Alasan Kenapa Smartphone-mu Perlu Di-root - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Alasan Kenapa Smartphone-mu Perlu Di-root

Share This

Alasan Kenapa Smartphone-mu Perlu Di-root


Android adalah sistem operasi milik Google yang memiliki hak akses bebas alias open source. Dengan begini pengguna bisa leluasa untuk melakukan banyak hal seperti meng-install aplikasi dari berbagai sumber, menciptakan aplikasi sendiri untuk smartphone, serta mengkustomisasi sebuah proses pada sistem operasi tersebut.

Meski begitu, Jika Anda ingin melakukan hal-hal ajaib pada smartphone Android, dibutuhkan sebuah hak akses root. Mungkin benar, dengan me-rooting smartphone, garansi smartphone Anda bakal hilang. Tapi kami rasa lebih banyak keuntungan ketimbang kerugian yang akan Anda dapat. Untuk itu, kami merangkun beberapa alasan penting mengapa Anda harus me-root smartphone sekarang juga.

1. Custom ROM

Bosan dengan Android kamu yang lama karena tampilannya gitu-gitu aja dan udah gak dapat dukungan update sistem operasi terbaru lagi? Kamu bisa gunakan Custom ROM untuk merasakan pengalaman menggunakan ROM smartphone lain di Android kamu. Dengan Custom ROM, kamu bukan hanya akan mendapatkan tampilan baru, tapi juga bisa menggunakan sistem operasi terbaru (sesuai ROM), hingga fitur sistem yang dibawa oleh Custom ROM yang kamu gunakan. Untuk bisa menggunakan Custom ROM, Android kamu harus sudah root dan terpasang Custom Recovery.

Salah satu penyedia ROM terbesar untuk update Android adalah CyanogenMod atau ParanoidAndroid.

2. Upgrade Android Lebih Awal

Masih menanti upgrade resmi untuk smartphone Android ? Jika tidak ingin menanti lebih lama maka inilah saatnya kamu rooting. Custom ROM Android memungkinkan kamu untuk mendapatkan Android OS versi terbaru sebelum secara resmi diberikan melalui OTA update.

3. Hapus bloatware

Aplikasi bawaan atau dikenal juga sebagai bloatware adalah aplikasi bawaan sistem yang disematkan vendor pada smartphone Android kita. Dampaknya, tentu smartphone kita jadi memiliki jatah ruang penyimpanan yang lebih sempit dari semestinya. Nah, dengan melakukan root Android, maka kamu bisa menghapus bloatware ini dengan mudah. Jadi memori Android kamu pun lebih lega.

4. Menikmati aplikasi yang membutuhkan akses Root

Ada banyak aplikasi keren di Google Play Store, tapi tidak semua dari mereka tersedia untuk ponsel Android karena belum di root. Itu karena beberapa aplikasi telah diblokir oleh manufaktur atau operator. Satu-satunya cara untuk menggunakannya adalah dengan Root ponsel Android.

5. Backup dan Restore Semua Aplikasi

Salah satu cara untuk menjaga performa Android adalah dengan rutin melakukan Factory Reset. Nah, bakal repot kalo setiap habis Factory Reset harus instal ulang semua aplikasi, makanya mending backup pake Titanium Backup. Untuk melakukan backup dan restore semua aplikasi Android kamu dengan Titanium Backup kamu harus memiliki akses root, makanya penting sekali root Android itu agar mudah melakukan backup dan restore. Bukan cuma aplikasi yang terinstal, kamu bisa backup log panggilan, WiFi, dan semua sistem data di Android kamu.

6. Kembalikan foto yang terhapus

Rooting memungkinkan Anda untuk memulihkan foto yang hilang atau terhapus dari perangkat Android Anda. Dengan bantuan aplikasi DiskDigger, Anda dapat men-scan, melihat preview gambar, dan memutuskan apakah Anda ingin mengembalikan foto yang terhapus tadi atau tidak. Selain itu Anda juga dapat mengirim foto ke email jika dirasa ruang penyimpanan ponsel Anda sudah sesak.

7. Blok iklan pada Aplikasi

Bosan dengan iklan-iklan yang datang terus-menerus dalam aplikasi favorit Anda, dan ingin memblokir mereka semua? Mustahil untuk blok iklan di aplikasi kecuali ponsel Android di root. Setelah rooting, Anda dapat menginstal beberapa aplikasi dengan bebas atau menambahkan aplikasi, seperti AdFree, untuk memblokir semua iklan untuk bermain aplikasi favorit Anda.

8. Optimalisasi internal storage

Tak hanya menghemat dan mempercepat performa Android, dengan rooting Anda juga dapat memaksimalkan penggunaan storage pada smartphone. Maksud kami, Anda dapat memindahkan penyimpanan data aplikasi internal ke kartu microSD. Anda wajib mencoba cara ini jika dirasa smartphone memiliki ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar.

9. Melacak Android Yang Dicuri Meskipun Telah Di Factory Reset.

Jika Android kesayangan hilang atau dicuri akan menjadi hal yang paling menyakitkan didalam hidup Anda. meskipun kartu SIM telah diganti. Namun bagaimana jika perangkat tersebut telah di factory reset? Cerberus adalah sebuah aplikasi pelacak yang mampu masuk kedalam sistem terdalam di Android. Ia akan tetap hidup dan bertahan meskipun Android telah di factory reset. Syaratnya HP Android Anda harus di root.

10. Memasang Custom Kernel

Kernel adalah sebuah software yang menjembatani antara sistem operasi dan hardware. Jika Anda ingin meningkatkan volume pemutar musik, Android tidak akan secara langsung menyuruh speaker. Tetapi ia akan meminta kepada kernel untuk menyampaikannya. Barulah kernel berbicara kepada speaker agar ia dapat berbunyi lebih kencang. Anda dapat mencari custom kernel yang dapat meningkatkan performa mupun daya tahan baterai.

11. Punya kontrol (kendali) penuh

Alasan yang terakhir root Android saya ingin katakan adalah bahwa dengan akses root, Andalah hanya pemilik ponsel Android. Karena operator dan produsen selalu berusaha untuk mengendalikan Android telepon dengan menginstal aplikasi yang terinstal. Namun, dengan mencapai akses root, Anda dapat memblokir dari hubungan antara Android telepon dan operator dan produsen, dan benar-benar anda sendirilah yang memiliki ponsel Android.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages