Sang Pencipta Bitcoin Dikenai Denda 140 Triliun Rupiah - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Sang Pencipta Bitcoin Dikenai Denda 140 Triliun Rupiah

Share This

Sang Pencipta Bitcoin Dikenai Denda 140 Triliun Rupiah

Craight Wright, yang mengaku sebagai penemu Bitcoin, dikenai biaya denda $ 10 miliar ($ 142 miliar) disebabkan diduga mencuri dari almarhum rekan bisnisnya David Kleiman.

Tuduhan itu diajukan oleh keluarga Kleiman ke pengadilan Florida. Melalui dokumen-dokumen, keluarga Kleiman menyebutkan bahwa Wright telah merusak aset W & K Info Defence Research LLC kepada mitra bisnisnya.

Dalam sebuah dokumen palsu, Wright diberi hak untuk kehilangan Bitcoin senilai juta punya Kleiman atau $ 10 miliar (142,8 triliun rupiah).

Sebagai bukti, saudar Kleiman, Ira mengirimkan salinan email yang dia kirim pada tahun 2013. Dalam suratnya, Wright mengakui bahwa dia memiliki beberapa koin Kleiman.

"Dave bilang, jika Anda percaya bahwa Anda memiliki 1 juta keping Bitcoin, 300.000 di antaranya milik Dave, sedangkan 700.000 sisanya milik Anda," tulis Ira melalui email.

Kira-kira begitu banyak, tapi itu tidak dipotong pada kebutuhan bisnis," kata Wright di alamat email Ira.

Meski penemunya diam-diam sejauh ini, Wright mengklaim bahwa dia adalah seorang penemu. Nama Satoshi Nakamoto awalnya disebut sebagai penemu Bitcoin, namun seorang pria bernama Satoshi Nakamoto membantahnya.

Perlu dicatat bahwa harga sepotong bitcoin 1, jika publikasi ini sama dengan 10.564 dolar (145 juta rupiah.).

Wright dibawa ke pengadilan pada hari Jumat (2/3/2018) pada tanggal 15 Februari. Tapi sejauh ini tak ada yang mengutuknya.

Untuk informasi lebih lanjut, W & K Nfo Defense Research LLC adalah perusahaan blockchain, perintisnya adalah Wright dan Kleiman. Mereka berpartisipasi dalam pengembangan bitcoin melalui perusahaan itu.

Menurut informasi Wright dan Kleiman telah mendapatkan 550.000 dan 1,1 juta bitcoin. Namun pada tahun 2013 Klein meninggal dunia karena komplikasi penyakit.

Menanggapi tuntutan Ira, sejumlah pengamat ikut campur. Beberapa dari mereka menyebut klaim Kleiman yang tidak masuk akal. Menurut mereka, Wright tidak memiliki banyak koin digital, bahkan jika ia menciptakannya sendiri.

Mengingat bahwa Wright adalah salah satu tokoh kunci dalam menciptakan mata uang kriptografi, kasus ini dapat memiliki implikasi serius bagi perusahaan blockchain lainnya. Juga, jika pengadilan memutuskan apakah Wright akan dinyatakan bersalah.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages