Minum Susu Bikin Tubuh Gemuk, Benarkah? - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Minum Susu Bikin Tubuh Gemuk, Benarkah?

Share This

Minum Susu Bikin Tubuh Gemuk, Benarkah?


Pasti banyak di antara kita yang menghindari minum susu agar terhindar dari kegemukan. Namun ternyata, susu tak membuat tubuh kita menjadi gemuk, lo.

Ahli gizi Emilia Achmadi menjelaskan, susu memang mengandung lemak. Akan tetapi, jumlahnya sangat sedikit dibanding kandungan lain dari susu yang lebih bermanfaat bagi tubuh. Asupan lemak tersebut masih dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.

“Segelas susu setiap harinya tidak akan membuat kita kegemukan. Justru susu akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita,” jelasnya.

Emil menjelaskan, dalam susu segar terdapat gula alami yaitu laktosa yang dicerna menjadi sumber energi. Susu mengandung vitamin A, B, dan D, Protein, Kalsium, Magnesium dan Potasium.

Namun menurutnya susu yang kaya maanfaat itu didapat dari susu segar. Untuk itu, konsumsi susu harus sesuai dengan porsinya. Karena jika konsumsi susu berlebihan dapat menyebabkan perut kembung. Sama halnya dengan konsumsi makanan yang jika berlebihan dapat menyebabkab naiknya berat badan.

Emil menyarankan, konsumsi susu sebaiknya dilakukan sebelum tidur atau lebih dari 45 menit setelah olahraga. Asupan yang dianjurkan yaitu sekitar gelas 250 cc.

Selain susu dikaitkan kepada naiknya berat badan, susu juga diidentikkan sebagai minuman anak-anak.

Emil mengatakan, susu memang dibutuhkan sejak bayi, yaitu dengan air susu ibu. Beranjak dewasa, kebutuhan susu yang merupakan sumber kalsium justru bertambah.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages