Inilah 6 Alasan Kenapa Kamu Lagi Enak Tidur Bisa Terbangun - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Inilah 6 Alasan Kenapa Kamu Lagi Enak Tidur Bisa Terbangun

Share This

Inilah 6 Alasan Kenapa Kamu Lagi Enak Tidur Bisa Terbangun

Tidur nyenyak merupakan fondasi penting bagi kesehatan dan vitalitas tubuh. Namun nyatanya, proses tidurnya tidak selalu berjalan lancar. Ada kalanya Anda mengalami insomnia, dan ada kalanya Anda sering terbangun saat Anda tidur.

Tidur sebentar dan bangun bisa membuat perasaan depresi, kelelahan dan kebingungan, menurut sebuah penelitian yang dikutip di situs healthsite. Apa yang membuatmu bangun sering saat kamu tidur?

konsumsi kafein
Kafein membutuhkan waktu pencernaan 5-6 jam. Jadi jika Anda minum kopi pukul 7 malam, Anda tidak bisa tidur nyenyak sampai pukul 12. Ini menjelaskan mengapa Anda sering bangun saat Anda tidur, jika Anda biasa minum kopi.

konsumsi alkohol
Alkohol juga dapat berdampak negatif pada kualitas tidur. Hindari minum alkohol pada waktu tidur sehingga efek alkohol tidak akan membuat Anda terbangun saat Anda tidur.

Ketegangan
Stres, pikiran dan kekhawatiran yang tidak sehat juga berkontribusi pada memburuknya kualitas tidur. Karena itu, hilangkan stres dan semua pikiran negatif agar tidur Anda lebih mudah.

Kurangnya triptofan dalam tubuh
Tryptophan adalah asam amino yang sangat diperlukan untuk produksi serotonin dan melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk menjaga kualitas tidur. Tentu saja, jika tubuh Anda tidak memiliki zat ini, Anda tidak akan bisa tidur nyenyak.

Kasurnya tidak begitu nyaman
Terkadang kasur dan tempat tidur lainnya yang Anda gunakan juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Jadi pilihlah set tidur yang nyaman yang tidak akan membangunkan Anda di malam hari.

Kurang sehat
Beberapa masalah kesehatan atau penyakit juga bisa mengganggu kualitas tidur. Beberapa contohnya adalah diabetes, penyakit ginjal kronis, hipertiroidisme.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages