Facebook Resmi Buka Kantor Di Indonesia, Ini Dampak yang Akan Terjadi - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Facebook Resmi Buka Kantor Di Indonesia, Ini Dampak yang Akan Terjadi

Share This

Facebook Resmi Buka Kantor Di Indonesia, Ini Dampak yang Akan Terjadi


Facebook akhirnya membuka kantor resmi di Indonesia. Kantor Facebook di Indonesia itu diresmikan pada Senin (14/8/2017), oleh Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati.

Facebook memilih gedung perkantoran Capital Place yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Facebook menyewa setengah bagian dari lantai 49 gedung tersebut sebagai markasnya di Tanah Air.

Sri Widowati mengatakan keberadaan kantor Facebook ini adalah bentuk komitmen mereka kepada Indonesia.

"Ini menunjukkan komitmen terhadap apa yang sudah kami lakukan di indonesia. Berusaha untuk support komunitas-komunitas yang ada di kami, serta pengguna facebook," ucap perempuan yang akrab disapa Wido ini dalam sambutan peresmian kantor baru Facebook.

Nuansa startup dengan warna kebudayaan Indonesia langsung terasa ketika pertama kali masuk ke kantor ini.

Kesan Indonesia tercermin dari berbagai hiasan, seperti kumpulan kertas yang berbentuk tulisan nusantara dan hewan menggantung di muka resepsionis. Kemudian mural yang tergambar di tembok-tembok kantor hingga motif batik.

Facebook mengaku berkomitmen mendukung berbagai komunitas termasuk pengusaha perempuan, pebisnis, generasi muda, dan pengembang aplikasi. Salah satunya dengan memberi pelatihan kepada lebih dari 9.000 pengusaha Indonesia, mayoritas pengusaha perempuan di Surabaya, Jakarta, Bandung, Lombok, Makassar, Manado, Palembang, dan Medan.

Pelatihan juga diberikan kepada sekitar 3.000 pengembang aplikasi lokal melalui hackathon dan program pelatihan Facebook Platform Meetups, FbStart, dan Developer Circles. Facebook mengklaim menyelenggarakan program terkait keamanan berinternet yang menjangkau 3,5 juta masyarakat Indonesia melalui literasi digital, program pencegahan bullying dan wellness.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong menyampaikan pembukaan kantor baru Facebook Indonesia merupakan bentuk komitmen Facebook untuk berinvestasi di Indonesia. Thomas meyakini Facebook akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, khususnya bagi startup lokal, para pengembang, usaha kecil dan menengah (UKM), serta bisnis besar.

Secara terpisah, Ketua Bidang Manufaktur Mastel Rudi Rusdiah mengungkapkan pembukaan kantor FB di Indonesia mendatangkan manfaat bagi masyarakat, regulator, dan Facebook sendiri.

"Untuk masyarakat RI, bisa lebih mudah meminta support, karena lebih dekat dan lebih membantu lokalisasi konten. Untuk regulator, mudah kalau ada pelanggaran content abuse, karena territory UU ITE dan turunannya," tuturnya.

Facebook juga bisa memetik manfaat yang besar, diantaranya bisa lebih hemat bandwidth karena tak perlu pakai bandwidth internasional, cukup pakai bandwidth nasional. "Programmer kita juga lebih murah," tambahnya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages