Begini Tips Hemat Paket Data Internet yang Jarang Diketahui - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Begini Tips Hemat Paket Data Internet yang Jarang Diketahui

Share This

Begini Tips Hemat Paket Data Internet yang Jarang Diketahui


Berselancar di dunia maya dengan menggunakan jaringan internet saat ini memang sudah menjadi kebutuhan utama banyak orang. Dengan semakin banyaknya keutamaan dan kelebihan yang ditawarkan jaringan internet memang kemudian banyak membuat banyak orang tertarik memanfaatkannya. Mulai dari mencari tugas sekolah, curhat di media sosial, hingga negblog dan berjualan via toko online merupakan beberapa aktivitas yang bisa dikerjakan dengan menggunakan jaringan internet. Beragam kemudahan dan kecepatan ini akhirnya menjadikan internet banyak disukai dan penggunanya makin bertumbuh setiap tahunnya.

Namun untuk menggunakan internet, kita membutuhkan kuota atau stock data internet. Dengan stock data atau kuota ini maka aktivitas berselancar di dunia maya pun bisa Anda jalankan. Kuota atau stock data internet yang harus dibeli menggunakan sejumlah uang ini kemudian membuat penggunaya harus ekstra hemat untuk menggunakannya. Tapi sayangnya tidak banyak orang bisa melakukan penghematan kuota ini dengan baik. Akibat terlalu asyik berselancar di dunia maya mereka tidak bisa mengontrol kuota yang dimilikinya. Padahal stock data atau kuota internet ini sangat penting untuk Anda supaya bisa terus menjalankan aktivitasnya di dunia maya.

Supaya tidak ada keluhan “Paket data kok cepat habis?” Maka dari itu untuk Anda yang akan merencanakan sering berselancar di dunia maya, Anda harus mengetahui beberapa trik dan tips untuk bisa menghemat kuota internet. Lalu seperti apakah tips ampuh untuk menghemat  kuota internet tersebut? Berikut ulasannya.

Matikan Jaringan Seluler Jika Tidak Dipakai

“Pesan masuk bagaimana?” terkadang kita terlalu abai terhadap hal-hal kecil. Namun on off jaringan internet sangat memengaruhi kondisi maksimal penggunaan paket data. Misalnya saja, saat kamu dalam sebuah perjalanan atau sedang diskusi bersama teman-teman, kondisi smartphone standby dan kita tidak memerlukannya dalam waktu lama. Jaringan internet yang terus aktif pada masa standby ini sebenarnya menguras paket data.

“Bagaimana bisa?” faktor aplikasi bawaan yang tersembunyi menjadi hal terlupa, belum lagi media sosial yang terus memperbaharui status maupun foto-foto dan video. Kecil memang namun cukup berpengaruh terhadap kuantitas paket data.

“Apakah aman jaringan seluler dimatikan?” cukup aman untuk kamu yang sibuk dan untuk kamu yang ingin berhemat. Saat kamu mengaktifkan kembali jaringan seluler, seluruh aplikasi akan ‘ceria’ dengan melakukan penyegaran sehingga kamu akan mendapatkan pemberitahuan panjang dari email, media sosial maupun dari aplikasi chatting. Kamu tentu tidak ketinggalan informasi dalam waktu itu. Di saat aktif ini pula, kamu bisa kembali berbalas pantun dengan teman-teman maya. Kembali lagi ke dunia nyata, dunia maya ini tentu tidak diperlukan dan off jaringan seluler menjadi pilihan terbaik.

Mute Grup Chat Itu Penting

Banyak grup chat membingungkan? Notifikasi yang tak henti kadang membuat kesal. Ingin keluar dari grup merasa tidak enak sama teman atau takut ketinggalan informasi penting. Begitu sering chatting di grup bukan tidak mungkin keluhan semakin panjang, misalnya soal baterai yang cepat habis dan paket data yang terkuras sangat cepat. Grup chat yang aktif saat ini tidak hanya berisi obrolan saja tetapi juga gambar, audio maupun video. Penetrasi yang otomatis akan mudah menguras paket data yang sebenarnya cukup diabaikan oleh banyak pengguna.

Pada bagian ini, kamu harus mengaktifkan fitur mute agar baterai dan paket data lebih hemat. Pesan yang masuk tidak semua bisa dibuka sehingga gambar-gambar yang langsung didownload bisa dibatasi dengan mengaktifkan fitur tertentu. Fitur ini biasanya berkaitan dengan nonaktifkan unduhan gambar yang dikirim di grup.

“Bagaimana bisa grup menguras data?” satu grup saja bisa berisi banyak chat, bagaimana dengan banyak grup. Semakin banyak grup, semakin banyak pesan masuk, semakin banyak kuota yang dibutuhkan untuk penetrasi jaringan. Grup-grup ini memiliki latar belakang yang cukup kuat dalam menguras data. Chatting biasa dengan seorang teman, habis diskusi tidak ada kelanjutan lagi di hari itu, berbeda dengan grup yang bersambung dari satu orang ke yang lain.

Hindari Live Streaming Berkepanjangan 

Youtube salah satu media yang paling populer dalam menonton video. Saat ini, video yang dihadirkan tidak hanya yang tersimpan saja namun juga dalam bentuk live streaming.

Tontonan yang semakin menarik membuat kita enggan berpaling. Bagaimana hukum menonton video secara online? Cukup berat dalam konteks usia paket data. Saat menonton video secara online, paket data yang terkuras bagai seorang yang sedang meneguk juice terenak di dunia. Dalam kondisi ini, kamu mesti mengunduh terlebih dahulu pada jaringan Wi-Fi atau menonton jika sudah selesai unduh pada versi offline. Kemudahan menonton video versi offline tidak hanya untuk sekali tonton namun bisa ditonton berulangkali apabila masih tersimpan.

Paket data juga sangat cepat terkuras saat mendengar radio versi online (live streaming). Radio online yang hadir saat ini cukup banyak, selain pemain lama juga pemain baru yang kini mencoba peruntungan di ranah maya.

Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan.

Salah satu cara menghemat kuota data adalah menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.


Off-kan Fitur Pemutar Video Media Sosial

Media sosial yang makin populer juga menyuguhkan tampilan yang semakin menarik. Pengembangan dari pengembang membuat media sosial ‘tidak bersahabat’ dengan paket data internet. Salah satu fitur yang membuat paket data terkuras adalah layanan video yang diputar secara otomatis. Fitur pemutar video ini bisa dinonaktifkan dan juga tidak, tergantung dari media sosial itu sendiri. Kamu bisa memutar video yang menarik secara manual apabila telah sampai di jaringan Wi-Fi.

Hiburan dengan jenis video memang menarik namun sebenarnya ia simalakama. Pintar-pintar pengguna dalam memainkan peran fitur otomatis ini. Video yang tidak penting diputar secara otomatis tentu membuat kesal. Walaupun kamu telah melakukan scroll ke bawah namun jika video tersebut terlanjur diputar, paket data juga akan terkuras. Sedikit memang namun jika banyak video yang diputar sekejap saja, lama-kelamaan akan menumpuk banyak.

Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya.

Kamu pasti tau dong fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap HP Android? Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan kamu peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya kamu bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

Jangan Gunakan Aplikasi Facebook

Siapa yang nggak pakai Facebook? Pasti culun banget deh kalau di tahun 2017, kamu masih belum menggunakan FB. Ya, aplikasi Android satu ini, merupakan salah satu konsumen terbesar yang memakan kuota data. Bahkan, tidak hanya data, Facebook juga akan menguras baterai kamu dengan cepat. Jadi, apa yang harus kamu lakukan?

Begini guys, kamu tetap bisa mengoperasikan Facebook menggunakan alternatif lain, seperti membukanya pada browser Chrome ataupun Opera. Memang sih, banyak aplikasi alternatif untuk membuka FB, tetapi seperti Facebook Lite saja yang diklaim dapat mengurangi konsumsi data hingga 50%, ternyata masih saja tuh memakan ratusan MB per bulannya. Lebih baik dengan browser bukan?

Uninstal Aplikasi Tidak Penting 

“Aplikasi ini kan penting,” jika boleh menelusuri, seberapa sering sebuah aplikasi itu kamu buka? Benar-benar pentingkah sebuah aplikasi sampai kamu mempertahankannya?

Pengembang begitu ingin aplikasi mereka diinstal banyak orang. Aplikasi yang demikian.belum tentu menyehatkan ponsel maupun paket data. Contohnya, apabila kamera smartphone telah dibenam fitur hemat baterai, fitur kecerahan gambar, maka kita tidak perlu menginstal aplikasi semacam beauty atau clean master. Aplikasi pihak ketiga mengandung iklan yang sejatinya memakan data internet begitu kita membukanya. Iklan-iklan baris, iklan gambar maupun animasi berjalan, tanpa diklik juga akan memakan paket internet.

Aplikasi dari pihak ketiga ini tidak hanya menguras paket data namun juga baterai. Aplikasi yang memakan banyak memori membuat ponsel melambat dan sukar untuk menginstal aplikasi lain maupun tidak dapat lagi menyimpan gambar saat mengaktifkan fitur kamera.

Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data.

Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kamu bisa kunjungi menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Solusinya kamu bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi.

Jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka HP kamu akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal di situ. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Game Online ‘Peminum’ Paket Data Terhebat

Gemar bermain game memang telah menjadi kesukaan tersendiri. Beragam game yang dihadirkan oleh pengembang membuat pengguna aktif dalam bermain baik secara offline maupun online. Game versi online sejatinya peminum paket data terhebat sejauh ini. Maka carilah Wi-Fi jika memang telah terjangkit virus bermain game online.

“Bagaimana bisa?” tanpa pembelajaran khusus pun pengetahuan ini sebenarnya dasar sekali. Game versi online dengan infografis tingkat tinggi harus maksimal dijalankan dengan jaringan stabil. Penetrasi internet pada jaringan stabil ini sebenarnya bagai seorang minum air sekali teguk. Tanpa disadari, keasyikan main game membuat pengguna kelabakan soa paket data. Tak heran jika seorang yang telah terbius game begitu mudah berganti kartu paket data. Di saat Wi-Fi semakin banyak, para pecinta game ini berbondong-bondong ke tempat ini. Game yang sehat untuk sebuah ponsel pintar adalah versi offline. Kamu mau menyimpan puluhan game tetap aman di jaringan data.

Bagikan File Kamu Melalui Bluetooth

Seperti yang Jaka bilang pada poin ke-10. Menggunakan hal-hal seperti ini, bisa kamu lakukan dengan transfer file via Bluetooth. Ngapain mesti malu coba, kamu kan tinggal bilang "eh bro, gue kirim via Bluetooth aja ya". Jika teman kamu menjawab seperti ini "pelit banget sih harus pake Bluetooth segala", kamu jawab lagi "biarin, daripada ngabisis duit mulu buat beli kuota". Tidak susah bukan?

Di zaman yang penuh gengsi seperti ini, biasanya Bluetooth sudah tidak terpakai ya guys saat ingin berbagi foto, video, maupun file lainnya. Kamu pasti selalu menggunakan aplikasi perpesanan untuk mempermudah proses transfer file antara smartphone kamu dengan yang lainnya. Padahal, jelas-jelas ini memakan kuota internet kamu.

Nah, itulah dua belas poin yang bisa kami sampaikan untuk kamu. Apakah kamu suda menerapkan hal seperti ini? Jika belum, lakukanlah sekarang juga, agar duit jajan kamu tetap utuh dan tidak boros hanya untuk membeli pulsa. Kalau ada pendapat lainnya untuk menghemat kuota data, kamu bisa tuliskan pada kolom komentar di bawah ya, gratis kok.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages