Ternyata Teori Konspirasi Dibuat Oleh Orang-orang Ini - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Ternyata Teori Konspirasi Dibuat Oleh Orang-orang Ini

Share This

Ternyata Teori Konspirasi Dibuat Oleh Orang-orang Ini

Teori konspirasi saat ini menjadi semakin viral dan global. Beberapa analisis menunjukkan bahwa teori konspirasi telah menjadi populer di dunia karena perebutan geopolitik telah disiarkan di Internet.

Setelah sekian lama, sungguh sebuah teka-teki, para peneliti di Australian National University (ANU) bekerja sama dengan para peneliti dari Macquarie University di Australia, akhirnya mengungkapkan otaknya persebaran teori konspirasi. Para peneliti mengatakan bahwa mereka terkejut dengan hasil penelitian mereka.

Dikutip dalam Phys, Selasa 3 April 2018, para peneliti ANU menemukan bahwa mereka dapat mendistribusikan teori konspirasi dengan data digital berdasarkan forum diskusi terbesar di dunia yaitu Reddit dari 2007 hingga pertengahan 2015. Data termasuk komentar pada teori konspirasi. Dengan menggunakan data digital seperti itu, para peneliti menganalisis dan mencari tahu siapa otak teori konspirasi yang tersebar di Internet.

Penulis utama studi ini, Colin Klein, terkejut oleh hasil penelitian timnya.

"Kami harus memahami bahwa ini bukan hanya orang gila, dan saya sama sekali tidak berpikir, saya telah menemukan orang-orang ini, tetapi mereka hanyalah puncak gunung es, yang jauh lebih besar," katanya.

Klein, peneliti sekolah jurusan psikologi ANU mengatakan bahwa biasanya orang yang percaya pada teori konspirasi cenderung mengarah jadi orang yang mengasosiasikan setiap konspirasi dengan hal-hal lain.

Analisis menunjukkan bahwa kebanyakan teori konspirasi menjadi heboh dan terus menyebar ketika orang dan kelompok yang berbeda mencocokkan atas agenda mereka.

Teori konspirasi menjadi lebih besar karena mereka dipaksa untuk mendukung kepentingan atau agenda orang tersebut. Konspirasi digunakan sesuai dengan kebutuhan distributor.

"Konspirasi terbaik adalah konspirasi yang bisa didapatkan sesuatu darinya oleh siapa pun," katanya.

Dia menyebutkan teori konspirasi dari penjara CIA. Satu orang menggunakannya untuk menghubungkan mereka dengan peristiwa 11 September. Sementara yang lain menggunakan teori ini untuk memanasi kelompok antisemit. Sepertiga lainnya menggunakan teori untuk berbicara tentang kontrol senjata.

Studi ini juga menunjukkan alasan mengapa orang terlibat dalam teori konspirasi. Sebagian orang terobsesi dengan dunia ini karena mereka tidak percaya bahwa pemerintah telah mendelegasikan institusi atau kekuatan atau politisi.

Yang lain terlibat dalam aliran teori konspirasi sebagai ekspresi penghinaan untuk kelompok atau politisi tertentu.

Contoh nyata, penelitian ini, membuktikan teori konspirasi Pizzagata. Teori ini adalah hasil dari perbuatan orang-orang yang tidak suka Hillary Clinton.

"Teori konspirasi berkembang, dan itu masalah, kita boleh menganalisis dampaknya pada wacana politik baru-baru ini," kata Klein.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages