9 Tips Sukses dan Bahagia dari Warren Buffett - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

9 Tips Sukses dan Bahagia dari Warren Buffett

Share This

9 Tips Sukses dan Bahagia dari Warren Buffett


Banyak orang kaya tetapi tidak bahagia. Hidup mewah tetapi tidak merasakan kepuasan dalam dirinya. Ternyata memiliki penghasilan besar juga tidak menjamin kamu bisa bahagia. Warren BUffett pengusaha asal Amerika yang penghasilannya mencapai 72,3 miliar dolar akan memberi tips gimana caranya bisa sukses dan bahagia.

1. Terus kembangkan kemampuanmu. Walau kamu sudah mapan dan berkedudukan tinggi janganlah lelah untuk terus belajar. Karena aset terbaik bukan properti atau saham , melainkan diri kamu sendiri. Kemampuan adalah aset yang membedakan kamu dengan orang lain, ia adalah sebuah nilai plus yang lengket pada diri kamu. Tidak ada yang bisa mencuri harta yang paling berharga itu. Kemampuan adalah harta terbesar.

2. Ubah kebiasaan burukmu secepat mungkin. Kalau bisa sekarang kenapa harus menunggu lagi? yang makin lama akan makin terbiasa dan sulit diubah. Tentu kebiasaan buruk bisa menghambat pekerjaan dan kelancaran hidup. Warren Buffett mengatakan, mengubah kebiasaan buruk sejak usia muda akan lebih mudah dibandingkan pada usia Warren Buffett saat ini.

3. Kamu harus mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan mu. Kamu tidak harus menguasai semua hal dan semua bidang di dalam hidupmu. Tetapi kamu harus tahu mana yang kamu tahu dan mana yang tidak tahu. Ini penting karena kadang-kadang orang enggak tahu mana yang mereka tidak tahu. Tentunya menjadi tidak tahu harus mengubah dan menambah pengetahuan.
Jika sudah mengetagui kekuatan dimana, kembangkanlah terus. Jika sudah tahu kelemahannya, berusaha lah sebisa mungkin untuk memperbaikinya.

4. Mengambil resiko bukannya tidak bagus. Tapi jangan mengambil resiko tanpa alasan yang kuat. Warren mengatakan banyak orang dalam bisnis dan kehidupan individunya merugikan hal yang penting demi hal yang enggak penting buatnya. Ingat lah selalu setiap mengambil resiko pertimbangkan apakah harga yang kamu bayarkan sesuai dan pantas dengan tingkat resiko yang akan kamu terima.

5. Temukanlah pekerjaan yang kamu sukai. Banyak orang memilih pekerjaan atau bisnis karena iming peluang dan pendapatan besar. Ketika kamu terjun ke dalam pekerjaan yang enggak kamu suka sama sekali, maka kamu akan gampang stress. Tentu saja imbas stress bisa menurunkan kemampuan dan kinerjamu. Carilah pekerjaan yang kamu sukai dan seumur hidup kamu tidak akan merasa bekerja.

6. Kamu butuh mentor dan pembimbing ketika kamu membangun sebuah bisnis. Belajar dari orang sukses tentu akan lebih cepat berhasil daripada mencoba-coba sendiri kegagalan yang sudah dialami para orang sukses. Tapi jika kamu masih duduk di bangku sekolah, usahakan kamu bergabung dengan lingkungan orang-orang hebat dengan kualitas yang ingin kamu capai suatu hari nanti. Percaya tidak percaya, sukses dan kelakuan baik itu menular.

7. Jangan biarkan rasa takut menghentikan langkahmu. Kamu harus bisa mengatasi rasa takutmu. Semua orang tentu mempunyai kekurangan, karena tidak ada manusia yang sempurna. Kalau kamu takut dengan kekuranganmu, lakukanlah apapun yang bisa meningkatkan kemampuanmu pada bidang tersebut.

8. Gunakan waktu sebaik mungkin. Warren Buffett bahkan enggak akan membuang-buang waktu untuk sebuah pertemuan yang tidak berguna. Kamu yang masih banyak waktu berleha-leha di rumah, kampus, kantor atau dimana saja, coba usahakan gunakan waktumu untuk melakukan hal apapun yang bisa meningkatkan kemampuanmu. Kamu hanya memiliki waktu 24 jam sehari dan waktu itu yang sudah lewat itu menambah umurmu dan tentunya waktu tidak bisa terulang kembali. Jadi pergunakanlah waktumu dengan sebaik-baiknya.

9. Jangan mengabaikan peluang besar. Karena pasti akan banyak kesempatan yang datang kepadamu, kalau kamu melewatkan satu kesempatan belum tentu kesempatan selanjutnya peluangnya akan sebesar peluang yang satu itu. Karena sukses itu adalah Persiapan bertemu dengan Peluang.

Itulah 9 tips sukses dan bahagia dari Warren Buffet. Semoga bermanfaat yah. ^_^


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages