Kenapa Orang lain Kaya dan Kita Belum - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Kenapa Orang lain Kaya dan Kita Belum

Share This

Kenapa Orang lain Kaya dan Kita Belum


Pernahkah bertanya pada diri sendiri, apa beda mereka yang sudah kaya dan kita yang belum kaya?

Secara perhitungan waktu semua orang sama-sama mendapat jatah 24 jam sehari, mereka makan ketika lapar, dan tidur ketika ngantuk. Mereka dulunya juga polos tidak tau apa-apa sama seperti kita dulu ketika bayi. Lalu apa bedanya?

Orang Kaya Memandang Uang Dengan Logika

Kita seringnya terikat kepada uang secara emosional, uang kita anggap sebagai representasi keringat kita dan menyimpan uang sedalam-dalamnya.
Sedangkan mereka yang kaya memandang uang menggunakan logika. Baginya uang hanya alat mencapai hal-hal besar lainnya. Sebab itu mereka berani mempertaruhkan kekayaannya tanpa takut kehilangan uangnya dan berani investasi.

Orang Kaya Fokus Pada Kemampuan

Kita kerap kali memandang pendidikan hanya sebatas ijazah, dan gaji tergantung standar ijazah lulusan. Sehingga kita hanya fokus pada kewajiban sekolah, untuk tujuan ijazah saja.
Sementara mereka yang berhasil tidak mengutamakan ijazah, tetapi pentingnya adalah pendidikan itu sendiri. Maka tidak heran jika mereka putus sekolah kemudian sukses karena bagi mereka keilmuan lebih penting. Seandainya mereka punya gelar, itu karena mereka memang benar-benar serius ingin mempelajari ilmu nya.

Kemiskinan Sumber Masalah Bagi Orang Kaya

Kita juga kerapkali berpikir uang ini sumber masalah karena menganggap para orang kaya mendapat uang dengan licik, karena kita iri dan cemburu, dan berpikir uang membuat kita jauh dari kebahagiaan, maka sampai lebaran kerbau pun tidak akan kaya jika pola pikirnya seperti itu.
Sedangkan orang kaya fokus pada memberantas kemiskinan, berjuang seperti Bezos pendiri Amazon yang memulai kerajaan bisnis hanya dari sebuah garasi.

Orang Kaya Membahagiakan Diri Sendiri

Kita selalu berpikir untuk membahagiakan orang lain terlebih dahulu, padahal kita tidak akan bisa membahagiakan orang lain sebelum membahagiakan orang lain. Orang kaya menganggap ini kewajiban, orang miskin menganggap ini egois.

Orang Kaya Bertindak Nyata

Salah satu hal yang perlu ditiru dari orang kaya adalah caranya dalam bertindak. Mereka terbiasa bertindak untuk mendapatkan apa yang mereka mau.
Bukan hanya menunggu dan berangan


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages