Arti dan Makna Lagu Eminen ft. Dido - Stan (Stalker Fan) - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Arti dan Makna Lagu Eminen ft. Dido - Stan (Stalker Fan)

Share This

Arti dan Makna Lagu Eminen ft. Dido - Stan (Stalker Fan)

Makna Lagu Eminen ft. Dido - Stan

Lagu ini mempunyai ciri musik yang santai dan liriknya seperti orang saling berinteraksi, ya! Berinteraksi karna seluruh lirik
lagu ini kecuali Verse ke 3 yg merupakan rekaman tape adalah surat dari Stan kepada Idolaya Eminem !

Artikel ini awalnya muncul di cara-ririn-com



Lagu ini menceritakan seorang pemuda penggemar Eminem mengirimkan surat kepada idolanya tersebut, dalam verse 1, dia menulis bahwa dia sudah mengirimkan beberapa surat sebelumnya namun belum dibalas oleh Eminem, dan ia berprasangka bahwa kantor pos mungkin lagi ada masalah, ya masalah! di Video klip Stan ini terlihat beberapa surat jatuh tercecer dikantor pos, inilah penyebab dari masalah yang ada di lagu ini. Diakhir surat, Stan menulis bahwa kalo surat ini sudah sampai dan dibaca, ia berharap dan meminta balasan dari suratnya.


Dear Slim,

Aku pernah menulis surat untukmu, tapi kau belum juga menghubungiku.

Aku meninggalkan nomor ponsel, pager, dan telepon rumahku di bagian bawah surat.

Aku juga kembali mengirim dua surat lagi di musim gugur, mungkin kau belum terima?

Mungkin ada masalah di kantor posnya atau apalah...

Memang sih, kadang aku mencantumkan alamat tujuan terlalu terburu-buru waktu menulis.

Tapi ngomong-ngomong, persetan dengan itu, apa kabarmu, sobat, gimana putrimu?

Pacarku juga lagi hamil, aku akan segera jadi ayah.

Kalau nanti aku punya anak, tebak akan kuberi nama siapa?

Dia akan kunamai Bonnie. (Inspirasi dari lagu 97 Bonnie & Clyde - Eminem. )

Aku juga sudah baca mengenai Paman Ronnie-mu, aku ikut sedih. (Buku "The Way I Am" by Eminem.)

Aku juga pernah punya teman yang bunuh diri gara-gara ditolak sama ceweknya, si jalang sialan.


Mungkin kau selalu mendengar ini tiap hari, tapi, aku adalah penggemar terberatmu.

Bahkan aku punya Underground Shit yang kau buat bersama Skam. (Underground Shit with Skam)

Dan ruanganku dipenuhi poster dan foto-fotomu, sobat.

Aku juga suka dengan lagu yang kau buat bersama Rawkus, mengagumkan. (Any Man song.)

Yah, semoga kau menerima surat ini, balaslah surat ini.

Aku hanya mau ngobrol...

Sepenuhnya milikmu,

Penggemar terberatmu,

Dari Stan.


Di Verse 2,  Stan agak sedikit menulis beberapa Keluhan, mulai dari surat yg di verse satu yang belum terbalaskan, tidak digubris diluar arena konser setelah menunggu 4 jam kedinginan, sampai-sampai menceritakan bahwa kalau pacarnya yang hamil cemburu karna Stan lebih mengurus Eminem daripada dirinya



Dear Slim,

Kau masih belum juga menghubungiku atau membalas suratku.

Kuharap kau punya sedikit waktu.

Aku tidak marah, hanya saja rasanya MENYEBALKAN sekali, kau tidak membalas surat dari penggemarmu.

Kalau kau tidak mau bicara padaku di luar konsermu, tidak perlu.

Tapi seharusnya kau bisa memberi tanda tangan ke Matthew, dia adikku, sobat.

Dia baru enam tahun.

Kami berdua menunggu sampai menggigil kedinginan di luar, berjam-jam.

Dan kau cuma bilang, "Tidak."

Itu menyebalkan sekali, sobat.

Kau mirip dengan idolanya, dia mau jadi sepertimu.

Dia menyukaimu, lebih dari aku.

Meskipun aku tidak begitu marah, tapi aku tidak suka bohong.

Ingat waktu kita ketemu di Denver?

Katamu kalau aku menulis surat, pasti kau akan balas.


Coba lihat, aku mirip denganmu mengenai suatu hal.

Aku juga tidak mengenal siapa ayahku;

Dia sering menyelingkuhi dan memukul ibuku.

Kadang aku merasa cocok dengan apa yang kau katakan di lagu-lagumu.

Jadi kalau hariku buruk, aku menyetir sambil mendengarkannya.

Itu karena tidak ada hal lain yang betul-betul bisa menghiburku,

Jadi hanya lagu-lagumulah yang bisa menolongku saat depresi.

Bahkan aku mengukir tato namamu di dadaku.


Kadang aku juga mengiris diriku untuk melihat seberapa banyak darah yang keluar.

Rasanya seperti adrenalinku, rasa sakitku menjalar dengan begitu tiba-tiba.

Lihat? Semua yang kau katakan itu nyata, dan aku kagum karena kau bisa mengungkapkannya.

Cewekku cemburu karena aku terus membicarakanmu 24/7.

Tapi dia tak'kan bisa mengenalmu seperti aku mengenalmu, Slim, tidak akan ada yang bisa.

Dia tidak tahu bagaimana orang seperti kita dibesarkan.

Kau harus segera menghubungiku, sobat, aku akan jadi penggemar terberat yang pernah kau lupakan.

Dengan setulus hati, milikmu, Stan.

P.S. Kita juga sebaiknya jadian.


Di Verse 3 yang merupakan sebuah rekaman, Stan marah kepada Eminem karna tidak pernah menggubrisnya, ia berkendara dengan kecepatan tinggi sambil mabuk dan mengurung pacarnya yang lagi hamil di dalam bagasi, karna mabuk, melaju dan marah, Stan lupa kalau dia akan melintasi jembatan yang sementara diperbaiki, lalu dia kecelekaan, jatuh dari jembatan didalam mobil bersama pacarnya didalam Bagasi




Untuk Tuan-Aku-Terlalu-Baik-Untuk-Menghubungi-Atau-Menyurati-Fansku,

Ini paket terakhir yang akan langsung kukirim ke pantatmu!

Sudah enam bulan dan tidak ada sepatah katapun, tidak ada yang kuterima?

Aku tahu kau membaca dua kata terakhir di suratku, aku menulisnya dengan sempurna!

Kalau begitu ini kasetku, kukirim untukmu, semoga kau dengar.


Aku sedang dalam mobil sekarang, beraksi 90 di jalan tol.

Hei Slim, aku habis minum lima gelas Vodka, kau menantangku balapan? (My Name Is - Eminem.)

Kau tahu lagunya Phil Collins - In The Air Of The Night?? (urban legend)

Mengenai seorang pria yang bisa menolong orang lain yang sedang tenggelam

Tapi dia tidak menolongnya, dan Phil melihat semuanya, lalu di sebuah pertunjukan dia bertemu lagi dengannya.

Seperti itulah sekarang, kau bisa menolongku agar tidak tenggelam.

Sudah terlambat! Aku benar-benar kecewa sekarang, beribu-ribu kali lipat, aku ngantuk.

Padahal aku cuma mengharapkan sebuah surat bodoh atau telepon.

Semoga kau tahu bahwa semua gambar-gambarmu di dindingku sudah kucabik-cabik tadi!


Aku mencintamu Slim... Kita bisa jadian, pikir-pikirlah...

Kau merusak semuanya, semoga kau tidak bisa tidur dan memimpikan ini semua

Dan waktu mimpi, semoga kau tidak bisa tidur dan terus menjerit!

Kuharap hati kecilmu memakanmu dan kau tidak bisa bernafas tanpa aku!

Lihat, Slim?

Diam jalang, aku masih bicara!

Hei, Slim, tadi itu cewekku yang berteriak di bagasi.

Tapi dia tidak kugorok, hanya kuikat.

Lihat, aku tidak seperti kau.

Kalau dia tercekik, dia akan lebih menderita dan juga akan mati. (97 Bonnie & Clyde - Eminem. Stan bahkan mengikuti skenario pembunuhan Eminem dengan sedikit modifikasi. Di video Eminem, pacar Eminem sudah mati sebelum dibuang ke danau. Stan mengatakan versi pembunuhannya lebih bagus karena dia membuat pacarnya menderita sambil mati.)


Well, sudah sampai, aku hampir sampai di jembatan.

Oh sial, aku lupa bagaimana caranya kukirim kaset sialan ini?

Di Verse 4 adalah surat balasan dari Eminem yang baru saja mendapatkan banyak sekali surat dari Stan yang baru sampai karna memang kantor Pos nya bermasalah, ia menasihati Stan beberapa hal, dan memberitahunya bahwa dia mau Stan tetaplah tenang dan menjadi fans yang baik karna dia tidak mau lihat beberapa kejadian gila yang ia lihat di TV tentang seseorang yang mengendarai mobil dan kecelakaan di jembatan, dan Eminem baru sadar, bahwa orang itu adalah Stan yang selama ini mengiriminya Surat

JADILAH FANS YANG BAIK KAWAN KAWAN



Dear Stan,

Aku mau membalas suratmu sesegera mungkin, tapi aku sangat sibuk...

Kau bilang cewekmu sedang hamil, sudah berapa bulan?

Dan aku juga sangat tersanjung kau mau menamai anakmu dengan nama itu.

Dan ini tanda tangan untuk adikmu, kuukir di topi Starter ini.

Sori aku tidak melihatmu di pertunjukkan, aku pasti melewatimu.

Jangan pernah berpikir aku sengaja melakukannya untuk membeda-bedakanmu.


Tapi apa ini? Kau bilang kau suka mengiris pergelangan tanganmu?

Aku cuma lucu-lucuan tentang itu, ayolah, betapa gilanya kau?

Kau punya masalah, Stan, sebaiknya kau pergi konseling..

Hanya agar kau terbantu berdiri saat bokongmu terantuk ke lantai.


Dan apa maksudnya dengan kita jadian?

Yang seperti inilah yang membuatku jadi tidak mau kita bertemu lagi.

Kurasa kau dan pacarmu saling membutuhkan.

Atau mungkin kau hanya perlu memperlakukannya lebih baik lagi.

Semoga kau membaca surat ini, kuharap segera sampai padamu.

Sebelum kau menyakiti dirimu lebih jauh lagi,

Kurasa kau akan baik-baik saja kalau kau mencoba rileks sedikit.

Aku senang bisa menginspirasimu, tapi Stan,

Kenapa kau begitu marah?

Tolonglah mengerti, aku hanya mau kau jadi penggemarku.

Aku tidak mau kau melakukan hal-hal bodoh.

Baru-baru aku membaca berita tentang sepasang kekasih yang memprihatinkan

Ada pria yang mabuk mengendarai mobilnya dan menyosor ke jembatan

Dan pacarnya ada di bagasi mobil, sedang hamil.

Di dalam mobilnya ditemukan rekaman, tapi mereka tidak mau memberitahu untuk siapa rekaman itu.

Coba lihat-lihat, namanya adalah...

Itu kamu!

Sial.


Dalam video tersebut, setelah ini ada satu sambaran petir yang terakhir, di mana wajah Stan tercermin dalam jendela sebelah Eminem. Dalam versi lengkap dari lagu tersebut, adegan terakhir menunjukkan Matthew dan ibunya di pemakaman, melihat makam Stan. Ketika Matthew melepas tudung kepalanya, jelas bahwa ia telah mencat rambutnya yang pirang, seperti kakaknya Stan lakukan agar terlihat mirip Eminem. Dalam adegan terakhir mereka mengambil gambar dari Matthew menangis di makam kakaknya.

Di lagu Eminem yang berjudul Bad Guy menceritakan Matthew yang telah dewasa dan ingin membalas dendam kematian kakaknya Stan kepada Eminem

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages