihan sinyal masih dilakukan. "Nantinya perpindahan sinyal untuk 3.000 ATM akan dilakukan oleh satelit Telkom 3, sedangkan sisanya akan menggunakan satelit Apstar V," akunya.

Proses pemulihan koneksi diperkirakan memakan waktu dua hingga tiga pekan ke depan, mengingat pengalihan dilakukan secara manual oleh petugas di mana, perseroan menargetkan bisa memulihkan 200 ATM per hari.

"Proses pemulihan dilakukan secara bertahap. Jadi, setiap hari akan ada ATM yang pulih," katanya.

Selain menggunakan ATM bank lain, nasabah juga bisa melakukan transaksi tarik tunai di kantor cabang maupun ATM perseroan di lokasi lain yang terdekat.

Seluruh ATM di kantor cabang BCA menggunakan fiber optik sehingga dapat berfungsi optimal.

"BCA menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamannya. Kami sarankan gunakan atm di kantor cabang BCA," tutupnya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages