Apa Itu Bitcoin? - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Apa Itu Bitcoin?

Share This


Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual yang pertama kali dikembangkan pada tahun 2009, oleh Satoshi Nakamoto, (nama samaran). Mata uang digital berfungsi seperti halnya Rupiah, Dollar, Euro, atau yang lainnya. Namun, mata uang digital ini hanya tersedia di dunia digital. Contoh mata uang digital seperti seperti eGold, tapi secara konsep cukup jauh berbeda dengan Bitcoin.

Bitcoin sebagai mata uang memiliki fitur sebagai berikut:

Transfer instant secara peer to peer.

Bitcoin adalah mata uang desentralisasi dikelola oleh teknologi peer-to-peer (P2P)(2), tanpa otoritas pusat. Semua fungsi seperti penerbitan Bitcoin, proses transaksi dan verifikasi dilakukan secara kolektif oleh jaringan, tanpa pengawas pusat atau lembaga untuk mengawasi operasi. Sebaliknya, mata uang konvensional dikeluarkan oleh bank sentral sebagai bagian dari mandatnya untuk mengelola kebijakan moneter nasional. Di AS, Federal Reserve hanya memiliki kekuatan untuk mengeluarkan dollar, melainkan juga otoritas pusat yang melakukan kebijakan moneter, mengawasi bank, memelihara stabilitas sistem keuangan, dan menyediakan jasa keuangan kepada lembaga penyimpanan

Gratis untuk digunakan

Bitcoin memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pembayaran dengan sangat murah. Kecuali untuk kasus spesial seperti pembayaran-mikro, tidak ada biaya yang diterapkan. Namun direkomendasikan untuk membayar biaya sukarela lebih tinggi untuk konfirmasi yang lebih cepat untuk transaksi Anda dan untuk menggaji orang yang mengoperasikan jaringan Bitcoin.

Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.

Bitcoin diberikan ke tangan orang lain, transaksi tidak dapat dibatalkan kecuali orang itu bersedia mengirimkan Bitcoinnya kembali;

Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous.

Semua transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo Bitcoin yang dimiliki seseorang bisa kita lihat, namun kita tidak tahu siapa pemilik alamat Bitcoin tersebut bila si pemilik tidak memberitahukannya. Setiap pengguna Bitcoin sebenarnya bisa memilih apakah namanya ingin dimunculkan atau tidak, namun meskipun si pengguna ingin merahasiakan identitasnya, semua transaksinya tetap tercatat dan dapat dipantau oleh publik.

Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.

Bitcoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Mereka yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, harus meretas jutaan server tersebut di saat yang bersamaan.

Jumlahnya terbatas

Suplai Bitcoin hanya akan ada 21 juta Bitcoin di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin cenderung naik.

Anda bisa transfer bitcoin ke mana saja di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Bitcoin akan disimpan ke dalam Bitcoin Wallet. Wallet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet ataupun smartphone. Setelah menginstall wallet, Anda akan mendapatkan Bitcoin Address. Untuk transfer bitcoin sangat mudah, buka aplikasi wallet, masukan Bitcoin Address dari lawan transaksi dan jumlah bitcoin yang ingin ditransfer, kemudian kirim.

Lalu Anda mungkin bertanya, kalau tidak ada bank atau perusahaan yang mengelola seperti halnya paypal atau egold, lalu data keuangan disimpan di mana? Jawabannya, di komputer Anda sendiri (dalam wallet) dan jaringan peer to peer di seluruh dunia. Uang bitcoin tersimpan di komputer Anda di dalam wallet. Jika komputer rusak sama saja uang bitcoin Anda hilang, jadi wallet bitcoin harus di-backup secara berkala ke beberapa device. Ketika melakukan transaksi, puluhan ribu komputer di dalam jaringan bitcoin akan menverifikasi data yang Anda masukan sehingga tidak terjadi kecurangan.

Ini berarti bahwa jika Anda kehilangan Bitcoins Anda untuk alasan apapun – misalnya, crash hard drive, atau hacker mencuri dompet digital di mana Bitcoins Anda disimpan, atau pertukaran Bitcoin mana Anda memegang keseimbangan pergi keluar dari bisnis – Anda memiliki sedikit jalan. Mata saldo diadakan di bank, di sisi lain, telah diasuransikan terhadap peristiwa tertentu seperti kegagalan usaha bank oleh badan-badan seperti Federal Deposit Insurance Corporation di AS

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages