3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memutuskan Jadi Freelancer - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memutuskan Jadi Freelancer

Share This

3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memutuskan Jadi Freelancer


Ada banyak cara agar kamu bisa mengatur waktumu sendiri tanpa harus kehilangan pekerjaan. Kamu bisa bekerja sendiri tanpa harus terikat dengan perusahaan tertentu, seperti contohnya Freelancer. Dengan jadi seorang Freelancer kamu bukan hanya bisa mengatur waktu tapi juga bisa mengatur pekerjaan lain. Bekerja seperti ini bakal bikin kamu merasa kamu adalah boss .

Tapi tak semua orang bisa sukses dengan menjadi freelancer. Bukan soal usia yang terlalu muda, Tapi karena mereka tak memperhatikan beberapa hal dan memanaje nya dengan baik. hal ini justru akan membuatmu kewalahan. Hidupmu jadi tak teratur, bahkan kamu tak bisa mencari income yang lebih banyak. Makanya sebelum memulai jadi seorang freelancer kamu harus perhatikan hal ini.

1. kamu terlalu Percaya Diri

kamu yang punya kemampuan khusus yang jarang dimiliki orang lain memang memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan lebih besar jika memilih jadi freelancer ketimbang jadi karyawan tetap di sebuah perusahaan. Tapi, jangan sampai kamu malah menjadi terkesan terlalu percaya diri. Dilansir dari Huffington Post, daripada kamu terlalu fokus pada kelebihan dirimu, lebih baik fokus pada hubungan antara kamu dan klien yang terjalin erat dan baik. Kamu harus membangun kepercayaan agar kamu benar-benar menjadi tenaga ahli yang sangat dibutuhkan perusahaan.


2. Jangan Salah Mengatur Waktu

Ketika kamu memilih menajdi tenaga lepas, artinya kamu akan bekerja dengan bebas. Tak ada ikatan pekerjaan. Tak ada yang akan menyuruhmu untuk memenuhi target  tertentu di luar kontrak dengan klienmu. Huffington Post menulis, Ketika kamu tak memiliki kesadaran dalan dirimu sendiri untuk bekerja giat dan disiplin mengatur waktu dengan baik, Kairmu bakal berantakan dan hancur. Karena itu jangan sampai kamu salah mengatur waktumu.


3. Kamu Harus bisa Menjual Dirimu. 

ketika kamu menajdi karyawan Tetap di sebuah perusahaan, kamu tak harys memiliki keahlian khusus. Huffington Post menulis, Tanpa keahlian khusus ini kamu tetap bisa bekerja di perusahaan tersebut. Kenapa? karena tenagamu masih bisa dipakai. Tapi jika kamu tak punya keahlian khusus saat menjadi seorang freelancer, Tak akan ada klien yang ingin bekerja dengan mu. Karena itu, Kamu harus memiliki sesuatu yang bisa dijual. Berinvestasi lah pada dirimu sendiri dengan banyak menambah wawasan dan skill khusus.

Itulah 3 hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum menjadi seorang Freelancer di waktu yang akan datang. Selain itu, kamu juga harus memiliki keahlian khusus yang bisa bikin klienmu percaya dan membutuhkan bantuan mu

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages