Viral! Ini Surat Cinta Dari Kepala Sekolah di Bantul - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Viral! Ini Surat Cinta Dari Kepala Sekolah di Bantul

Share This

Viral! Ini Surat Cinta Dari Kepala Sekolah di Bantul



"Surat cinta" dari Kepala Sekolah SD Mutiara Persada di Bantul, Yogyakarta kepada orangtua murid ramai diperbincangkan netizen di jejaring sosial.

Surat ini bukan surat cinta sesungguhnya, melainkan surat motivasi bagi orangtua murid. Surat yang beredar ini mengatasnamakan SD Mutiara Persada di Bantul.

Di bagian kop surat tertera alamat, nomor kontak, dan tulisan "Pemerintah Kabupaten Bantul Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga SD Mutiara Persada di Bantul".

Perihal surat tersebut yakni " surat pribadi" yang ditujukan kepada orangtua murid siswa kelas 6 SD Mutiara Persada Bantul.

"Saya sampaikan juga kepada orang tua yang menerima tadi, 'Ini Pak Bu, surat cinta dari saya," cerita Suwarsana, Jumat (9/6/2017).

"Anak saya 36 NEM-nya waktu itu, tanggung. Kalau mau masuk SMA 1 Yogyakarta yang teladan itu harus 38 atau 39. Seperti kakaknya itu kan masuk SMA teladan," imbuh dia.

Suwarsana pun tak mampu menyembunyikan raut wajah kecewanya di depan Aini. Remaja pemilik nama lengkap Nurazizah Maraini itu pun mengucapkan permintaan maaf kepada ayahnya dan meminta sang ayah untuk menghargai usahanya meraih nilai tersebut.

"Pas saya kecewa, anak saya tahu kalau saya enggak berkenan. Terus dia bilang 'Pak tolong dihargai usaha anaknya' sambil menangis. Saya terenyuh, dan itu yang ternyata awal mula inspirasi saya menulis surat itu," kata Suwarsana.

Suwarsana mengakui bahwa isi surat itu sudah pernah beredar luas di grup komunikasi dan media sosial. Namun dia merasa perlu menuliskannya secara resmi dan menyampaikan suratnya secara pribadi kepada para orang tua muridnya.

"Walau sudah tersebar di Whatsapp umum, menurut saya tidak semua orang tua menerima. Selain itu juga ada nilai kedekatan personal antara orang tua dengan sekolah," jelasnya.

"Saya tulis secara resmi, dan saya tambahkan di bagian awal dan akhirnya. Rasanya akan bagus jika dibaca orang tua di saat sekarang ini (pengumuman hasil ujian)," imbuh Suwarsana.

Melalui surat itu, Suwarsana memberikan pesan pada para orangtua murid untuk tetap berbangga dan menjaga percaya diri anak-anak apapun hasil ujiannya.

"Sekiranya anak anda lulus jadi yang teratas, hebat! Tetapi bila tidak mohon jangan rampas rasa percaya diri dan harga diri mereka," tulisnya.

"Katakan pada mereka bahwa ini hanya sekadar ujian. Tidak penting berapa nilai ujian mereka. Katakan anda mencintai mereka dan tidak menghakimi mereka. Lihat anak anda menaklukkan dunia. Sebab sebuah ujian nilai rendah takkan mencabut impian dan bakat mereka," tulis Suwarsana di dua baris terakhir suratnya.

Surat cinta dari Kepsek SD mutiara Persada tersebut diperuntukkan bagi para orangtua murid kelas 6 yang telah melewati Ujian Nasional. Dalam surat itu, Suwarsana berharap bisa mengubah sudut pandang terhadap anak-anak dan nilai ujian yang belum tentu memengaruhi masa depan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages