Cara Membedakan Ponsel Xiaomi KW dan Asli - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Cara Membedakan Ponsel Xiaomi KW dan Asli

Share This

Cara Membedakan Ponsel Xiaomi "KW" dan Asli


Sebagai pemain baru di industri smartphone Indonesia, nama Xiaomi sudah lumayan tenar. Pasalnya, vendor asal Tiongkok tersebut menawarkan smartphone berbanderol murah dengan spesifikasi di atas rata-rata perangkat di kelas yang sama.

Ketenaran Xiaomi ini pun dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan, tetapi tidak dengan cara yang benar. Salah satunya adalah dengan membuat dan menjual smartphone Xiaomi tiruan.

Uniknya, ponsel Xiaomi "KW" tersebut benar-benar mirip dengan aslinya. Memang ada beberapa perbedaan minor di antara keduanya. Namun, jika dilihat secara sepintas, sangat sulit untuk membedakan antara yang asli dan palsu.

Lantas, bagaimana cara mengecek keaslian dari ponsel Xiaomi?

1.Reset Ulang atau Master reset

Salah satu modus penipu adalah dengan menginjek software benchmark agar terlihat seolah-olah hasil benchmark sesuai dengan spesifikasi perangkat tersebut.Untuk itu sebelum melakukan uji benchmark sebaiknya lakukan master reset yang berfungsi untuk mendelete semua data yang masuk kembali ke data awal.Setelah itu baru uji smartphone atau tablet Xiaomi dengan aplikasi benchmark seperti CPU-Z,Sensor Box dan AnTuTu serta perhatikan hasil detailnya apakah sesuai spek yang tertera atau tidak.

2. Mengecek No IMEI dan serial number

Imei (International Mobile station Equipment Identity) dan serial number adalah dua kode angka berderet yang biasanya ada di bungkus atau box gadget Xiaomi yang kamu beli.Nah pastikan keduanya sama persis dengan yang tertera di ponsel kamu,ini adalah cara membedakan xiaomi asli dan palsu.Untuk cara cek Imei Xiaomi ada 3:
-ketikan *#06# di menu panggilan atau telpon maka akan memunculkan no imei
-bisa juga dimenu setting-about phone-Imei
-bisa juga denga cara membuka box cover belakang lalu ambil baterainya maka akan terlihat No Imei dibelakang bodi

3. Cek dengan akses Mi Fastboot

Cara mengecek keaslian dari HP xiaomi ini juga bisa dilakukan dengan Mi Fastboot. Cara melakukannya yaitu dengan menekan tombol volume bagian paling bawah bersamaan dengan tombol power secara bersamaan beberapa saat. Jika HP xiaomi yang anda beli asli, maka pada layar akan muncul gambar kelinci Xiaomi yang sedang membongkar robot android. Namun jika tidak ada yang muncul, maka bisa dipastikan jika HP xiaomi tersebut adalah palsu.

4. Cek dengan akses Mi Recovery

Untuk memastikan keaslian dari HP Xiaomi ini anda perlu masuk ke dalam pengaturan Mi Recovery kemudian lakukan cek. Jika HP Xiaomi anda asli maka sebelum masuk ke menu recovery maka akan muncul pilihan bahasa. Namun jika Xioami anda palsu, maka akan langsung masuk ke menu recovery. Cara melakukan akses ke Mi Recovery anda bvisa langsung masuk ke menu keamanan Xiaomi kemudian pilih icon Updater. Kemudian pilih option dan terakhir pilih reboot to recovery mode atau anda bisa menekan tombol volume atas dan tombol power bersamaan

5. Menggunakan Aplikasi Pendeteksi Xiaomi

Anda hanya perlu masuk ke situs https://jd.mi.com lewat browser di PC atau laptop.

Kemudian, download saja file APK Aplikasi Antifake/MI Verification V1.3.3.Apk yang sudah tersedia di situs ini. Setelah itu, pasang aplikasi tersebut di ponsel Xiaomi yang mau dicek keasliannya dan jalankan setelah proses instalasi selesai.

Sekadar catatan, Anda mungkin harus mengaktifkan mode instalasi aplikasi dari sumber di luar Google Play Store. Di perangkat Xiaomi, mode itu bisa ditemukan di bagian Settings; Additional Settings; Privacy; dan pilih Unknown Sources.

Refresh situs web https://jd.mi.com, Ingat…! Jangan tutup halaman jd.mi.com atau pindah tab lain, misal nya buka Facebook, browsing, dll. jangan ya…! karena hal tersebut dapat membuat proses verifikasi Gagal, diamkan saja halaman tersebut.

Kembali ke aplikasi MI Verification di hp xiaomi anda dan pilih scan and verify.

kemudian arahkan ponsel ke kode QR. Arahkan hingga proses pemeriksaan selesai. Seusai itu, situs web akan memberikan informasi apakah ponsel Xiaomi yang diuji asli atau tidak.

Sayangnya, tools tersebut hanya bekerja untuk ponsel Xiaomi terbaru saja, seperti Mi 4 dan Mi 4i. Seri ponsel Xiaomi lawas, seperti Redmi 1S dan Redmi 2, tidak didukungnya.

Cara pengecekan lain

Namun, tidak perlu panik, karena masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menguji keaslian perangkat Xiaomi.

Cara lainnya adalah dengan mengecek versi sistem operasi. Biasanya, perangkat Xiaomi dirilis menggunakan MIUI, nama tampilan antarmuka buatan Xiaomi, versi stabil. Jika ditulis masih Beta, ada kemungkinan itu perangkat palsu.

Pengguna juga bisa melakukan pencarian di internet, versi MIUI yang tercantum di perangkat. Jika tidak ditemukan, bisa jadi produk tersebut palsu.

Anda juga bisa mengecek hasil foto, resolusi, dan apertur dari kamera yang ada di perangkat Xiaomi. Pastikan sesuai dengan spesifikasi resmi perangkat. Satu hal yang harus diingat, meski perangkat mampu menghasilkan gambar yang baik, belum tentu produk tersebut asli.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages