Hal Kecil yang Memicu Perang Dunia - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Hal Kecil yang Memicu Perang Dunia

Share This




Pertempuran tak hanya dilakukan para penguasa yang berbagi perbatasan, namun sampai melanda antarbenua. Menjadi Perang Dunia.

Belum termasuk kejadian pada masa lalu, pada Abad ke-20 saja, sudah ada dua pertempuran yang melibatkan para penguasa dunia: Perang  Dunia, I dan II. Juga Perang Dingin.

Saking dahsyatnya, kehancuran diperkirakan bakal terjadi di sebagian besar muka Bumi. "Aku tak tahu senjata apa yang akan dipakai dalam Perang Dunia III. Namun, jika Perang Dunia IV sampai meletus, pertempuran akan dilakukan dengan menggunakan tongkat dan batu," kata Albert Einstein, karena akan hancurnya juga peradaban manusia

Diduga, Perang Dunia III akan melibatkan adu senjata nulir, menghancurkan sebagian wilayah Bumi, yang lebih mengerikan dari dampak Perang Dunia I digabungkan dengan Perang Dunia II. Akibatnya, menurut 'ramalan' Einstein, manusia akan kembali ke Zaman Batu.

berikut insiden yang memicu perang global pada Abad ke-20, yang mungkin  tak pernah dibayangkan bisa memicu sebuah bencana besar

Perang Dunia I

Pada 28 Juni 1914, Sebuah tragedi terjadi, putra mahkota Austria-Hungaria 'Archduke Franz Ferdinand' dan istrinya Sophie dibunuh saat berkunjung ke Sarajevo, ibukota Bosnia.

Pembunuhnya, adalah Gavrilo Princip, seorang Serbia.

Pembunuhan tersebut berujung pada ultimatum Habsburg terhadap Kerajaan Serbia.semua kekuatan besar terlibat dalam perang. Dan melalui koloni mereka, konflik ini segera menyebar ke seluruh dunia.

Menjadi casus belli, pemicu sebuah perang dahsyat, Jutaan nyawa melayang.

Ada yang menyebutnya sebagai Perang Besar, "Perang untuk Mengakhiri Semua Perang" . Kini, sejarawan menyederhanakan istilahnya menjadi Perang Dunia I

Perang Dunia II

Sejumlah besar sejarawan sepakat, Perang Dunia II disebabkan penyelesaian Perang Dunia I yang dianggap tak memuaskan.

Disebutkan, pihak Jerman, juga Austria dan Hungaria menerima tanggung jawab penuh sebagai penyebab Perang Dunia I.

untuk mencegah negara tersebut kembali memicu perang, Rhineland didemiliterasi, Jerman bahkan harus menghapuskan angkatan udaranya.

Di tengah kondisi itulah, muncul sosok Adolf Hitler. Tugasnya yang utama kala itu adalah sebagai pembawa pesan.
Hitler dua kali mengalami cedera dalam dua insiden terpisah. Pertama, kakinya terkena ledakan selongsong bom pada 1916. Matanya juga mengalami buta sementara akibat  gas mustard menjelang akhir perang.

"Kekalahan Jerman membuat Hitler patah semangat,
Ia menjadi agen intelijen dan disusupkan ke Partai Pekerja Jerman, Selama beberapa dekade kemudian, karier Hitler melonjak, menjadi kanselir. Dan, saat Presiden Paul Von Hindenburg meninggal dunia, ia mengangkat dirinya sebagai Fuhrer, komandan tertinggi paramiliter Nazi.

Saat berkuasa, Hitler mengecam Perjanjian Versailles, menyebutnya tak adil, dan, penyebab langsung  Perang Dunia II adalah invasi Jerman atas Polandia pada 1 September 1939.

Lalu, diikuti oleh invasi darat besar-besaran dengan mengerahkan armada tentara, tank, dan artileri. Teknologi Jerman yang unggul, ditambah miskalkulasi pihak Polandia, Hitler pun menang mudah.

Dua hari setelah serangan Jerman ke Polandia, Inggris dan Prancis menyatakan perang terhadap Hitler.

Negeri Sakura juga menyerang Persemakmuran Filipina yang dikuasai oleh Amerika Serikat, serta Malaya, Singapura, dan Hong Kong yang dikuasai oleh Britania Raya. Amerika dan Inggris kemudian menyatakan perang terhadap Jepang.

Amerika Serikat terseret dalam perang di Eropa ketika pada tanggal 11 Desember 1941, Nazi Jerman dan Fasis Italia menyatakan perang terhadap AS.

Episode Perang Dunia II berakhir dengan cara mengerikan, ketika Hitler terpaksa bunuh diri di bunkernya ketika tentara Rusia menyerbu masuk Berlin. Tak berapa lama kemudian, bom atom Amerika Serikat dijatuhkan ke Hiroshima dan Nagasaki.

Perang Dingin

Perang Dingin ditandai dengan persaingan tak kunjung usai antara dua negara yang sejatinya adalah sekutu dalam Perang Dunia II.

Persaingan diwakili kapal selam nuklir meluncur tanpa suara di kedalaman lautan dan samudra, hingga satelit paling canggih di orbit Bumi.

Salah satu peristiwa awal yang dianggap memicu Perang Dingin diawali pidato anti-komunis Perdana Menteri Inggris Winston Churchill pada 5 Mei 1946.

Dampak dari saling tuding luar biasa. Sejak saat itu Uni Soviet dan Amerika Serikat -- dua negara yang sebelumnya belum pernah bermusuhan di bidang apapun, yang bertempur dalam satu kubu Perang Dunia II -- mendeklarasikan sebagai musuh masing-masing dalam sebuah pertempuran yang tak pernah pecah secara terbuka, namun berlangsung selama lebih dari 50 tahun.

Sejumlah peristiwa terjadi setelahnya: Uni Soviet mendirikan Tembok Berlin pada Agustus 1961, Krisis Rudal Kuba pada 1962, Perang Vietnam, persaingan 'menjajah' antariksa, boikot Olimpiade Moskow oleh AS yang dibalas dengan boikot Olimpiade Los Angeles, Perang Afghanistan dan lainnya.

Meski akhirnya Perang Dingin berakhir pada 26 Desember 1991, warisan kebencian itu belum berakhir. Hingga kini.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages