Kamu Sering Tidak Menyadari Ini Penyebab Asam Urat Tinggi - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Kamu Sering Tidak Menyadari Ini Penyebab Asam Urat Tinggi

Share This

Kamu Sering Tidak Menyadari Ini Penyebab Asam Urat Tinggi

Jika Anda memiliki asam urat, Anda mungkin akan terbiasa dengan rasa sakit, nyeri dan bengkak, terutama jempol.

Mungkin Anda tidak mengerti mengapa gejala seperti itu bisa terjadi. Untuk alasan ini, artikel ini akan menjelaskan alasan pencegahan penyakit asam urat.

Asam urat adalah suatu kondisi yang terjadi karena gangguan metabolisme asam urat. Asam urat tinggi dapat menyebabkan serangan asam urat di beberapa bagian sendi tubuh. Bila itu terjadi, persendian, terutama jempol ibu jari, akan terasa sakit dan kemerahan. Lantas, apa penyebab asam urat?

Faktor risiko untuk meningkatkan asam urat

Anda lebih mungkin terkena asam urat bila kadar asam urat dalam darah Anda tinggi. Faktor yang bisa meningkatkan kadar asam urat itu sendiri antara lain:

Makanan
Terlalu banyak makanan yang dimakan dapat meningkatkan kadar asam urat dan dapat meningkatkan risiko serangan asam urat, seperti daging, makanan laut, minuman mengandung fruktosa buatan manis.

Kondisi medis atau masalah kesehatan
Beberapa penyakit atau masalah kesehatan bisa membuat Anda lebih rentan terhadap asam urat. Masalah kesehatan ini meliputi tekanan darah tinggi yang belum terselesaikan dan kondisi kronis lainnya seperti sindrom metabolik, diabetes, penyakit jantung dan penyakit ginjal.

Beberapa obat
Asam urat tingkat tinggi bisa disebabkan oleh penggunaan obat tertentu seperti diuretik dan aspirin.

Sejarah keluarga asam urat
Jika ada anggota keluarga lain yang menderita asam urat, mungkin ada risiko penyakit ini.

Usia dan jenis kelamin
Penyakit asam asam menyerang pria dibanding wanita. Tapi setelah menopause, kadar asam urat pada wanita akan mendekati kadar asam urat pada pria. Pria berisiko gout pada usia 30-50 tahun. Sedangkan wanita setelah menopause.

Kegemukan atau obesitas
Kelebihan berat badan bisa menyebabkan tubuh menghasilkan banyak asam urat. Oleh karena itu, menjadi lebih sulit untuk membersihkan ginjal dari kadar asam urat yang tidak perlu.

Pembedahan atau cedera serius
Sebuah operasi baru-baru ini atau cedera serius sekarang dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat tinggi.

Inilah alasan terjadinya pertumbuhan asam urat yang harus Anda ketahui. Mungkin Anda berpikir sekarang bahwa ada cara untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh? Jawabannya bermacam-macam, dan tidak sulit untuk melakukan itu. Yang penting adalah mencoba menyingkirkan faktor risiko yang dijelaskan di atas. Kami harap ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages