5 Kesalahan Sehari-hari Yang Bikin Kamu Penyakitan di Masa Tua - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

5 Kesalahan Sehari-hari Yang Bikin Kamu Penyakitan di Masa Tua

Share This

5 Kesalahan Sehari-hari Yang Bikin Kamu Penyakitan di Masa Tua

Agaknya tidak berlebihan jika kondisi kesehatan tubuh Anda ditentukan dari kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Jika kebiasaan Anda dipenuhi dengan hal-hal positif seperti makan sehat secara teratur, tidur tepat waktu, dan mampu mengelola stres dengan baik, maka kesehatan tubuh Anda akan terjaga. Sebaliknya, jika Anda kurang memperhatikan makanan yang Anda makan termasuk beberapa jenis kebiasaan tidak sehat berikut, maka Anda bisa menuai penyakit di usia senja.

Apa contoh kebiasaan tidak sehat yang biasanya Anda lakukan setiap hari? Berikut adalah contohnya:

1. Menggunakan wadah plastik untuk makanan

Tanpa Anda tahu bahan kimia dalam wadah plastik bisa membahayakan kesehatan Anda. Apalagi jika terkena suhu panas. BPA akan lepas dan kemudian masuk ke dalam tubuh.

Selain panas, proses pencucian juga bisa membuat BPA luruh. Inilah yang membuat plastik jadi beracun.

2. Pakai sepatu karet

Sepatu karet sangat nyaman dipakai. Namun, sepatu ini tidak bisa memberikan dukungan atau stabilitas yang bagus untuk tumit kaki. Alhasil akan timbul kelainan pada bentuk kaki, membentuk kapalan, dan nyeri di kaki.

3. Menggunakan maskara yang berlebihan

Penggunaan maskara memiliki tujuan untuk membuat bulu mata wanita terlihat bagus. Maskara sendiri mengandung komponen seperti paraben, serbuk aluminium, dan propylene glikol yang bisa membahayakan mata. Jadi Anda disarankan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan.

Selain itu, hindari meminjam meminjam maskara karena bisa menyebabkan penyebaran bakteri dan jamur yang membuatnya berkembang menjadi infeksi dan membahayakan kesehatan.

4. Memakai panci anti lengket saat memasak

Panci antilengket terbuat dari bahan kimia yang disebut perflourinated yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Bila digunakan di atas suhu melebihi 230 derajat celcius, permukaan penggorengan akan memancarkan zat volatil berbahaya.

Kehadiran bahan kimia ini dalam darah manusia bahkan bisa berujung pada munculnya sel kanker.

5. Mandi dengan sabun anti bakteri

Penggunaan sabun anti bakteri untuk mandi bertujuan untuk menghilangkan semua kuman. Tapi yang tidak Anda ketahui adalah sabun anti bakteri mengandung triclosan yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyerapan antibiotik dalam tubuh.

Selain itu, zat ini juga mampu menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan muscular dystrophy.

Jadi, itulah beberapa contoh kebiasaan sederhana yang biasa Anda lakukan di masa muda yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Sebisa mungkin hindari agar tubuh Anda tetap sehat sampai usia tua.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages