Sekolah Ini Untung Ratusan Miliar Rupiah dari Saham Snapchat, Kok Bisa? - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Sekolah Ini Untung Ratusan Miliar Rupiah dari Saham Snapchat, Kok Bisa?

Share This

Sekolah Ini Untung Ratusan Miliar Rupiah dari Saham Snapchat, Kok Bisa?


Induk perusahaan Snapchat, SnapInc meraih sukses luar biasa pada penutupan saham perdana mereka di bursa New York. Dengan nilai saham awal 17 US Dolar melesak ke nilai 24 US Dolar per saham, dan kenaikan lebih dari 40% itu membuat pendiri snapchat Evan Spiegel dan Bobby Murphy menjadi multi biliuner. Pada kami kemarin waktu setempat, kedua pendiri perusahaan membunyikan bel pembukaan di bursa saham New York.

Bukan hanya kedua orang ini saja yang merayakan, namun sebuah sekolah di Mountain View, Silicon Valley, California juga merayakan saham perdana snapchat ini. Sekolah tersebut adalah Saint Francis High School dimana kepala sekolah mereka menginvestasikan dana sekolah sebesar 15 ribu us dolar pada 2012 lalu. Dan setelah pembukaan saham ini, sekolah mendapatkan 2 juta lembar saham, dimana 2,3 nya terjual dengan nilai 17 dolar usd persaham dan sisanya terjual dengan nilai 16,2 us dolar persaham.

Lalu bagaimana ceritanya mereka sampai berani membeli saham snapchat ?

Hampir persis lima tahun yang lalu, Barry Eggers (pendiri Lightspeed Venture Partners sekaligus Ketua Penyandang Dana Saint Francis High School) pulang kerja dan berjalan ke dapur. ia melihat putrinya Natalie dan beberapa teman-teman SMA nya sedang duduk. Mereka semua asyik dengan ponselnya sambil tertawa. Barry Eggers pun bertanya tentang apa yang mereka semua lakukan

Putrinya itu langsung mengatakan jika Snapchat saat ini sedang jadi aplikasi yang banyak digunakan siswa di sekolahnya setelah Angry Bird dan Instagram. Merasa punya masa depan yang bagus, Barry Eggers sepakat berinvestasi setelah ketemu dengan dua petinggi Snapchat, Evan Spiegel dan Bobby Murphy.

Kini, sekolah elit nan mahal itu pun memetik hasil dari penjualan sahamnya itu. Pengurus Saint Francis tidak secara spesifik tentang akan digunakan untuk apa uang itu, namun beberapa orang mengatakan bahwa uang tersebut akan digunakan untuk dana beasiswa, pembangunan infrastruktur dan menambah fasilitas sekolah.

Saint Francis High School sendiri merupakan sekolah elit dengan biaya USD 16 ribu per tahun atau senilai Rp 213 juta. Namun pihak sekolah akan menggunakan dana hasil penjualan saham ini sebesar 2,75 juta dolar sebagai dana beasiswa pada tahun ini dan seterusnya

Sementara perusahaan Barry Eggers, Lightspeed Venture Partners juga mendapatkan keuntungan tinggi dari investasi sebesar Rp 108 miliar ke Snapchat 5 tahun lalu.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages