Asal Muasal Sydney Opera House yang Begitu Ikonik - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Asal Muasal Sydney Opera House yang Begitu Ikonik

Share This

Asal Muasal Sydney Opera House yang Begitu Ikonik

Gedung Opera Sydney tidak pernah kosong. Bangunannya yang unik sekaligus bernilai historis menjadikan atraksi ini layak untuk dikunjungi saat berlibur di Australia.

Mengetahui fakta ini, pihak berwenang setempat juga dengan giat melakukan berbagai aktivitas. Salah satu yang terbesar dan paling dinanti setiap tahunnya adalah Vivid Sydney. Yaitu festival yang menggabungkan cahaya, musik dan ide. Keindahan yang menghiasi Sydney, terutama di Sydney Harbour. Gedung Opera Sydney terlihat lebih baik di malam hari.

Tahun ini, Vivid Sydney dilaksanakan. Tentu saja, dengan ide yang berbeda. Sebelum cerita dengan Vivid Sydney, Anda akan mengenal dengan gedung opera. Apakah Anda ingin mengetahui sejarah Gedung Opera Sydney?

Gedung Opera Sydney memiliki bangunan yang tampak seperti cangkang dengan tumpukan. Model ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk memotret Sydney Opera House. Desain bangunannya adalah oleh Jorn Utzon, seorang seniman asal Denmark.

Jorn Utzon bukanlah orang yang dengan sengaja memilih untuk membuat sketsa Sydney Opera House. Dia ditugaskan ke proyek tersebut setelah memenangkan sebuah kompetisi penghargaan desain yang diselenggarakan oleh Joseph Cahill, kepala pemerintahan New South Wales pada tahun 1955.

Arsitek dipilih setelah mengalahkan 233 sketsa arsitek dari 32 negara. Karya Utzon sangat cocok untuk menggambarkan sebuah ruangan besar yang bisa menampung 3.000 pengunjung, dengan penambahan ruang kecil yang bisa diisi hingga 1.200.

Pembangunan Gedung Opera Sydney tidak lancar. Untuk hanya menyelesaikan surat izin pengembangan, pemerintah daerah menunggu sejak tahun 1940an.

Posisi tersebut juga tidak dapat dipisahkan dari proses negosiasi, Cahill meminta sebuah bangunan di dekat stasiun kereta api dan pusat bisnis, sementara direktur musik Konservatorium New South Wales bersikeras bahwa Bennelong Point adalah lokasi yang sesuai untuk pekerjaan konstruksi rumah. Pada akhirnya, Cahill terjungkal.

Sukses melalui desain Gedung Opera Sydney, Utzon menerima Pritzker Prize, hadiah arsitektur tertinggi pada tahun 2003. Hadiah Pritzker menghormati Sydney Opera House sebagai opera abad ke 20 yang hebat dan hebat.

Pembangunan pertama Gedung Opera Sydney dimulai pada bulan Maret 1959. Prosesnya tidak selesai, butuh waktu empat tahun agar gedung bisa beroperasi. Perlu dicatat bahwa periode pertama dibuat pada tahun 1959-1963, yang terdiri dari pembangunan platform atas

Tahap kedua dilakukan pada tahun 1963-1967, yaitu pembangunan kulit terluar dan yang terakhir di tahun 1967-1973, untuk interior dan pekerjaan konstruksi.

Setelah proses yang panjang, akhirnya ia mendirikan Sydney Opera House. Dengan nilai sejarah yang besar, tidak mengherankan jika bangunan tersebut masuk dalam daftar situs UNESCO di tahun 2007.

Dalam waktu dekat, Sydney Opera House akan lebih indah lagi, terutama saat Vivid Sydney terbentang. Festival yang sudah 23 tahun yang lalu, akan berlangsung mulai 25 Mei hingga 16 Juni 2018.

Festival ini dijalankan langsung oleh Destination NSW, agen perjalanan negara bagian New South Wales. Tahun ini, Vivid Sydney akan lebih menggairahkan saat ide dan gagasan baru dipresentasikan. Bangunan akan lebih indah, dengan berbagai pencahayaan dan seni. Sayang, jika kamu tidak menghadirinya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages