Ini Alasan Kenapa Tanganmu Selalu Kedinginan - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Ini Alasan Kenapa Tanganmu Selalu Kedinginan

Share This

Ini Alasan Kenapa Tanganmu Selalu Kedinginan

tangan dan kaki kedinginan

Brrrr.

Apakah kamu jenis orang yang sentuhanmu dapat menimbulkan reaksi "Wow, tanganmu beku!" atau "Ah, kakimu dingin!" dari pasanganmu?

Sebagian orang cenderung jari tangan atau jari kaki dingin, dan ada beberapa alasan potensial untuk itu. Ini adalah apa yang harus kamu ketahui tentang tangan dan kaki yang dingin, ditambah beberapa penjelasan mengapa yang memungkinkan, menurut para ahli:

Sirkulasi darahmu mungkin tidak bisa disalahkan


Ini adalah fakta penghilang mitos untuk kamu: kaki dan tangan yang dingin tidak selalu akibat dari sirkulasi darah yang lemah, karena kamu mungkin mendengar orang-orang mengatakannya, dikatakan Geoffrey Barnes, seorang ahli jantung vaskular di University of Michigan Frankel Cardiovascular Center.

"Tentu saja, tangan dingin dapat terjadi karena pembuluh darah di tanganmu menyempit sebagai respon suhu ruangan yang dingin," dia menjelaskan. "Banyak orang akan mengalami tangan dingin, tapi memiliki aliran darah normal di pembuluh darah utama di tangan dan kaki mereka."

Tentu saja, masalah sirkulasi dapat disalahkan dalam beberapa kasus, jadi jika kamu menyangka kamu memiliki masalah jantung atau masalah dengan aliran darah, hubungi dokter segera.

Kamu mungkin tidak berpakaian sesuai untuk cuaca dingin


Ayo menuju yang jelas: suhu diluar. Terkadang, jika sedang dingin diluar atau kamu tidak berpakaian sesuai dengan kondisi, badan kamu mungkin bereaksi untuk mempertahankan temperatur inti untuk fungsi optimal, dikatakan Randy Wexler, seorang dokter pengobatan keluarga di The Ohio University Wexner Medical Center.

"Ketika sedang dingin, badan kamu melangsir darah secara istimewa ke bagian inti untuk mempertahankan kehangatan di sana, dan kaki dan tangan bisa menjadi dingin," dia menjelaskan.

Mungkin ada kondisi kesehatan yang mendasar saat bermain


Beberapa orang memiliki sebuah kondisi yang di sebut Fenomena Raynaud, dimana pembuluh darah "bereaksi berlebihan" terhadap suhu dingin atau perasaan tertekan oleh "penegangan", dikatakan Wexler.

Jari tangan dan jari kaki kemudian akan secara khusus merasa dingin, dan "ini sering membawa pada putih memucat, atau kebiruan atau kemerahan pada jari tangan dan jari kaki."

Dalam kasus yang sering, penyebab Raynaud tidak diketahui -  dan gejalanya mungkin juga begitu kecil yang beberapa orang dengan kondisi itu tidak akan berpikir untuk mencari pengobatan. Namun, di kasus lain, Raynaud mungkin hasil dari sebuah sumber atau kondisi mendasar, seperti merokok, luka tangan atau kaki, sebuah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah atau sindrom carpal tunnel.

Barnes mengatakan Raynaud bisa terjadi pada "hanya tangan, hanya kaki, atau pada keduanya," dan itu "biasanya terjadi pada kedua sisi badan pada waktu yang sama." Walaupun itu tidak nyaman, biasanya Raynaud tidaklah menguatirkan.

"Pada waktu yang sering, itu mengganggu, tapi bukanlah kondisi yang mengancam nyawa," Barnes menjelaskan. "Namun, untuk sebagian orang itu bisa menjadi lebih parah. Orang ini khususnya memiliki kondisi lain, seperti lupus atau scleroderma. Orang dengan  luka lebar pada jari tangan atau kaki mereka harus mencari perhatian medis, karena ini bisa menjadi pertanda dari bentuk yang lebih parah dari Fenomena Raynaud."

Apa yang harus kamu lakukan jika itu mengganggu kamu


Untuk pemula, bahkan jika kamu mengalami jari tangan atau kaki yang dingin, kamu harus dengan pasti membawa masalah ini pada dokter perawatan utama kamu.

"Itu penting untuk bicarakan pada dokter kamu tentang tangan dan kaki yang dingin jika kamu mulai untuk melihat luka pada kulit, atau jika dinginnya mencegah kamu dari melakukan aktivitas normal harian kamu seperti memasak, berkendara atau memakai pakaian," Barne mengatakan. "Ada beberapa pelayanan pengobatan yang dapat membantu pasien dengan bentuk Fenomena Raynaud yang sedang atau parah."

Umumnya, meskipun, semudah itu kedengarannya, menghangatkan tangan, lengan, kaki dan dan telapak kaki adalah "perawatan terbaik urutan pertama," menurut Barnes. Menghangatkan bantal dan selimut, serta air hangat, dapat "terkadang menyebabkan kerugian jika kamu tidak hati-hati dan tidak memiliki rasa yang bagus untuk seberapa panasnya," Barnes mengatakan.

Kebanyakan dokter, dia menambahkan, menyarankan menghindari maksud cepat yang lebih ekstrim ini. (Permintaan maaf pada pemanas air pribadi kamu atau peralatan penghangat kantor yang dirancang untuk menghangatkan kamu.)

Jika kamu tahu kamu cenderung mengalami tangan dan kaki dingin, berpakaian hangat, seperti sarung tangan tebal dan kaos kaki bahan wol.

"Hal yang paling penting adalah pencegahan - mempertahankan badan dan anggota badan hangat," Barnes menjelaskan. "Dan saat tangan atau kakimu kedinginan, cara paling aman adalah dengan menghangatkannya kembali secara pasif dengan pergi ke suatu tempat yang lebih hangat dan memakai lapisan tambahan."

Atau, jika kamu memiliki kekasih yang sangat baik hati yang berniat untuk menghangatkan, mungkin mereka akan membagikan sedikit dari kehangatannya untuk kamu, juga.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages