5 Kegiatan yang Bikin Waktumu Terbuang dengan Sia-sia - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

5 Kegiatan yang Bikin Waktumu Terbuang dengan Sia-sia

Share This

5 Kegiatan yang Bikin Waktumu Terbuang dengan Sia-sia


Kadang waktu berlalu begitu cepat kadang pula begitu lambat. Seperti dikejar hantu pada suatu titik tertentu. Kamu yang sedang bekerja keras akhirnya tidak sanggup menyelesaikan semua pekerjaan. Salah siapa? Waktu? ataukah kamu?

Setiap orang memiliki jumlah waktui yang sama dalam sehari yaitu 24 jam tidak lebih dan tidak kurang. ketika orang lain sanggup menyelesaikan tugasnya dan kamu tidak rasanya tidak adil jika kamu hanya menyalahkan waktu karena jatah waktu masing-masing orang adalah sama, bisa jadi kamu boros membuang waktu yang berharga. Untuk itu cobalah periksa dan tanyakan pada dirimu apa yang sebenarnya selama ini kamu lakukan, apakah sudah efektif menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya atau belum. Time is money sudah tidak relevan lagi. Bagi sebagian orang yang sangat memanfaatkan waktu dan baginya waktu adalah hidup maka ia akan menyebutnya Time is Life.

Berikut adalah bebrapa kebiasaan yang secara tak sadar telah membuang banyak waktumu.

1. Ingin Semuanya Seperfect Mungkin

Mungkin kamu memang orang yang perfectionist. Kesempurnaan memang pasti diperlukan setiap kali kamu membuat eksekusi. Tapi sadarkah kalau ada ribuan tugas lain yang penting dan harus diselesaikan? jangan terlalu lama terlibat dalam suatu pekerjaan yang sulit dan hanya akan membuat pekerjaan lainnya yang tidak kalah penting nya juga malah keteteran. Tips nya adalah kerjakan mana yang mudah terlebih dahulu. Kemudian sisanya yang susah di akhir belakangan karena biasanya di akhir pikiran mu akan lebih terbuka karena beban sudah terselesaikan separuh.

2. Terlalu Mudah Mengiyakan Permintaan Orang Lain

Membuat rekan kerja dan boss senang memang kadang asyik juga. Lagipula menolong orang lain akan menambah pahala. Tapi jangan terlalu mudah menyanggupi permintaan orang lain. Pikirkan dulu kepentingan dirimu sendiri jangan sampai kamu menolong orang lain tapi pekerjaan mu malah keteteran.

3. Menyelesaikan Sesuatu Hanya Karena kamu Telah memulainya

Memang betul bahwa apa yang dimulai harus diselesaikan , Namun jangan memaksakan dirimu untuk menyelesaikannya jika tidak sanggup. Padahal kamu sendiri sudah tidak tertarik dan tak akan memberikanmu manfaat apapun selain menyelesaikannya.

4. Kamu Berusaha Melakukan Banyak Hal Dalam Waktu Yang Bersamaan

Mungkin dalam pikiranmu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dapat menambah kecepatan pekerjaan mu dan lebih cepat kelar. Tapi sayangnya semua pekerjaan akhirnya tak ada yang kelar dengan baik dan sempurna. Karena itu sebaiknya kamu menyelesaikannya satu-persatu. Sehingga kamu bisa lebih fokus dan menyelesaikannya dengan baik.

5. Terlalu Lama Berpikir Apa yang Harus Kamu Lakukan

Memeriksa inbox ketika sampai di kantor merupakan kewajiban. Tapi kamu yang terlalu lama memeriksa kotak masuk dan mencari apa saja yang harus kamu lakukan dalam satu hari itu ternyata justru membuang banyak waktumu. Berhentilah terlalu lama berpikir tentang apa yang harus kamu lakukan. Kamu bisa bisa berpikir selama mungkin di rumah atau sebelum kamu terlelap atau sebelum berangkat.

Itu lah 5 kebiasaan yang justru malah membuang banyak waktumu yang berharga. Karena itu kamu harus meninggalkan kebiasaan buruk itu. Dan sekarang kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk mengisinya dengan hal lain yang lebih bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages