Fakta - Fakta Tentang Emas - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Fakta - Fakta Tentang Emas

Share This

Fakta - Fakta Tentang Emas


Siapa yang tidak kenal emas? Emas saat ini tengah menjadi perhatian para pelaku pasar khususnya investor. Sebab fluktuasi harga emas membuat para investor kebingungan tentang apakah sekarang waktu yang baik untuk berinvestasi pada logam mulia tersebut.

Logam mulia yang dalam tabel periodik berlambang Au (Aurum) ini merupakan salah satu dari sekian banyak logam yang sering dipakai sebagai perhiasan selain kristal, berlian, batu ruby, dan yang lainnya. Satu-satunya logam berwarna dasar kuning ini juga memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui. Lantas, apa sajakah fakta unik yang dimiliki emas?

Berbeda dengan logam lainnya, emas menjadi salah satu logam yang paling disukai diantara logam lainnya. tak hanya itu, emas memiliki kilau yang cantik jika diolah menjadi sebuah perhiasan. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang berlomba-lomba mengumpulkan dan mengoleksi benda bekilau ini.  Berikut beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang emas.

1. Aurum pada Nama Kimia Emas Berarti Sinar Matahari

Nama kimia Au yang disematkan pada emas dalam tabel periodik merupakan singkatan dari Aurum (akar bahasa Latin) yang berarti shining dawn atau glow of sunrise, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti pancaran sinar matahari. Nama ini dipilih karena logam emas memang memiliki kilauan yang sangat indah, seperti korona—lingkaran sinar yang mengelilingi matahari.

2. Emas adalah Logam yang Lentur

Meskipun terkesan solid, emas sesungguhnya merupakan logam yang sangat lentur, lunak, dan mudah ditempa.  Menurut sebuah penelitian, 28 gram emas bisa direntangkan sampai sepanjang 8 kilometer. Saking lenturnya, emas bahkan bisa digunakan sebagai benang sulam untuk membuat kain. Keren, bukan?

3. Kenapa Emas Disebut Logam Mulia?

Seperti halnya platina dan perak, emas merupakan perhiasan yang disebut sebagai logam mulia atau noble metal. Hal ini disebabkan oleh karakter emas yang tidak reaktif dan tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Logam mulia seperti emas tidak mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Emas juga sangat sukar bereaksi dengan asam. Hal inilah yang membuat logam mulia seperti emas memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan logam jenis lain.

4. Perhiasan Emas sudah ada Sejak 4.000 Tahun sebelum Masehi

Penggunaan emas sebagai perhiasan seperti yang umum kita jumpai sekarang ternyata sudah dilakukan sejak lama lho, bahkan sekitar 4.000 tahun sebelum Masehi. Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya jasad atau fosil manusia zaman dahulu (sekitar masa Jaman Batu) yang masih menggunakan emas di lehernya.

5. Satuan Karat dalam pengukuran Kadar Emas

Tidak semua perhiasan emas tersusun dari komponen emas murni. Satuan yang dipakai dalam pengukuran kadar emas yang terkandung dalam suatu perhiasan dinamakan karat. Emas murni berarti memiliki kadar 24 karat. Sebaliknya, semakin banyak campuran lain yang ditambahkan saat proses penempaan emas, maka kadar karat dalam perhiasan itu akan semakin menurun.

6. Emas Dipakai untuk Kosmetik dan Kesehatan

Tidak sebatas pada investasi dan perhiasan, emas ternyata juga banyak dipakai dalam dunia kesehatan sebagai obat. Isotop radioaktif Au-198 yang ditemukan pada emas diketahui bisa menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, emas juga banyak dipakai dalam pembuatan kosmetik.

7. Kemurnian Emas

Emas murni tak akan bisa digunakan sehari-hari atau untuk sebuah perhiasan emas. Oleh karena itu, untuk perhiasan emas harus dicampur dengan logam lain seperti perak, tembaga, nikel, atau seng yang dapat membuat emas menjadi lebih padat dan tahan lama sehingga lebih mudah dibentuk menjadi sebuah perhiasan.  Emas 24 karat merupakan emas murni atau 100% emas. Sedangkan untuk emas 18 karat adalah perpaduan 75% emas dan 25% logam lain. Emas 14 karat adalah perpaduan antara 58,3% emas dan 41,7% logam lain, dan emas 10 karat merupakan emas 41,7% dan 58,3% logam lain.

8. Warna Emas

Warna emas ditentukan oleh dua faktor, yaitu presentase masing-masing logam campuran dan jenis campuran logam lain. Nah, emas memiliki tiga warna diantaranya:


  1. Emas Kuning: warna emas yang alami adalah emas kuning yang memiliki kilau kekuningan. Campuran pada emas kuning umumnya menggunakan tembaga ataupun perak untuk memberikan warna kuning yang pekat. 
  2. Emas Putih: Karskter dan warna emas putih membuatnya semakin lebih berkarakter dan menarik. Pembuatan emas putih adalah perpaduan antara emas kuning dengan logam lain seperti nikel, seng, tembaga, atau mangan. Setelah terbentuk, biasanya emas putih akan dilapisi lagi dengan Rhodium untuk membuat perhiasan emas putih lebih berkilau dan cerah.
  3. Rose Gold: Emas pink atau rose gold memiliki warna yang cantik dan romantis, dimana rose gold dibuat dengan perpaduan logam emas dengan tembaga. Perpaduan antara logam emas dan tembaga dibuat hampir sama untuk menimbulkan warna rose pada emas.


9. Harga Emas 

Harga emas sendiri sudah ditentukan berdasarkan berat karat pada emas tersebut. Jika Anda akan membeli emas batangan maka harga akan tergantung pada berat dari emas tersebut. Misalnya 1 gram emas batangan akan dihargai sesuai harga emas pada saat itu. Jika untuk perhiasan emas akan ditambahkan dengan biaya pembuatan dan lain-lain.

10. Untuk kesehatan dan sebagai penghantar listrik.

Emas juga digunakan sebagai makanan dan minuman. Serpihan emas yang sangat lembut seringkali ditambahkan ke dalam makanan.

Selain itu, Anda mungkin sering melihat orang bergigi emas. Ternyata emas memang bisa digunakan dalam perawatan gigi manusia. Belakangan ini, emas bahkan digunakan sebagai bahan elektronik seperti iPhone 5S yang diproduksi Apple.

Nah, itu dia fakta - fakta unik dan menarik tentang emas. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang logam mulia yang satu ini ya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages