Lyondra Ginting Juara 1 Festival Menyanyi di Italia - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Lyondra Ginting Juara 1 Festival Menyanyi di Italia

Share This

Lyondra Ginting Juara 1 Festival Menyanyi di Italia


Lyodra Margaretha Ginting, remaja berusia 13 tahun dari Medan berhasil menjadi pemenang pertama kompetisi menyanyi internasional Festival Sanremo Junior 2017 yang berlangsung di Sanremo, kota di utara Italia. Lomba itu untuk penyanyi solo berusia 6-15 tahun.

Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Roma, Aisyah Allamanda menyatakan pada malam final kompetisi minggu lalu, Lyodra menyanyikan lagu herjudul "Dear Dream" ciptaan Erwin Gutawa dan Gita Gutawa dengan lirik berbahasa Inggris gubahan Ria Leimena.

Usai mengikuti festival, Lyodra didampingi pelatih Gita Gutawa dan asisten tim berkunjung ke KBRI Roma, Kamis 11 Mei 2017. "Mereka bertemu Dubes Esti Andayani dan bercerita mengenai upaya mereka memberikan terbaik untuk mengharumkan nama bangsa pada Festival Sanremo Junior 2017,"  demikian keterangan pers KBRI Roma, Jumat 12 Mei 2017.

“Memang tujuan Di Atas Rata-rata ini membawa mereka ke ajang internasional, khususnya di bidang musik dan seni. Akhirnya kesampaian mimpi itu. Pada 1 sampai 7 Mei, kita mengikuti kompetisi Sanremo Festival,” ujar Gita Gutawa, saat konferensi pers yang digelar di Studio Erwin Gutawa, Antasari, Jakarta Selatan, pada Jumat (12/5).

Tak disangka, anak bimbingan Gita Gutawa ini selain meraih juara pertama juga mendapat penghargaan khusus. “Waktu itu yang berangkat dari Indonesia adalah Lyodra. Lomba dimulai pada 3 Mei, dan pada 6 Mei diumumkan kalau Lyodra menjadi juara pertama. Dia juga mendapat penghargaan khusus Prix of Sanremo Junior’s Committee, alhamdulillah.”

Selain rajin berlatih Lyodra, ia juga berusaha menahan diri untuk tidak mengkonsumsi es krim dan coklat yang menjadi makanan favoritnya sebelum kompetisi untuk menjaga kesehatan dan kualitas suara.

Lyodra, yang baru pertama kali menginjakkan kaki di luar negeri berhasil menjadi pemenang pertama kompetisi menyanyi internasional mengalahkan 22 peserta dari 18 negara dan pengunjung memberikan standing ovation.

Sejak tiba di Italia untuk mengikuti festival yang berlangsung pada 1 hingga 7 Mei tersebut, ia mengaku terus merasa grogi. Beberapa saat sebelum tampil, ia mengaku sempat lupa lirik lagu berjudul Dear Dream ciptaan Erwin Gutawa dan Gita Gutawa dengan lirik berbahasa Inggris gubahan Ria Leimena.

“Akhirnya mencoba untuk tenang dan semuanya berjalan dengan lancar. Aku berusaha semampu aku, apa pun hasilnya kita serahkan ke Tuhan saat itu,” ujar Lyodra.

Lyodra mengatakan menjadi sebuah kebanggaan tak terhingga baginya bisa membawa harum nama Indonesia di luar negeri. Ia berharap kebangaan yang sama dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya tim dan orang sekitar yang selalu mendukungnya.

“Saya bangga sekali bisa pulang dengan membawa kabar gembira ini ke Indonesia,” tutur Lyodra.

Keikutsertaan Lyodra dalam ajang ini juga berkat dukungan dari GUT records dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages