Youtube Hadirkan Fitur yang Membolehkan Semua Kalangan Bisa Siaran Live dan Hasilkan Uang Loh! Wow! - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Youtube Hadirkan Fitur yang Membolehkan Semua Kalangan Bisa Siaran Live dan Hasilkan Uang Loh! Wow!

Share This

Youtube Hadirkan Fitur yang Membolehkan Semua Kalangan Bisa Siaran Live dan Hasilkan Uang Loh! Wow!


YouTube sudah cukup lama memiliki fitur live streaming atau siaran langsung. Fitur tersebut telah dapat dinikmati sejak 2011 silam. Namun, saat itu, pengguna hanya bisa live streaming melalui perangkat PC.

Kini, YouTube siap mengembangkan industri siaran langsung dengan membawa fitur tersebut ke peranti mobile.

Sayang meski dikatakan memberi kesempatan kepada semua pengguna untuk melakukan live video, ada sedikit syarat yang tetap harus dituruti bagi pengguna. YouTube hanya membolehkan live video oleh pengguna yang channel-nya telah terverifikasi. Selain itu channel tersebut juga harus tidak dalam status mendapat larangan live stream sepanjang 90 hari terakhir.

Ke depan, saat ingin menyiarkan video langsung dari smartphone, pengguna cukup menekan sebuah tombol merah yang terpatri di layar aplikasi mobile YouTube di iOS atau Android.

Selanjutnya, pengguna bisa memilih sebuah foto -baik dari galeri atau foto langsung di aplikasi- sebagai thumbnail. Pengguna juga harus mengisi keterangan video sebelum menyiarkannya.

Begitu mulai live, para followers akan diberi notifikasi untuk menyaksikan tayangan pengguna. Antarmukanya kurang lebih mirip seperti Periscope. Pengguna bisa membalas chatting dari para followers sembari live secara real time.

Video streaming memiliki fitur yang sama dengan video YouTube pada umumnya, yaitu dapat dicari melalui rekomendasi playlist dan dapat dilindungi dari pelanggaran hak cipta.

YouTube juga bekerja sama dengan ratusan kreator untuk menyempurnakan pengalaman mobile live streaming tersebut.

Berdasarkan masukan dari para kreator, pembaruan dan perbaikan telah dilakukan YouTube, antara lain memperlambat arus live chat serta meningkatkan kualitas streaming untuk beragam perangkat.

Kreator juga bisa mendapat pemasukan dari live streaming. Setelah streaming selesai, video akan secara otomatis tersimpan di channel mereka dan opsi monetisasi dapat diaktifkan.

Meski begitu, YouTube enggan dikatakan meniru Periscope. Anak perusahaan Google itu berkilah YouTube merupakan platform video terbesar yang sejatinya paling awal memperkenalkan kemampuan live streaming. 

Selain Bigo, YouTube yang sejatinya teah menayangkan siaran langsung sejak 2011, yaitu saat pernikahan anggota kerajaan Inggris, akan bersaing dengan Facebook Live yang sudah meluncur pada 2015 lalu.

Ketersediaan fitur siaran langsung memperketat persaingan dengan penyedia fitur serupa seperti aplikasi Snapchat, Instagram dengan Live Stories, hingga Bigo Live.

Lantas, apa bedanya YouTube live mobile dengan layanan sejenis yang sudah ada? Apakah YouTube yakin bisa memikat hati pengguna yang sudah lebih dulu keranjingan Instagram Live dan lainnya?

"Kami kuat untuk urusan video. Reputasi ini, dengan infrastruktur yang sudah ada membuat layanan live streaming YouTube akan bisa lebih cepat dan mulus dibandingkan kompetitor. Kami juga punya lebih banyak massa yang akan memudahkan content creator memonetize channel mereka," kata YouTube Partner Technology Manager Pariya Sinkuakul dalam video conference yang dilakukan di kantor Google Indonesia, Selasa (7/2/2017).

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages