Perbedaan Sitem Operasi 64 bit dan 32 bit - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Perbedaan Sitem Operasi 64 bit dan 32 bit

Share This

Perbedaan Sitem Operasi 64 bit dan 32 bit


Saat ini komputer PC baik laptop maupun desktop yang menggunakan sistem operasi Windows umumnya tersedia dalam dua jenis, menggunakan Windows versi 32-bit atau versi 64-bit. Perbedaannya ialah jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu. Sedangkan komputer yang dirancang untuk sistem operasi 64-bit memiliki potensi kinerja komputer yang jauh lebih besar, sehingga memerlukan perubahan mendasar dalam merancang sebuah software untuk sistem operasi 64-bit.

Pengertian “bit”

Bit adalah pengertian dari cara komputer dalam mengolah informasi yang dijelaskan dalam bentuk kode binary. Dimana serangkaian kode angka yang terdiri dari angka tersebut dihitung sebagai satuan bit per 1 digit. Sebagai contoh processor ukuran 32 bit dapat memproses sebesar 32 digit sekaligus dalam pemakaiannya.

Lalu Apa Perbedaan 32-bit dengan 64-bit?

Sebuah prosesor yang memiliki sistem 64-bit mampu menyimpan 264 nilai komputasi termasuk memori, yang berarti dapat mengakses lebih dari empat miliar kali lebih banyak memori fisik dibandingkan 32 bit.

Apa Kaitannya Terhadap Aplikasi dan Driver?

Yap pasti donk, aplikasi yang memiliki kinerja tinggi disarankan menggunakan prosesor 64-bit sehingga akan terasa nyaman dan lancar menyimpan banyak informasi secara langsung, misalnya editing gambar, video, rendering 3D dan lainnya yang dibuka sekaligus. Selain itu Game yang dimainkan dalam prosesor 64-bit ini tentu tidak akan mengalami lag (lemot), pasti berjalan dengan lancar tanpa halangan.

Kelebihan windows 32 bit

Bisa menjalankan semua jenis aplikasi yang berbasis processor dibawahnya seperti basis 8 bit dan 16 bit.
Lebih kompatible
Dapat digunakan pada driver lama dengan ram kurang dari 4GB dan laptop/notebook versi lama.
Kinerja lebih optimal jika digunakan pada RAM kapasitas 2GB.

Kekurangan windows 32 Bit

Tidak support menggunakan RAM diatas 4GB
Tidak support menjalankan program basis 64 bit atau lebih
Tidak support menjalankan aplikasi atau game dengan ukuran yang besar

Kelebihan Windows 64 Bit

Proses pengolahan data lebih cepat dan efisien bahkan 2 kali lipat daripada 32 bit
Kinerja lebih optimal
Sangat support dan kompatible segala program basis 32 bit
Sangat support menjalankan program aplikasi dan game game berat.

Kekurangan Windows 64 Bit

Sayangnya penggunaan processor 64 bit tidak rekomendasi untuk pc versi lama. Agar kinerja lebih optimal penggunaan processor 64 bit harus memiliki spesifikasi pc yang tinggi.

Jadi kesimpulanya jika pc memakai RAM kapasitas 4GB atau kurang, maka gunakan OS 32 bit, dan sangat rekomendasi digunakan untuk notebook dan laptop yang memiliki 2 slot memory dengan kapasitas 2 GB saja. Sementara bagi anda yang membutuhkan komputer untuk diisi program program desain, editing atau game game berat maka gunakan OS 64 bit.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages