Waspadai Efek Samping Kebanyakan Makan Buah Mangga - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Waspadai Efek Samping Kebanyakan Makan Buah Mangga

Share This

Waspadai Efek Samping Kebanyakan Makan Buah Mangga

Siapa yang tidak suka makan mangga, buah yang enak dengan rasa manis. Hanya sedikit orang yang menghindari buah-buahan ini untuk beberapa alasan.

Tapi paling banyak yang suka rasa mangga-karen, begitu menggoda. Namun, Anda harus membatasi konsumsi mangga.

Makan terlalu banyak mangga dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan Anda. Tidak sedikit, ada terlalu banyak efek samping dari konsumsi mangga, seperti yang ditunjukkan pada halaman berikutnya oleh Boldinskiy:

1. Tingkatkan gula darah

Mangga mengandung fruktosa tinggi, yang membuatnya manis. Konsumsi gula yang berlebihan menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan lonjakan insulin yang tidak diinginkan.

2. iritasi

Cairan mangga, yang pecah dari mangga matang, sangat mengiritasi dan dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan. Juga, jangan minum air dingin setelah konsumsi mangga, karena air dingin menyebabkan pembekuan darah yang menyebabkan lebih banyak iritasi.

2. Berat badan menjadi naik

Rata-rata mangga mengandung sekitar 135 kalori. Terlalu banyak konsumsi mangga dapat mencegah penurunan kalori, yang mencegah penurunan berat badan.

Waktu konsumsi juga penting. Makan mangga selama 30 menit sebelum pelatihan sangat berguna. Karena itu menyediakan energi yang diperlukan untuk kegiatan olahraga.

4. Kemungkinan karsinogen

Beberapa penjual mangga menggunakan kalsium karbida untuk membuat mangga matang lebih cepat. Zat-zat ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dan mungkin karsinogenik. Efek samping dari kalsium karbida mungkin termasuk kesemutan, mati rasa, dan neuropati perifer.

5. Tidak baik untuk penderita radang sendi.

Orang yang menderita penyakit seperti radang sendi, sinusitis dan lainnya harus meminimalkan konsumsi mangga. Konsumsi mangga mentah, masak atau diblender, dapat menyebabkan eksaserbasi.

6. Masalah gastrointestinal

Konsumsi mangga yang berlebihan, terutama mangga belum matang, bisa menjadi penyebab masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan. Karena itu, konsumsi mangga mentah yang berlebihan harus dihindari.

7. Infeksi Salmonella

Salmonella Serotipe Newport (SN) dilaporkan di Amerika Serikat pada tahun 1999 dan hasilnya menunjukkan bahwa mangga adalah penyebab Salmonella. 78 pasien dari 13 negara terinfeksi penyakit tersebut. 15 pasien dirawat di rumah sakit; Dua dari 28 pasien yang termasuk dalam penelitian ini meninggal, 14 (50%) melaporkan bahwa mereka telah makan mangga dalam 5 hari kemudian penyakit muncul.

8. Infeksi Mulut

Beberapa orang menderita kondisi yang disebut "mulut mangga". Gejalanya termasuk gatal, bengkak dan lecet di sekitar mulut, bibir dan ujung lidah. Gejala biasanya terjadi pada orang yang alergi terhadap konsumsi mangga mentah.

9. Makan mangga sebagai jus

Konsumsi mangga dalam bentuk jus buah dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Konsumsi jus mangga menghilangkan kandungan serat mangga, sehingga manfaatnya telah hilang.

Selain itu, konsumsi dengan tambahan gula dengan menambahkan mangga menyebabkan kalori, yang melenyapkan nilai gizi. Kalori kosong juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat. Karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi mangga dengan full dan tidak dijadikan minum jus atau tambah gula.

10. Reaksi alergi

Ada banyak alergi dengan konsumsi mangga pada orang yang alergi terhadap buah. Gejalanya bisa berupa mata berair, hidung sumbat, masalah pernapasan, sakit perut, bersin, bahkan syok dalam kasus ekstrim.

Oleh karena itu, sangat jelas bahwa meskipun mangga dipenuhi dengan manfaat luar biasa, Anda harus berhati-hati ketika mencoba untuk memakannya. Hindari makan dalam jumlah yang berlebihan, yang belum matang dan, sebaiknya, tidak mengonsumsinya dalam bentuk jus.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages