Jangan Panik! Ini Tips Cerdas Jika Rem Mobil Anda Tiba-tiba Blong - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Jangan Panik! Ini Tips Cerdas Jika Rem Mobil Anda Tiba-tiba Blong

Share This

Jangan Panik! Ini Tips Cerdas Jika Rem Mobil Anda Tiba-tiba Blong

Salah satu komponen terpenting dalam kendaraan, baik roda empat maupun yang roda dua adalah rem. Perangkat ini bekerja untuk memperlambat kecepatan kendaraan saat berjalan, hingga mobil atau motor benar-benar berhenti.

Mengingat pentingnya fungsi rem di dalam kendaraan, dibutuhkan penanganan rem yang tepat supaya tidak mengalami masalah alias rem blong. Istilah ini biasanya dialami oleh kendaraan yang menggunakan sistem rem tipe hidrolik.

Mengutip situs resmi Daihatsu Indonesia, rem hidrolik bekerja dengan mengandalkan cairan di ruang vakum, dimana bila pedal rem ditekan maka cairan akan menggerakkan tekanan sehingga membuat kaliper rem mendorong lapisan rem untuk menghentikan kecepatan kendaraan.

Rem hidrolik sangat bergantung pada tekanan, jika terjadi kebocoran bisa berakibat fatal. Karena itu, kebocoran bisa membuat tekanan berkurang dan berakibat tidak bisa menekan lapisan rem yang ada di rumah caliper.

"Jika cairannya habis, pedal rem tidak akan terjadi apapun, itu disebut rem blong," kata Lanlan, Surya Motor Mechanic di Pondok Labu, Jakarta Selatan yang biasa menangani mobil merek Daihasu.

Nah, saat rem blong, seperti yang diikuti oleh halaman resmi Polisi NTMC, jika Anda mengalami situasi seperti ini yang harus dilakukan jangan panik, maka sesegera mungkin turunkan posisi gigi ke gigi satu, lalu tarik rem tangan. sampai mobil berhenti

Pada saat bersamaan, kendorkan mobil perlahan ke jalur lambat, lalu berhenti di area yang benar-benar aman dari mobil berkecepatan tinggi. Pastikan lampu bahaya menyala juga, dan gunakan kaca spion untuk memantau kondisi jalur belakang mobil.

Jika kondisinya sedang darurat, bisa juga memberi tanda itu dengan mengeluarkan sehelai kain dari jendela, dan melambai dengan tambahan bunyi klakson.

Jika terpaksa menabrak, arahkan ke sesuatu yang lembut dan aman untuk meminimalkan beban benturan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages