Panass!! Pernyataan Ahok Ini Dianggap Melawan Konstitusi (Video) - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Panass!! Pernyataan Ahok Ini Dianggap Melawan Konstitusi (Video)

Share This

Panass!! Pernyataan Ahok Ini Dianggap Melawan Konstitusi (Video)


Pidato Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat aktif lagi sebagai gubernur menjadi sorotan di media sosial.

Dalam pidato tersebut, calon gubernur petahana DKI Jakarta mengatakan, "Anda melawan konstitusi di NKRI jika milih orang berdasarkan agama."

Pidato itu disampaikan Ahok saat serah terima jabatan kembali dengan Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono di Balai Kota Jakarta, Senin (12/2/2017).

Pernyataan Ahok tersebut tampaknya bikin gerah Wakil Ketua DPR, Hidayat Nur Wahid.

Melalui akun jejaring sosial Twitter yang dikelolanya, @hnurwahid, Hidayat mengkritisi cuplikan pidato Ahok tersebut.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, menilai konstitusi juga tidak melarang warga negara yang punya hak suara untuk memilih pasangan calon berdasarkan agama. Dia menyebut cuplikan pidato Ahok tersebut melawan konstitusi.

"Cagub Basuki T Purnama, kmrn sore sampaikan bhw memilih berdasarkn Agama = melawan konstitusi," kicau akun @hnurwahid.

"Pernyataan bliau mudah dibaca di sejumlah media cetak, elektronik dan online."

"Konstitusi yang sah dan legal di NKRI yaitu UUD NRI 1945, jelas tidak melarang apalagi menganggap memilih pemimpin berdasarkan agama sebagai melawan konstitusi," ucap Hidayat Nur Wahid dalam keterangan tertulis, Minggu (12/2).

Hidayat menjelaskan dalam kicauannya di akun @hnurwahid., dalam UUD NKRI Tahun 1945 pasal 29 ayat 2, jelas menyebutkan 'Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu'.

"Dan di antara ajaran agama Islam adalah tentang kepemimpinan dan memilih pemimpin, sebagaimana diatur antara lain dalam Surat Al-Maidah ayat 51 itu. Sebelumnya, pasal 28 E ayat 1 konstitusi RI (UUD NRI 1945), bahkan tegas menentukan bahwa 'kebebasan memeluk agama dan beribadat menurut ajaran agama' adalah HAM yang dilindungi dan diakui oleh NKRI," cuit @hnurwahid.

"Harusnya, para pejabat ajarkan&cerahkan rakyat ttg paham & praktik berkonstitusi (UUD NRI 1945) yg jujur, baik & benar," kicau @hnurwahid

"Tidak malah menyampaikan paham yang salah masih dibumbui dengan ancaman melawan Tuhan Yang Maha Esa pula," tegas Hidayat.



"Jadi, justru pernyataan Basuki T Purnama, cagub berstatus terdakwa dlm kasus penistaan Agama, itulah yg bertentangan dg Konstitusi RI," tulis akun @hnurwahid.

Sebelumnya, Ahok menyampaikan pidatonya itu dalam sambutan sebagai gubernur DKI aktif pada Sabtu (11/2) kemarin.

“Bapak ibu tahu persis kenapa pilih A, kenapa pilih B, kenapa pilih C. Jadi karena kalau berdasarkan agama, itu juga saya enggak melarang, ya enggak apa-apa, saya enggak mau berdebat soal itu. Karena soal itu saya disidang. Tapi dapat saya katakan, jika begitu, Anda melawan konstitusi di NKRI jika milih orang berdasarkan agama,” ucap Ahok.

Tonton video pidato Ahok berikut


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages