Merantaulah Walau Cuma Sekali - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Merantaulah Walau Cuma Sekali

Share This

Merantaulah Walau Cuma Sekali


Merantau ke kota lain untuk menuntut ilmu, bekerja, atau mencari pengalaman baru mungkin terasa berat pada awalnya. Karena harus meninggalkan kenyamanan yang sudah ada untuk menghadapi sebuah tantangan baru. Tapi setidaknya merantaulah walaupun hanya sekali dalam seumur hidup.

Dengan merantau maka kamu akan mendapat manfaat ini.

1. Lebih Terbuka Terhadap Perbedaan

Tinggal di kota yang baru pasti akan banyak hal yang berbeda, mulai dari budaya sampai pribadi orang di sekitarnya masing-masing.
Kamu pun tidak bisa menolak atau mengabaikannya. Mau tidak mau kamu beradaptasi. Secara tidak sadar, pikiranmu pun jadi lebih terbuka dan kamu pun jadi pribadi yang lebih bijak.

2. Lebih Mandiri dan Bertanggung jawab

Melakukan segala sesuatunya sendirian kamu akan dituntut untuk lebih mandiri. Karena kamu memegang kendali penuh atas diri kamu sendiri maka kamu harus pandai memprioritaskan sebaik mungkin. Memang terasa berat di awal tetapi kelamaan itu akan menjadi sebuah kebaikan buat kamu sendiri.

3. Mengenal Lebih Banyak Orang

Hidup mu tidak hanya seperti katak dalam tempurung, kamu bertemu dengan orang-orang baru serta pengalaman berbeda yang kamu dapatkan akan memperluas lingkungan sosialmu. Ini adalah sebuah kebaikan bagi kamu, karena dengan lingkungan yang lebih luas tidak menutup kemungkinan akan ada tawaran kerja yang lebih baik dari kawan mu.

4. Membuatmu Lebih Bersyukur

Karena tau berat nya berjuang dan bertahan di perantauan kamu jadi lebih menghargai hal-hal sederhana dalam hidup. Banyak yang bisa membuat kamu bersyukur. Mulai dari kehangatan yang dirasa setiap kali berkumpul keluarga bahakan juga tentang merasakan rindu yang begitu mendalam yang dirasa ketika jauh dari orang tua.

5. Kemampuan Mengendalikan Diri

Karena sudah terbiasa membuat prioritas mengendalikan diri sendiri. Membuat kamu berpikir bahwa tidak ada orang yang bisa diandalkan selain kamu sendiri di dunia ini. Dirimu lah yang memiliki kendali penuh atas dirimu sendiri untuk megubah nasib dan hidupmu sendiri.

Tak perlu takut merantau. Hanya pengalaman baru yang bisa membuat kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa.



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages