Tips Agar Mobil Anda Lebih Hemat BBM - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Tips Agar Mobil Anda Lebih Hemat BBM

Share This

Tips Agar Mobil Anda Lebih Hemat BBM


Karena ada beberapa orang yang berasumsi mobilnya boros dan ada beberapa yang mengungkapkan mobilnya tidak boros, dengan catatan jenis mobil jarak tempuh yang sama. Hal ini dikarenakan boros tidak nya konsumsi BBM mobil tidak hanya ditentukan pengendaranya tetapi cara berkendara juga lebih berpengaruh.

Maka dari itu saya akan berbagi tips mengiritkan mobil untuk anda:

1. Pastikan kondisi mesinnya prima yaitu kita selalu rutin memeriksa kendaraan setiap saat sebelum digunakan, dan melakukan servis secara rutin sesuai dengan manual booknya.

2. Jaga putaran mesin, artinya kalau berkendara dengan efisien mengoper gigi itu dikisaran RPM 1500 sampai 2200 untuk mesin bensin dan RPM 1100 sampai 2000 untuk mesin diesel. Ngoper giginya secepat mungkin 1,2,3, pindah gigi itu lebih efisien, efisiensi tertinggi dicapai sewaktu perpindahan gigi paling tinggi dengan RPM maksimal 2500. dibandingkan kita opernya sampai 4000 RPM, enak sih mendengar suaranya yang mendengung, tapi resikonya BBM boros.

3. Hindari akselerasi dan pengereman yang berlebihan, artinya kalau kita tiak harus ngerem ya jangan ngerem, gunakan momentum, kalau kita berjalan dan kendaraan depan sudah terlihat lampu rem menyala maka kita jangan injak gas lagi. menggunakan momentum berat mobil untuk dorongan daripada pakai tenaga gas. Nanti mobil sudah mendekat baru injak pedal rem. Dan setelah jalan lagi injak gas secara halus dan tidak banyak.

4. Gunakan Engine Brake, pengereman dengan tenaga mesin. Seperti tadi kalau enggak harus ngerem ya lepas pedal dan pelan-pelan turunkan gigi secara teratur

5. Tekanan angin,pastikan ke empat roda terisi angin dengan pas dan tidak kurang, karena angin yang kurang bisa menyebabkan gesekan ban ke jalan menjadi lebih besar sehingga traksi berkurang dan membebani kerja mobil. Tekanan angin yhang kurang dapat membuat mobil boros 5-20%

6. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas atau RON bensin yang sesuai rasio klompresi mesin kendraan anda, dan nilai oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan anda sehingga tidak meningglkan kotoran atau kerak sisa pembakaran. Dengan begitu kinerja mesin akan lebih efisien dan jarak tempuh yang lebih jauh.

7. Matikan AC jika tidak Perlu, Kompresor AC memberi beban cukup besar ke mesin. Matikan jika tidak diperlukan atau saat melaju di cuaca yang sejuk. Diatur AC mobil pada suhu 22-23 derajat karena kalau terlalu dingin, kompresor akan bekerja keras sehingga membebani mesin.

8. Matikan mesin jika berhenti lebih dari 20 detik, contohnya di persimpangan lampu merah. Karena mobil berhenti dan mesin hidup selama 3 menit memiliki konsumsi bahan bakar yang sama dengan menempuh jarak 1 km pada kecepatan 50km/jam

9. Kurangi Beban Barang-barang di dalam mobil. Jika barang-barang yang tidak diperlukan diturunkan saja. Karena setiap penambahan beban muatan sebesar 20kg akan meningkatkan konsumsi BBM sekitar 1%

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages