10 Profesi Paling Gak Sehat - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

10 Profesi Paling Gak Sehat

Share This

10 Profesi Paling Gak Sehat


Bekerja memang sudah menjadi aktivitas wajib bagi kita. Karena jika kita tidak bekerja, maka kebutuhan hidup tidak akan terpenuhi.

Sebuah survei dari yang dilakukan Occupational Information Network telah menganalisa pekerjaan yang ternyata dianggap sehat dan baik justru lebih berpotensi tidak sehat dan dapat menularkan penyakit.

inilah 15 profesi paling tidak sehat sedunia berdasarkan hasil analisa OIN (Occupational Information Network)

1. Dokter Gigi















Hal ini mungkin sedikit mengejutkan kamu. tapi inilah fakta sebenarnya. Pekerjaan yang dianggap tinggi ini ternyata lebih berpotensi menyebarkan penyakit. Ini dikarenakan dokter gigi sering berhadapan dengan mulut para pasien.
Berdasarkan hasil analisa, pekerjaan ini skor ketidaksehatannya mencapai 65,4.


2. Pramugari












Lebih rendah dari profesi di atas, skor ketidaksehatan dalam pekerjaan ini sekitar 62,3. Dikatakan tidak sehat, karena profesi ini sering terkena paparan kontaminan, penyakit dan infeksi, yang mungkin ditularkan langsung dari para penumpang pesawat.


3. Podiatrist












Untuk profesi yang satu ini memang sudah lebih jelas tidak sehat. Sebab, pekerjaan ini selalu bersentuhan dan berhadapan langsung pada penyakit atau kelainan bentuk kaki manusia. Dan skor ketidaksehatan pada profesi ini sekitar 60,2.


4. Histotechnologist dan Teknisi Histologis















Bertugas menyiapkan slide histologi dari bagian jaringan untuk pemeriksaan mikroskopis dan diagnosis oleh patolog ternyata memicu risiko kesehatan. Skor tidak kesehatan pada profesi ini ialah 59,0.


5. Pilot, Co-Pilot dan Insinyur Penerbangan












Bukan hanya sekedar mengemudi dan menavigasi penerbangan dan lainnya, tapi profesi ini juga rentan terkena penyakit. Sebab, waktu yang dihabiskan untuk duduk saja sangat lama, belum lagi terkena paparan radias dan kontaminan. Jadi, dapat dipastikan kalau profesi ini tidak sehat.


6. Pemeriksa Imigrasi dan Bea Cukai
















Menyelidiki dan memeriksa barang atau hewan sudah menjadi tugas utama para petugas Imigrasi & Bea Cukai. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa hal ini dapat memicu risiko kesehatan.


7. Petugas Pabrik Logam














Membangun atau memperbaiki peralatan seperti tungku, kiln, cupolas, boiler, konverter, perendaman lubang, dan oven, menggunakan bahan tahan api, memiliki potensi gangguan kesehatan lebih besar. Terlebih, profesi ini sering terpapar langsung dengan api.


8. Dokter Hewan















Mendiagnosa mengobati, atau meneliti penyakit dan cedera hewan dan melakukan tes medis di lingkungan laboratorium untuk digunakan dalam pengobatan dan diagnosis penyakit pada hewan.
Dengan tugas seperti itu, pemicu risiko kesehatan yang didapatkan pun lebih besar. Terutama penyakit dan infeksi yang diterima tubuh.


9. Petugas Perlengkapan Medis














Dikatakan tidak sehat, karena profesi ini berhubungan dengan peralatan-peralatan. Terlebih, mereka juga mendapat tugas dalam mensterilkan peralatan yang sebelumnya telah dipakai.


10. Petugas Pengumpul Sampah














Memungut sampah dan memindahkan sampah dari satu ke tempat ke tempat lain merupakan tugas pengumpul sampah. Sebenarnya ini pekerjaan yang sangat mulia, namun di sisi lain pekerjaan ini tidak menyehatkan.
Seperti yang kita tahu, bahwa di dalam sampah terdapat banyak kuman dan bakteri.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages