Ternyata Kim Jong-un Tidak Sesadis yang Diberitakan Media Barat - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Ternyata Kim Jong-un Tidak Sesadis yang Diberitakan Media Barat

Share This

Ternyata Kim Jong-un Tidak Sesadis yang Diberitakan Media Barat

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah dikenal sebagai sosok yang suka mengekang dan menyiksa masyarakat. Bahkan, sejumlah media Barat menyebut Jong-un sering mengeksekusi orang yang tidak dia sukai.

Beberapa orang terdekatnya yang telah melakukan kesalahan, maka tak akan lagi tampil secara publik dalam jangka panjang akan dianggap telah dieksekusi mati.

Cara eksekusi yang dilaporkan oleh media Barat bahkan cukup ekstrem. Mulai dari eksekusi yang dilakukan oleh regu tembak, dijadikan mangsa bagi kelaparan anjing, sampai dipanggang dengan melemparkannya ke bara api.

Tapi semua berita sampai sekarang belum terbukti benar. Bahkan, beberapa orang yang paling dekat dengan Jong-un yang konon telah dieksekusi mati, lagi 'bangkit' seperti zombie atau mayat hidup.

Kabar ini tentu saja hanya sebuah alegori untuk beberapa orang yang telah dilaporkan telah dieksekusi namun kemudian kembali ke masyarakat umum dan tampak sehat wal afiat seolah tak pernah disiksa. Berikut adalah beberapa orang yang sempat dikabarkan media Barat meninggal karena eksekusi, namun kembali tampil sendiri ke publik:

1. Penyanyi pop dan mantan kekasih Jong-un

Bintang pop Korea Utara yang juga mantan kekasih Jong-un saat kuliah, Hyon Song-wol dilaporkan terbunuh dengan dieksekusi oleh regu tembak. Song-wol bersama 11 orang lainnya yang menjadi anggota band musiknya ditembak karena diduga melakukan pelecehan seksual dan menjual kaset seks.

Berita kematiannya dikabarkan kepada publik oleh media Barat dan telah membuat kemarahan warga internasional. Namun setahun setelah kabar kematiannya menyebar tepat di tahun 2014, Song-wol kembali muncul ke publik dan tampil di televisi.

Baru-baru ini, Song-wol juga terlihat memeriksa tempat-tempat olah raga di Korea Selatan menjelang Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

2. Kepala militer

Pada 2016, militer Korea Utara Ri Yong-gil dilaporkan dieksekusi karena memfitnah, menyalahgunakan wewenang, dan korupsi. Seperti yang sering dilansir, lagi rupanya kabar eksekusi itu tidak benar.

Pejabat intelijen Korea Selatan adalah orang yang mengkonfirmasi berita eksekusi Yong-gil. Dia menganggap pemecatan Yong-gil dari kantor mengarah pada perintah eksekusi.

Namun, beberapa bulan kemudian, Yong-gil kembali muncul ke publik dengan jabatan barunya sebagai pejabat senior. Bahkan di bulan Mei di tahun yang sama, Yong-gil juga menghadiri Kongres Partai Buruh.

3. Paman yang dieksekusi oleh sekelompok anjing

Media Barat memberitakan kabar tersebut cukup mencengangkan pada 2014 lalu. Jong-un dilaporkan mengeksekusi pamannya sendiri dengan membuat dia dimakan 120 anjing lapar.

Meskipun tampaknya Jang Song-thaek benar-benar dieksekusi, namun kisah tentang dia yang meninggal karena makanan anjing benar-benar hanya rekayasa. Ceritanya pertama kali dimuat ke situs microblogging satiris China.

4. Bibi yang keracunan sampai mati

Setelah kabar kematian pamannya, bibi Jong-un juga dilaporkan telah dieksekusi. Kyong-hui yang merupakan adik dari ayah dan istri Song-thaek dikabarkan diracun atas perintah Jong-un.

Tapi lagi, rupanya berita itu hanya rumor. Tahun lalu, kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan bahwa Kyong-hui saat ini dilaporkan masih hidup, meski diobati karena depresi dan kanker.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages