Apa yang Gusi Anda Ingin Sampaikan Padamu? - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Apa yang Gusi Anda Ingin Sampaikan Padamu?

Share This

kesehatan gusi

Apa yang Gusi Anda Ingin Sampaikan Padamu?

Beberapa gejala seperti gusi kemerahan, membengkak dan berdarah bisa jadi sangat sedikit hubungannya dengan kebersihan mulut anda.


Gusi Pucat
Apa artinya itu: Kamu mungkin harus memesan sebuah burger basah atau sebuah salad bayam besar. Ketika tubuh kamu tidak memproduksi cel darah merah yang cukup, kamu nampaknya anemia, dikatakan John Moore, Dokter Ilmu Gigi di Cosmetic Dental Associates di San Antonio. Gusi seharusnya bagus dan berwarna pink dan kekurangan nutrisi seperti zat besi atau B12 bisa menjadi penyebab, dan kamu mungkin juga mencermati gejala lain seperti lemas, pusing, dan lelah. Ceritakan pada doktermu.

Gusi Bengkak
Apa artinya itu: Pengobatanmu mungkin harus disalahkan. Dokter gigi memperhatikan bahwa resep tertentu, seperti untuk epilepsi, kejang dan tekanan darah tinggi, dapat "membuat gusi bengkak, dan karena itu, berdarah saat menyikat," dikatakan Mazen Natour, DMD, MScD, Protodontis di New York City. Sebuah kunjungan dengan dokter gigimu untuk meninjau daftar obat-obatanmu bisa membantu menjelaskan pendarahannya. Lalu, jumpai dokter kamu.

Dalam beberapa kasus, dokter kamu mungkin bisa menyarankan sebuah pengobatan alternatif lain. Jika itu tidak memungkinkan, pilihan terbaikmu adalah memperkuat komitmenmu untuk menyikat dan flossing-bahkan jika masalahnya terkait dengan obat-obatan, itu tetap sebuah masalah gusi jadi melakukan perawatan mulut adalah penting-dan jadwalkan pertemuan teratur dengan dokter gigimu, dia mengatakan.

Gusi Merah, Sakit
Apa artinya itu: Walaupun kamu menyikat dan flossing setiap hari, kamu mungkin masih mengalami gusi merah, bengkak dan mudah berdarah-dan tidak sembuh juga. "Pada orang dengan diabetes tipe 2, gusinya tidak dapat sembuh sendiri," dikatakan Natour. "Air liur yang membasahi giginya tinggi akan glukosa, yang memelihara bakteri di dalam gigi mereka." Dalam kasus ini, dokter gigimu mungkin mengirimkan kamu pada doktermu untuk tes fisik dan tes darah.

Bintik-bintik Putih di Gusi Anda
Apa artinya itu:  Selama check-up rutin, dokter gigimu memperhatikan luka merah dan putih di sekitar dan di dalam mulut kamu. "Jika kita melihat sebuah potongan atau gumpalan pada jaringan yang dengan nyata tidak seharusnya di sana, kami langsung berpikir tentang kemungkinan kanker mulut," Moore mengatakan.

Untuk perspektif, sebuah bintik putih dengan sendirinya tidak mengindikasikan kanker mulut, dan itu mungkin dari penyebab lain seperti reaksi alergi atau luka sariawan, dikatakan Natour. Tapi jika dicurigai kanker mulut (gejala lain termasuk susah mengunyah atau menelan, sakit telinga dan suara serak), dokter gigi atau doktermu akan memerintahkan untuk biopsi. Jika kamu memperhatikan sebuah bintik yang tidak menghilang dalam dua minggu, telepon doktermu untuk menguji kamu.

Gusi Surut
Apa artinya itu: kamu tidak akan pernah berpikir bahwa gigi dan payudara kamu berkaitan, tapi memang benar, faktanya, sebuah masalah ganda. Dengan hanya 35,4 persen dari orang dewasa usia kerja mengunjungi dokter gigi secara teratur, itu artinya banyak orang meninggalkan cara terbaik untuk menghindari penyakit periodontal (dimana bakteri menghancurkan jaringan gusi dan tulang).

Apalagi: Jika kamu tidak tahu kamu memiliki penyakit periodontal-dan inilah hubungan yang mengejutkan-kamu juga tidak akan tahu bahwa kamu beresiko tinggi terkena kanker payudara. Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa memiliki penyakit periodontal dapat meningkatkan resiko untuk kanker payudara 14 persen. (Untuk mantan perokok, peluang mereka meningkat 36 persen.)

Peneliti mengatakan bahwa peradangan kronis dikarenakan penyakit mulut mungkin salah satu faktor mengendalikan pertumbuhan kanker. Kamu mungkin memperhatikan gusi kamu telah membentuk kantung, yang memungkinkan infeksi, dan gigi kamu mungkin melonggar. Anggap ini peringatan kamu untuk menjadwal tes gigi kamu selanjutnya, yang penting untuk menghindari masalah pada masa depan.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages