Keren! Tim Cimol Buat Alat Pendeteksi Hoax - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Keren! Tim Cimol Buat Alat Pendeteksi Hoax

Share This

Keren! Tim Cimol Buat Alat Pendeteksi Hoax


Microsoft mengumumkan Tim CIMOL dari Indonesia sebagai pemenang Final Imagine Cup Asia Tenggara, mengalahkan sembilan tim lainnya dari negara Asia Tenggara lainnya, Rabu (26/4).

Tim CIMOL berhasil keluar sebagai pemenang setelah berhasil membuat produk unggulan dari Microsoft, aplikasi Hoax Analyzer. Sebuah aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk memerangi proliferasi berita palsu atau hoax dan mampu mengidentifikasi hoax pada sumber informasi tertentu.

"Aplikasi Hoax Analyzer ini kami ciptakan untuk mengurangi jumlah informasi hoax yang beredar di masyarakat. Kami berharap temuan kami ini dapat bermanfaat bagi semua orang di Indonesia, bahkan di seluruh dunia," tutur salah satu anggota tim, Adinda Budi Kusuma Putra, melalui siaran pers, Senin (10/4/2017).

Sistem aplikasi Hoax Analyzer akan menguji kebenaran suatu informasi di internet dengan menarik informasi dengan kata kunci serupa dari situs-situs yang dianggap kredibel seperti Snopes.com, sebuah situs pemeriksa fakta asal Amerika Serikat.

Ketika mencoba aplikasi ini, yang perlu dipahami adalah seluruh informasi disajikan dalam bahasa Inggris, hal ini tentunya tidak terlepas dari alasan karena Hoax Analyzer merupakan proyek yang dibuat untuk mengikuti kompetisi berskala internasional. Namun meskipun begitu, Hoax Analyzer tetap bisa digunakan untuk menganalisa frasa atau kalimat dalam bahasa Indonesia.

Setelah proses pengecekan selesai, aplikasi akan mengeluarkan skor yang menentukan kadar kebenaran informasi yang diuji.

Setelah memenangi kejuaraan dari Microsoft ini, tim yang terdiri dari Adi, Feryandi Nurdiantoro, dan Tifani Warnita akan terbang ke Seattle, AS, pada Juli nanti. Mereka akan melenggang untuk bersaing dengan perwakilan negara di seluruh dunia.

Selain hak berkompetisi di Seattle, tim Cimol pun diganjar hadiah senilai US$3.000 atau sekitar Rp40 juta. Sementara bila kembali juara di babak final di Seattle nanti, mereka dapat memenangi hadiah senilai Rp1,3 miliar dan kesempatan mendapat bimbingan dari CEO Microsoft Satya Nadella.

Bagi rekan-rekan yang penasaran, bisa mencoba aplikasi ini dengan mengunjungi alamat situs hoaxanalyzer.com dan semoga Tim Cimol bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi di ajang final nantinya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages