7 Langkah Supaya Tidak Asal Kerja Keras Untuk Dapat Hasil Maksimal - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

7 Langkah Supaya Tidak Asal Kerja Keras Untuk Dapat Hasil Maksimal

Share This

7 Langkah Supaya Tidak Asal Kerja Keras Untuk Dapat Hasil Maksimal


Untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal, seseorang rela bekerja keras dan terus-terusan. Mereka rela menghabiskan waktu siang dan malam demi menyelesaikan pekerjaannya. Bahkan sampai ada yang lupa waktu kapan terakhir mereka makan atau mandi karena terlalu sibuk banting tulang. Padahal agar pekerjaan mendapat hasil yang maksimal, nggak melulu harus kerja keras seperti itu.

Nah buat yang kepingin hasil kerjamu tetap maksimal, kamu bisa mewujudkannya meski nggak melulu kerja keras. Terkadang, kebanyakan orang lupa bahwa hasil yang maksimal nggak cuma dilihat dari pekerjaan aja, tapi dari juga dari beberapa aspek di luar itu. Jika kamu bisa menerapkan hal ini, tanpa kerja keras pun hasil pekerjaanmu tetap bisa maksimal.

1. Menentukan visi dan misi dengan jelas

Seseorang yang bekerja kadang lupa menentukan visi awal mereka. Sehingga apa yang mereka lakukan terkadang melebihi dari yang seharusnya tapi tak terlalu berdampak pada hasil kinerjanya. Hal ini karena apa yang dikerjakan tidak sesuai jalur yang seharusnya. Maka oleh karena itu kamu harus tetapkan goal kamu terlebih dahulu dan memasukkan kerjaanmu ke dalam goal kamu. Jika sudah tahu apa visimu bekerja, dan sudah paham misi apa saja untuk mencapai hal itu. Maka tanpa perlu bekerja berlebihan, kamu tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan begitu siap-siaplah dengan goal yang akan kamu capai di kemudian hari.

2. Pintar kelola waktu istirahat

Pekerjaan bukan perkara caramu bekerja saja. Tapi harus ada penyeimbang lainnya. Salah satunya adalah istirahat. Kamu harus pintar mengelola waktu istirahatmu. Mengurangi istirahat agar kamu bisa menambah waktumu untuk bekerja sebenarnya bukanlah hal yang baik. Karena tubuhmu juga butuh sejenak berhenti dari kesibukan dalam pekerjaan. Bukankah tubuhmu akan bekerja lebih optimal jika istirahat yang dibutuhkan bisa dipenuhi?

3. "Me Time" untuk merefreh pikiran agar lebih fokus

Meluangkan waktu untuk diri sendiri juga nyatanya mampu untuk membuat pikiranmu segar kembali karena setiap pekerjaan tak lepas dari permasalahan di dalamnya. Dan jika apa yang kamu kerjakan mentok dan nggak kunjung menemukan jalan keluar, maka berhentilah sejenak. Kamu butuh waktu untuk menyendiri. Lebih baik luangkan waktu untuk dirimu sendiri sehingga kamu bisa berpikir lebih jernih untuk memahami permasalahan yang ada. sehingga kamu siap untuk memulai kembali aktivitasmu.

4. Kualitas lebih penting daripada kuantitas

Cobalah biasakan untuk melakukan pekerjaanmu sepenuh hati hingga selesai. Karena pekerjaan yang berkualitas tentu lebih bagus daripada kuantitas yang banyak tetapi biasa saja dan bahkan mengecewaka. Maka fokuslah pada kualitas pekerjaan. Itu akan membuat hasilnya lebih maksimal daripada kuantitas yang biasa saja.

5. Kerja konsisten adalah kuncinya, bukan kerja keras

Hasil kerja yang maksimal juga dipengaruhi oleh konsisten dan disiplin saat melakukan pekerjaan. Hal ini berpengaruh karena hasil pekerjaanmu tidak naik turun. Kunci dari konsistensi ini tentunya adalah disiplin. Disiplin mengerjakan tanggung jawab dan menyelesaikannya dengan tepat waktu dan tidak harus lembur. Dan sifat yang tidak berpuas diri juga akan selalu memperbaiki kerjaan untuk lebih baik kedepannya sehingga hasil kerjaan pun lebih baik

6. Bekerja santai tanpa diganggu sosial media juga lebih bagus

Cobalah kendalikam bersosial media karena itu akan membuat kamu lupa akan waktu dan kerjaan pun terlambat dan tidak selesai. Berkomitmen lah mementingkan pekerjaan dengan memisahkan waktu bersosial dan dalam waktu kerja tidak boleh menyentuh gadget. Dengan begitu tanpa kamu sadari hasil kerjaan mu akan lebih maksimal.

7. Penuhi kebutuhan rohani juga

Nah, melakukan kebiasaan baik secara tidak langsung berpengaruh pada hasil pekerjaanmu lho. Misalnya bangun pagi, minum teh hangat, lalu berolahraga, tentu akan membuat tubuhmu fit dan nggak gampang sakit. Kamu pun akan bersemangat saat menjalani jam kerja. Tapi nggak cuma kebiasaan baik untuk raga saja yang harus kamu lakukan. Kebiasaan baik untuk jiwa atau batinmu juga perlu.

Salah satunya dengan melakukan ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Orang-orang yang dekat dengan Tuhannya cenderung lebih bahagia dan jauh dari rasa stress atau tertekan. Karena mereka yakin bahwa ada Tuhan yang akan membantu di saat dia butuh. Selain itu, kebiasaan baik itu juga bisa kamu lakukan pada sesama. Saling membantu antar tetangga, atau bersedekah pada yang membutuhkan juga akan membuat hatimu semakin merasa bahagia.

Jadi jika ingin hasil pekerjaanmu maksimal, kamu nggak bisa memfokuskan pada cara kerjamu saja. Membanting tulang siang malam nggak akan maksimal hasilnya jika hal-hal ini nggak kamu lakukan. Semua aspek kehidupanmu harus seimbang agar hasil yang kamu capai tidak membuatmu kecewa.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages