Jokowi Himbau Tidak Perlu Demo Perppu, Cukup Lakuin Hal Ini - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Jokowi Himbau Tidak Perlu Demo Perppu, Cukup Lakuin Hal Ini

Share This

Jokowi Himbau Tidak Perlu Demo Perppu, Cukup Lakuin Hal Ini


Presiden Joko Widodo merespons aksi demonstrasi menolak Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas yang rencananya digelar pada Jumat (28/7/2017) besok.

Jokowi menegaskan, Perppu 2/2017 diterbitkan semata-mata demi menjamin keamanan negara saat ini dan masa mendatang.

"Sekali lagi saya sampaikan bahwa Perppu ini terbit untuk menjamin serta menjaga keamanan negara dalam jangka waktu sekarang hingga yang akan datang," ujar Jokowi, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Jika ada yang menolak Perppu tersebut, Jokowi menyarankan menempuh jalur yang telah diatur dalam mekanisme hukum.

"Kalau ada yang tidak setuju, ya silakan ke jalur hukum, mekanisme hukum kan ada. Kan negara ini juga negara hukum, saya kira dipersilakan," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan, meski pemerintah telah meneken Perppu 2/2017 tentang Ormas, Perppu itu belum disetujui oleh DPR RI.

"Kan juga Perppu ini masih dibahas di DPR. Ini juga proses demokrasi," ujarnya.

Presidium Alumni 212 akan menggelar demonstrasi menolak Perppu Ormas. Aksi yang disebut dengan aksi 287 itu bakal dilakukan setelah salat Jumat di Masjid Istiqlal. Usai melaksanakan salat jumat, peserta akan bergerak ke Patung Kuda.

Tim Kuasa Hukum GNPF-MUI Kapitra Ampera, membenarkan terkait akan adanya aksi ini. Menurut Kapitra, aksi ini bertujuan untuk menyuarakan pembatalan Perppu Ormas yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

"Iya benar.  Aksi itu dilatarbelakangi oleh penerbitan Perppu Ormas. Selain itu karena pembubaran HTI," kata Kapitra saat dikonfirmasi, Minggu 23 Juli 2017.

Menurut Kapitra, aksi tersebut dilakukan pada Jumat dan dimulai dari Masjid Istiqlal. Aksi 287 ini, diikuti oleh sejumlah ormas yang ada di Indonesia. Karena, menurut Kapitra, terbitnya Perppu Ormas itu tidak tepat dilakukan.

"Seluruh ormas ya, karena perppu itu berlaku untuk semua ormas dan terbitnya Perppu Ormas ini dapat membatasi hak warga negara, makanya kami melakukan aksi ini," ujarnya.

Dalam aksi ini, menurut Kapitra, diperkirakan ribuan massa turut hadir. Baik dari Pulau Jawa, maupun dari daerah lainnya.

"Tapi, untuk jumlah secara pastinya saya belum bisa menyebutkan. Perkiraan banyak lah pokoknya yang datang," ujarnya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages