Inilah Faktor Smartphone Panas dan Cara Mencegahnya - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Inilah Faktor Smartphone Panas dan Cara Mencegahnya

Share This

Inilah Faktor Smartphone Panas dan Cara Mencegahnya


Menggunakan sebuah smartphone memang menjadi hal mutlak yang wajib kamu gunakan setiap harinya. Pasalnya, smartphone dapat membantumu agar komunikasi tetap berjalan dengan lancar. Tanpanya, di zaman yang serba canggih ini pasti kamu akan dibuat kalang kabut. Sebab, smartphone sendiri memang sudah menjadi kebutuhan yang amat penting untuk umat manusia.

Berbicara smartphone, pasti memperbincangkan harga. Ada smartphone dengan harga murah di kelas entry-level, kelas mid-range, bahkan kelas tertinggi yakni high-end. Namun, mau kelas bawah sampai kelas tinggi, pasti saat menggunakan ponsel, kamu akan merasakan panas yang keluar dari tubuh smartphone. Kenapa ya? Maka dari itu, kami akan memberikan informasi mengenai faktor terjadinya smartphone bisa panas dan cara mencegahnya.

Jika kamu main game di smartphone, maka secara otomatis itu akan menuntut pergerakan listrik lebih banyak dari unit pusat dan pengolahan grafis. Baik unit pusat maupun pengolahan grafis berada di system-on-chip atau biasa disebut SoC, pasti smartphone akan mengeluarkan hawa panas namun tidak berlebihan.

Terus, Kalau Smartphone Terlalu Panas Itu Kenapa?

1. Banyak multitasking aplikasi berat

Sebenarnya, yang namanya SoC itu sudah pasti banget dioptimalkan agar tidak terjadi panas yang terlalu berlebihan. SoC secara khusus dirancang untuk menangani suhu tinggi. Nah, faktor-faktor yang menyebabkan smartphone terlalu panas adalah overload di sisi hardware. GPU yang dipaksa untuk terpacu tanpa henti, merupakan salah satu faktor yang mampu membuat smartphone menjadi terlalu panas, seperti menggunakan smartphone dengan Gear VR, jelas itu akan membuat smartphone jadi sangat panas.

Selain itu, Terlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Atau bermain game terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat, karena prosesor, GPU, dan komponen lainnya harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, sehingga suhu baterai ikut meningkat karena aktivitas tersebut

2. Kekuatan sinyal atau jaringan yang kamu gunakan

Kekuatan sinyal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal yang lemah dan tidak stabil akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadgetmu akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika sinyal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.

3. Tidak memakai charger asli

Sama halnya dengan penggunaan baterai smartphone palsu, mengisi daya ponsel dengan charger yang tidak original juga bisa berdampak buruk. Karena ada kalanya beberapa charger tidak cocok dengan tipe ponsel tertentu, akibatnya pengisian baterai tidak maksimal atau malah hanya menyebabkan ponsel panas dan menimbulkan kerusakan tertentu.

4. Memainkan game saat hp dicharge

Nah ini nih yang paling dilakukan sekaligus disepelekan bahayanya oleh banyak orang. Masih banyak aja orang yang main game saat di-charge. Termasuk kamu kah? Padahal cara seperti ini hanya akan membuat baterai bertambah panas dan cepat rusak.

5. Kondisi cuaca atau area sekitar, serta panas dari luar gadget itu sendiri

Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget.

Kerusakan Apa yang Bisa Terjadi Kalau Smartphone Terlalu Panas?

Di dalam sebuah smartphone modern saat ini, kamu akan melihat baterai berjenis lithium-ion. Nah, baterai dengan jenis itu merupakan baterai isi ulang terbaik yang tersedia saat ini. Namun, jenis baterai ini masih memiliki dua kelemahan, yaitu kualitasnya akan turun meski baterai tidak digunakan sekalipun. Tidak akan secepat itu rusak, setidaknya baterai hanya bisa awet hingga berumur tiga tahun. Kedua, jenis baterai seperti ini tidak tahan panas. Apapun yang menyebabkan baterai panas hingga mencapai 30 derajat, maka itu akan mulai berdampak negatif terhadap baterai lithium-ion.

Selain baterai, kerusakan yang bisa terjadi selanjutnya adalah pada chip. Ketika smartphone mulai panas, maka SoC akan menghentikan kecepatan pada prosesor agar proses pendinginan bisa berlangsung. Namun, jika overheat ini terlalu lama, maka dapat dipastikan itu bisa merusak fisik pada chip.

Dalam kasus tertentu, keadaan suhu smartphone yang semakin panas dan tetap dipaksakan bisa menyebabkan ponsel itu meledak lho

Bagaimana Cara Mencegah Agar Smartphone Tidak Menimbulkan Panas yang Berlebih?

Sebenarnya, cara yang perlu kamu lakukan itu sangatlah mudah.

Pertama, jangan pernah menggunakan smartphone yang sudah terisi penuh saat di-charge. Hal ini membuat baterai bekerja sangat ekstra dan akhirnya smartphone menjadi panas bahkan sangat panas. Selain itu, kamu juga tidak boleh membiarkan baterai smartphone sampai habis bersih atau sampai mati akibat tidak di-charge, akibatnya akan memperpendek umur baterai. Isilah baterai saat sudah memasuki maksimal 30%, sehingga dengan cara seperti ini kamu pun juga dapat memperpanjang usia baterai. kemudian, antisipasi dari pemanasan di SoC. Bagaimana caranya? Pastikan, jangan memainkan game di smartphone atau menonton video terlalu lama, tidak melakukan multitasking aplikasi yang butuh banyak proses ini itu, tidak mengaktifkan Bluetooth dalam waktu yang lama, tidak membuka aplikasi pemetaan dengan waktu yang panjang, dan gunakanlah WiFi yang koneksinya stabil.

Kedua, sinyal lemah akan memaksa kinerja android, jika tidak ada jaringan wifi, matikan koneksi internet pada Andro tersebut.

Ketiga, Produsen selalu mengingatkan pada pengguna untuk hanya menggunakan charger yang asli. Alasannya bukan karena mereka ingin memonopoli penjualan aksesorisnya, tapi karena bila menggunakan charger tiruan, mereka tidak bisa menjamin standar kecocokan dan keamanan charger tersebut.

Produsen smartphone biasanya melakukan kerjasama dengan produsen charger yang mereka rekomendasikan dan menggunakan komponen asli. Jika Anda menggunakan produk Apple, carilah produk yang memiliki label bertuliskan "Made for iPhone/iPad", produk tersebut memakai komponen asli dan berlisensi. Para ahli memperingatkan bahwa perangkat yang paling sensitif terhadap charger non-original adalah iPhone 5.

Keempat,  Saat sedang mencharger sebaiknya jangan sambil bermain atau melakukan kegiatan online, di takutkan dapat terjadi ledakan pada baterai smartphone. Untuk lebih baiknya matikan smartphone dan taruhlah ditempat yang datar dan keras, seperti meja atau semacamnya. dan juga jangan mengisi daya terlalu lama

Kelima, kamu nggak boleh membiarkan smartphone kamu terkena sinar matahari secara langsung. Karena itu juga menjadi faktor penyebab terjadinya pemanasan yang berlebihan pada smartphone.

Begitulah, faktor penyebab smartphone menjadi panas dan cara mencegahnya. Apakah kamu memiliki cara terbaik untuk mencegah smartphone overheat? Share pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages