Kenali Ciri-ciri Ban Mobil yang Akan Meledak - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Kenali Ciri-ciri Ban Mobil yang Akan Meledak

Share This

Kenali Ciri-ciri Ban Mobil yang Akan Meledak

Jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh ban yang meledak di jalan, baik di jalan raya maupun di jalur cepat, cukup besar.

Terlebih ketika mobil di kendarai dengan kecepatan yang cukup tinggi dan pengemudi tidak bisa memprediksi dengan baik. Mobil atau sepeda motor akan kehilangan arahnya.

Untuk mengurangi risiko meledak ban, kondisi ban harus diperiksa secara teratur sebulan sekali.

Saat memeriksa ban, cari tanda-tanda bahwa sudah waktunya untuk mengganti ban.

Sebuah pesan dari Astraworld pada Jumat, 6 April 2018, ada tiga tanda-tanda ban yang perlu diganti. Pertama, bunga ban habis menipis dengan TWI (Treadwear Indicator). Jika tanda ini TWI mulai menggosok langsung aspal, itu menandakan bahwa ban sudah tipis.

Kedua, ada bagian nonjol di ban. Tonjolan ban itu karena lebih tipis dari sisi yang lain. Jika Anda tetap tidak menggantinya dan terus-menerus mengalami gesekan dengan aspal, ia akan menjadi panas dan bisa meledak dengan segera.

Kemudian ban mobil itu retak. Ini sering ditemukan pada ban yang bertahan lebih dari empat tahun. Alasannya adalah karet mulai mengeras. Selain itu, sering ada retakan pada ban, karena tekanan angin, yang sering lebih rendah dari standar.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages