Ternyata Bukan Ikut Kekinian, Ini Alasan Jokowi Sering Nge-Vlog - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Ternyata Bukan Ikut Kekinian, Ini Alasan Jokowi Sering Nge-Vlog

Share This

Ternyata Bukan Ikut Kekinian, Ini Alasan Jokowi Sering Nge-Vlog


Belakangan, Presiden Joko Widodo sering membuat video blog (vlog) yang kemudian diunggah di media sosial. Jokowi pun menjelaskan alasan atas hobi barunya itu. Menurut Presiden Jokowi menggunakan vlog melalui YouTube untuk berkomunikasi dengan masyarakat khususnya generasi muda lebih efektif.

Jokowi mengatakan, generasi muda memiliki banyak ide dan aspirasi yang harus diserap oleh pemerintah. Untuk itu seharusnya pemerintah punya 'corong' sendiri untuk menangkap ide dan aspirasi itu, dan Jokowi memilih lewat media sosial.

"Lebih efektif lagi apabila kita menggunakan media sosial. Oleh sebab itu, sekarang ini dalam menyampaikan program pemerintah saya juga menggunakan video blog (vlog) dalam berkomunikasi dengan anak-anak muda, Saya juga melakukan tanya jawab untuk menanyakan masalah-masalah yang ada di lapangan kepada generasi muda kita untuk kemudian saya jawab" kata Jokowi saat ditemui di Rumah Makan Sate Maranggi Hajjah Yetty, Cibungur, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi memang cukup aktif mengunggah vlognya di akun Facebook dan YouTube pribadinya. Dalam sejumlah vlog terbarunya, Jokowi sengaja melibatkan para generasi muda untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui cara mereka sendiri.

"Saya kira cara berkomunikasi seperti ini penting agar kita bisa menyampaikan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah, program apa yang telah diselesaikan dan sedang berjalan. Cara-cara seperti itu yang akan bisa menjelaskan perkembangan setiap program sehingga komunikasi kita dengan anak-anak muda dan rakyat selalu terhubung," terang Presiden Jokowi.

Jokowi menambahkan, melalui Vlog dirinya bisa menjelaskan perkembangan setiap program, sehingga komunikasinya dengan anak-anak muda dan rakyat selalu terhubung. Jokowi mengaku, jika video yang direkam merupakan spontanitas dan bukan hanya formalitas. Video itu mempunyai tujuan.

“Spontan, kadang-kadang kan kita ke lapangan. Misalnya waktu ke waduk Sei Gong kok pekerjanya banyak sekali. Saya tanya dari mana asal mereka, ada yang dari Medan, Tanjung Pinang, Balikpapan, Makassar, NTT, macam-macam, langsung spontan saat itu saya buat vlognya,” tutupnya.

Melalui vlog-nya, Jokowi ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa Indonesia memang terdiri dari berbagai macam suku, ras, bahasa dan agama. Jika dikelola dengan baik, keberagaman itu akan menjadi kekuatan bangsa.

"Untuk menunjukkan bahwa yang bekerja di situ dari Sabang sampai Merauke dan setiap proyek itu pasti akan membuka lapangan pekerjaan baru," ujar Jokowi.

Artinya, ada pesan moral dari setiap video blog yang diunggah Jokowi.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages