Jangan Membuang Benda Kecil Ini - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Jangan Membuang Benda Kecil Ini

Share This

Jangan Membuang Benda Kecil Ini


Biasanya kotak sepatu datang deangan kantong yang penuh dengan silikon dioksida atau silica. Tentu di bungkusan lain juga terdapat silica, seperti bungkusan makanan.

Namun, ketahuilah bahwa kantong ini jauh lebih berguna daripada yang anda kira.
Sebenarnya benda ini harusnya anda simpan, jika dibuang maka anda melakaukan kesalahan. Kenapa?

Benda itu tidak beracun, sangat praktis dan bermanfaat. Berikut manfaatnya:

1. Menempatkan Kantong Silica di Lemari Anda

Jika anda menempatkan kantong kecil ini di lemari pakaian anda, anda akan mencegah terjadinya lembab. Dan kemudian anda tidak akan mencium bau yang muncul karena kelembaban lagi. Silica ini membuat baju anda tidak lembab alias kering!

2. Memperpanjang Umur Produk Kosmetik Make Up

Merawat alat makeup itu gak susah kok. Kamu bisa mengandalkan silica gel sebagai pelindung. Masukkan saja beberapa bungkus silica gel ke dalam tas make up. Selanjutnya kosmetik anda akan menjadi lebih tahan lama karena kelembabannya terjaga oleh silica ini.

3. Menjaga Keawetan Foto dan Buku

Gel silica juga efektif untuk mencegah lembap dan bau pada foto dan buku yang menumpuk.

4. Menjaga Alat-alat Otomotif Tidak Karatan

Sertakan kantong silika ke dalam kotak penyimpanan perkakas kendaraan anda seperti obeng, tang, bor, gergaji, menjadi lebih awet dan tahan lama dari karatan karena mengurangi kelembaban.

5. Kotak Perhiasan

Kotak perhiasan juga perlu diberi sekantung silica gel untuk menjaga koleksi perhiasan Anda dari kelembaban yang bisa membuat kilaunya berkurang. Apalagi untuk perhiasan dari perak yang dikenal sangat mudah kusam akibat udara lembab

6. Mengeringkan Handphone yang Basah

Ponsel yang jatuh di kolam berenang karena kecerobohan atau jatuh dimana saja sehingga gadget anda kemasukan air, cara mengeringkannya cukup sederhana. Matikan dan jangan hidupkan gadget anda yang telah basah. Cabut baterai nya kemudian tempatkan 4-5 tas silica gel. Mereka akan menyerap kelembaban pada gadget anda dan gadget anda kering kembali. Tentu cara ini lebih efetif dan efisien dibanding merendam ke dalam baskom berisi beras. Karena beras utk dimasak sebagai makanan. Bukan merendam gadget yang basah.

7. Jauhkan Silica Anda dari asesoris basah dan dapat menjaga tas awet

Karena fungsi silica ini adalah untuk menyerap kelembaban, maka anda harus menyimpan beberapa kantong silica ke dalam tas favorit anda.
Dengan begitu maka ia akan menjaga proliferasi bakteri, juga akan membantu menghilangkan bau yang tidak sedap dan menjaga tas anda kering dan bersih.
Asesoris basah dapat menyebabkan bau tak sedap, oleh karena itu kosongkan tas anda dari asesoris basah seperti contact lens dan barang bersifat basah lainnya.

Silica ini berwarna biru, tetapi jika ia sudah menyerap banyak kelembaban, ia akan berubah menjadi warna pink. Setelah berwarna pink ia tidak bisa menyerap kelembaban lagi kecuali diregenerasi dengan cara dihangatkan didalam oven untuk menghilangkan kelembabannya. Kemudian ia akan berubah menjadi warna kebiruan dan siap digunakan kembali.

Silahkan mencoba manfaat-manfaat dari silica. ^_^

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages