Review Mobil Proton Exora Prime - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Review Mobil Proton Exora Prime

Share This

Review Mobil Proton Exora Prime


Kehadiran merk Proton di Indonesia memang sangat patut di apresiasi. Salah satunya adalah Proton Exora yang turut meramaikan segmen low MPV yang banyak diisi oleh pemain asal Jepang. Hadirnya Proton Exora digadang-gadang sebagai alternatif bagi calon konsumen yang tidak menyukai body tinggi Toyota Innova, limbungnya Toyota Avanza, kecilnya Nissan Grand Livina dengan budget pas-pasan di bawah 250 jutaan.

Kendati citranya tidak sekuat rival-rival Jepang, namun Exora punya daya tarik besar sebagai MPV keluarga. Modal utamanya adalah akomodasi lega bagi seluruh penumpang. Dibanding Toyota Kijang Innova misalnya, kalau tak mau dibilang lebih baik, setidaknya Exora terbilang sa­ngat baik. Legroom dan headroom sungguh lega. Baik yang model 7 maupun 8 penumpang.

Soal fitur ia juga mumpuni. Paling mencolok adalah aspek keselamatan karena Exora sudah dilengkapi airbag dan rem ABS. Di Exora termewah seperti Bold H-Line, ia bahkan sudah dilengkapi cruise control dan sensor parkir.

Di Indonesia Exora terbit da­lam 2 pilihan mesin. Yakni me­sin 1.597 cc Campro CPS bertenaga 125 dk plus torsi 150 Nm dan 1.597 cc CFE (Charged Fuel Efficiency) turbo berdaya 138 dk dengan torsi 205 Nm.

Menilik kualitas bantingan, pengendalian serta perilakunya di jalan, kami berani bilang kalau inilah Proton yang paling nikmat dikendarai. Sayangnya, posisi mengemudi Exora Prime masih jauh dari sempurna. Andaikan hal tersebut dibenahi, besar kemungkinan mobil ini jadi yang terbaik di kelasnya.

Beruntung ketika duduk di balik kemudi kenyamanannya tidak berkurang, joknya cukup ergonomis dan suportif selain itu pengemudi juga mendapatkan pandangan yang luas.

Sementara itu jok baris kedua didesain dengan model captain seats untuk memaksimalkan kenyamanan penumpang yang duduk di sini sekaligus memberikan kesan kabin yang mewah.

Keberadaan monitor di balik jok depan yang memberikan tambahan hiburan bagi penumpang adalah fitur yang layak dihargai, meski Nissan Grand Livina terbaru pun menawarkan fitur sejenis dengan posisi penempatan berbeda.

Sedangkan pada jok baris ketiga meski para desainer Proton Exora Prime sudah bermurah hati dengan menempatkan roof-mounted vents untuk menyejukkan penumpang yang duduk di baris paling belakang namun joknya sendiri tidak dilengkapi dengan headrest, selain itu busanya terlalu empuk dan mudah mengempis.

Performa Proton Exora tidak terlalu buruk, namun selisih harga yang sebenarnya tak terlalu jauh beda dibanding para kompetitor menjadikan posisinya cukup sulit untuk menjadi unggulan di antara para kompetitor. Namun karena stok masih bersisa sorum proton saat ini mencuci gudang dengan diskon 80juta jadi mobil yang seharga 260 jt OTR ini dapat dibeli hanya dengan 180 juta saja. Murah banget ya untuk level mobil MPV baru yang fitur dan kenyamanannya yang lumayan

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages