Tips Sukses Menabung di Usia Muda - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Tips Sukses Menabung di Usia Muda

Share This

Tips Sukses Menabung di Usia Muda


Kamu pasti sejak kecil sudah diajarkan untuk menabung di sekolah atau juga di rumah. Tapi, tidak semua orang membiasakan dirinya untuk konsisten menyisihkan uangnya untuk disimpan. Akibatnya, pada saat mereka beranjak dewasa, keuangannya tidak sehat. Artinya, jumlah tabungan yang mereka miliki tidak cukup untuk biaya hidupnya lima tahun ke depan.

Mungkin mereka tidak merasa khawatir jika suatu saat akan bangkrut. Soalnya mereka sudah mendapatkan pekerjaan. Dengan harapan gajinya tiap bulan akan menyelamatkan kehidupannya. Padahal, jika suatu saat mereka berhenti bekerja karena berbagai alasan, seperti kontrak habis dan tidak diperpanjang, hingga diberhentikan, mereka tidak akan memiliki uang jaga-jaga untuk biaya hidupnya. Ini yang membahayakan hidupmu, jika kamu tidak konsisten menabung. Untuk itu, untuk menyadarkanmu pentingnya menabung, simak pembahasan berikut ini.

1. Berlatihlah untuk menabung

Kamu tidak bisa menabung tanpa melatih dirimu. Karena menabung itu adalah perkara kebiasaan. Makanya, kamu harus mencari cara untuk membiasakan dirimu untuk menyisihkan uang. Sehingga kamu tidak akan menghabiskan gaji yang kamu terima tiap bulan. Ingat pepatah yang mengatakan alah bisa karena terbiasa.

2. Kamu tidak boleh mengeluarkan lebih dari total pendapatanmu

Kebanyak orang yang memiliki katu kredit seakan memiliki pendapatan tambahan. Sehingga selain menghabiskan gaji, mereka juga cenderung akan berhutang. Artinya, penguluaran lebih dari pendapatan. Kamu pastinya tidak mau punya kehidupan tambal-sulam, kan? Makanya kamu harus hidup sesuai dengan uang yang kamu dapatkan setiap bulan. Lebih baik lagi kalau pengeluaranmu lebih sedikit, sehingga ada sisa uang untuk disimpan sebagai uang jaga-jaga. Memang ada benarnya juga nasehat bergaya lah sesuai isi kantong.

3. Menabung adalah kunci untuk mendapatkan hidup yang kamu mau

Karena menabung itu merupakan kunci mendapatkan kehidupan yang kamu dambakan. Kamu pasti ingin punya rumah, kendaraan, bisa membiayai dirimu sendiri, dan bahkan membantu orangtuamu dengan memberikan sebagian penghasilan untuk mereka. Nah, semua impian ini awalnya bisa dipenuhi dengan menumbuhkan kebiasaan untuk menabung secara konsisten. Apakah kamu sadar jika penghasilan seseorang yang begitu tinggi juga tidak akan mendapat masa depan yang aman jika ia mengeluarkan lebih yang ia dapatkan untuk gaya hidup. Tetapi jika penghasilan seseorang yang relatif kecil juga bisa mendapatkan masa depan yang lebih aman jika ia selalu menyisihkan berapapun yang ia dapatkan. Kuncinya ada lah menabung, benar kan?

4. Karena kamu harus memiliki uang jaga-jaga

Menabung itu sangat diperlukan. Dengan menabung, kamu bisa membeli apa pun yang kamu inginkan. Atau juga bisa digunakan sebagai biaya pendidikan masa depan. Selain itu, uang yang kamu tabung juga bisa digunakan jika ada kejadian yang sifatnya mendadak. Kamu tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi ke depannya, kita hanya manusia biasa yang tidak bisa meramal masa depan seperti apa. Maka amankan lah dirimu selagi kamu masih kuat menghasilkan. Karena manusia ada masanya kapan ia kuat bekerja menghasilkan dan kapan ia sudah tidak mampu bekerja se efektif dulunya lagi. Indahnya sebisa dan secepat mungkin bisa pensiun muda ya kan?

5. Sukses menabung ditandai dengan menyimpan uang dalam waktu yang lama

Banyak orang yang memang menabung tapi dalam satu bulan langsung mengambil uang yang disimpannya. Padahal, kalau kamu bersabar sedikit saja, misalnya menabung rutin selama satu tahun, uang yang akan kamu nikmati akan menjadi lebih banyak. Kamu pun bisa mendapatkan barang yang lebih mahal. Bandingkan dengan ketika kamu terus mengambil tabungan setiap tiga bulan atau lima bulan. Jumlah uang yang kamu ambil lebih sedikit dan barang yang kamu beli pun tidak maksimal kualitas dan kuantitasnya. Niat menabung harus ditancapkan secara kuat dan tidak setengah-setengah, maka hasilnya akan lebih memuaskan :)

6. Bedakan tabunganmu jika mempunyai keinginan yang berbeda

Banyak orang yang hanya punya satu tabungan. Tapi keinginannya segudang. Kalau kamu ingin mobil, berarti tabunganmu harus ada dua. Satu tabungan biasa, satu lagi tabungan untuk membeli mobil tahun depan. Kalau keiinginanmu lebih dari tiga, nah, tinggal kamu pikirkan berapa tabungan yang harus kamu atur. Sekedar untuk memudahkan kamu supaya tidak mengganggu gugat tabungan yang lain adalah dengan membuka beberapa akun bank atau beberapa jenis tabungan dengan perencanaan dan tujuan serta manfaat yang berbeda-beda pula.
\
Nah, itu lah hal-hal penting yang harus kamu pahami agar kamu bisa menabung dengan baik dan konsisten. Kamu tidak akan bisa memiliki uang yang banyak jika tabunganmu selalu diambil untuk berbelanja atau makan atau kebiasaan gaya hidup lainnya. Karena itu, teguhkan hatimu untuk menyimpan uang dalam jangka waktu yang lama.

Silahkan share artikel ini bila bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages