Sekilas Tentang Uber - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Sekilas Tentang Uber

Share This

Sekilas Tentang Uber



Uber merupakan jasa perantara penyedia taxi premium menggunakan program khusus pemesanan taxi yang menghubungkan konsumen dengan driver Uber taxi, dapat diakses melalui smartphone maupun komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Sebenarnya menurut saya pribadi ini lebih cocok dibilang rental mobil daripada taxi. Rental jangka pendek hanya beberapa jam dari suatu tempat ke tujuan yang jarak dekat. Karena motto dari Uber adalah Everyone's Private Driver. Dan Aplikasi Uber ini seperti aplikasi perjodohan, yaitu menyodohkan penumpang uber dengan supir uber.

Program Software yang disediakan sangat membantu para konsumen dalam memberikan informasi tentang: jarak tempuh ke lokasi tujuan, perkiraan tarif biaya, pembayaran ongkos taxi vai kartu kredit dan melihat profil driver Uber txi terdekat yang sedang posisi standby dan dapat dihubungi.

Product Uber terbagi dua yaitu Uber X dan Uber Black. Uber X menyediakan mobil dari kelas Avanza kebawah. Uber Black menyediakan mobil mewah dari Innova keatas seperti Camry, Mercedes, Alphard. Tentu harga memesan Uber Black akan lebih mahal. Tetapi jika kadang beruntung memesan Uber X bisa mendapatkan layanan Uber Black jika Uber X sedang full dan Uber Black nganggur.

Uber menjadi ancaman bagi perusahaan taxi karenaberbagai hal. Mulai dari mulai pindahnya konsumen ke Uber karena pelayanannya yang baik dan tentunya juga lebih murah dibanding taxi. Tarif dasar nya mulai dari 3000 sampai 7000 rupiah, tergantung tipe jasa Uber X atau Uber Black. Untuk permenitnya Uber X ditawarkan 300, sedangkan per kilometernya 2001 rupiah. Sementara Uber Black dibandrol 500 rupiah permenit dan 2850 rupiah per kilometer.

Perbedaaan utama dari Uber ini adalah pada sistem Cashless nya. Penumpang mendaftarkan kartu kredit nya saat mendownload aplikasi Uber. Jadi Penumpang tidak membawa uang sepeserpun dan supirpun tidak menerima uang kecuali tip jika berkenan. Kartu kredit juga tidak perlu digesek ke mesin EDC karena semua sudah terintegrasi ke akun. Copy tagihan dikirim melalui aplikasi dan email. Rute perjalanan pun jelas. Jadi bagi supir yang nakal tidak akan bisa membohongi kantor. Ada pun sitem rating kepada supir, jika menuai komplain terkadang pelanggan bisa meminta pengembalian uang dalam beberapa kasus.

Namun Uber saat ini masih membuka cabangnya di Ibu kota Jakarta. Kita tunggu saja Uber hadir di seluruh daerah indonesia.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages