Harta, Tahta, Wanita: Patrialis Menerima 2 Miliar Untuk Hadiahi Kepada Wanita Ini - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Harta, Tahta, Wanita: Patrialis Menerima 2 Miliar Untuk Hadiahi Kepada Wanita Ini

Share This

Harta, Tahta, Wanita: Patrialis Menerima 2 Miliar Untuk Hadiahi Kepada Wanita Ini


Dalam surat dakwaan, mantan Hakim Konstitusi, Patrialis Akbar, dijanjikan uang sebesar Rp 2 miliar oleh pengusaha impor daging, Basuki Hariman.

Uang tersebut diduga akan digunakan Patrialis untuk membayar pembelian apartemen.

Hal itu dikatakan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat membacakan surat tuntutan terhadap Patrialis Akbar.

Tuntutan dibacakan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (14/8/2017).

“Bagian dari uang suap itu diduga untuk beli apartemen,” tuturnya,

Ketika ditangkap, Patrialis diketahui tengah bersama seorang wanita dan keluarga wanita tersebut. Salah satu penegak hukum menuturkan bahwa wanita berambut panjang tersebut bernama Anggita Eka Putri. Usianya 24 tahun dan telah memiliki seorang anak.

Bersama Patrialis, Anggita dibawa ke markas komisi antikorupsi untuk dimintai keterangan. Saat ini, status Anggita dalam kasus tersebut adalah sebagai saksi.

"Pernah terima pakaian, uang, dan mobil," ungkap Anggita saat bersaksi.

Anggita mengatakan, mobil yang diberikan yakni Nissan March. Pemberian dilakukan sekitar akhir tahun 2016. ‎"Sekitar bulan November 2016," terang Anggita.

Anggita lebih lanjut mengakui,  jika dirinya pernah beberapa kali diberikan uang oleh Patrialis. Terakhir, kata Anggita, Patrialis memberikan dirinya uang sekitar 500 dollar Amerika.

Menurut Anggita, uang itu diterima sebelum Patrialis menjalankan ibadah umrah pada Desember 2016. "Tidak banyak. Terakhir USD 500. Uangnya diberikan sekaligus," ujar Anggita.

Dalam kesaksiannya, Anggita juga mengaku bahwa dirinya sempat ditawari apartemen dan rumah oleh Patrialis. Namun, penawaran apartemen itu tak berujung realisasi.

"Enggak ada pembahasan lagi,  karena akunya enggak mau tinggal di apartemen Jakarta," ujar  perempuan berparas cantik yang bekerja di taman bermain Jungle Land itu.

Sedangkan terkait penawaran rumah, Anggita sempat melihat-lihat rumah yang ditawarkan Patrialis di kawasan Cibinong, Jawa Barat. "Tapi lihat-lihat aja, harganya sekitar Rp 1 sampai Rp 2 miliar," ujar Anggita.

Patrialis Akbar yang ditanya pewarta terkait wanita satu anak ini memilih tak bergeming dan meninggalkan wartawan.

Namun pada suatu kesempatan di depan awak media seperti dikutip dari tayangan Kompas TV Patrialis Akbar menyatakan dengan tegas kali ia dizalimi.

Ia bahkan menyebut kata 'Demi Allah'.

Patrialis menyebut, nama Mahkamah Konstitusi tercoreng karena penetapan tersangka atas dirinya. Ia mengaku, tidak menerima uang suap dari Basuki Hariman, seperti yang disangkakan kepadanya.

Patrialis menegaskan, Basuki tak memiliki kepentingan dalam memberi suap terhadap perkara yang sedang ditangani MK.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages