Pemerintah Luncurkan Aplikasi Ayo Mudik - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Pemerintah Luncurkan Aplikasi Ayo Mudik

Share This

Pemerintah Luncurkan Aplikasi Ayo Mudik


Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan selama Mudik Lebaran 2017, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama para menteri dan kepala lembaga lainnya meluncurkan aplikasi Ayo Mudik.

Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi pemerintah dengan startup lokal, Kudo Digital Solutions. Peluncuran aplikasi ini akan dilaksanakan bersamaan dengan acara Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2017, Kamis (15/6/2017) di Kantor Kemenhub, Jakarta. Perancangan aplikasi ini diklaim hanya membutuhkan waktu kurang dari satu bulan.

Ayo Mudik merupakan aplikasi yang memberikan ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas di sepanjang jalur mudik, dan informasi titik kemacetan. Akses informasi tersebut terkait titik koordinat pos polisi, SPBU, puskesmas, pos kesehatan, informasi cuaca, daerah rawan bencana, pos peristirahatan, pintu tol, rest area, bengkel, dan lain-lain.

Konten dan informasi di dalam Aplikasi 'Ayo Mudik' ini didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk menyajikan konten dan informasi yang terpadu, yaitu Kementerian Perhubungan, Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BMKG, Pertamina, Jasa Marga, Kepolisian, perusahaan telekomunikasi, perusahaan penyedia jasa dan produk internet dan masih banyak lainnya.

"Aplikasi ini akurasinya cukup bagus. Kita bisa tahu ATM terdekat di mana, masjid terdekat, dan alternatif jalan yang ingin dilalui kita bisa di-guide," jelas Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Kamis (15/6).

Sejak resmi diluncurkan 15 Juni kemarin, Ayo Mudik sudah tersedia di Google PlayStore dan siap diunduh secara gratis.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages