Kamu Punya Satu Dari 16 Hobi Ini? Berarti Sudah Bisa Menghasilkan Uang Sendiri - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Kamu Punya Satu Dari 16 Hobi Ini? Berarti Sudah Bisa Menghasilkan Uang Sendiri

Share This

Kamu Punya Satu Dari 16 Hobi Ini? Berarti Sudah Bisa Menghasilkan Uang Sendiri


Hobi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Atau bisa dikatakan hobi adalah pekerjaan yang paling disenangi dan rutin dilakukan sehingga dijadikan kebiasaan. Namun pada jaman sekarang ini banyak sekali pekerjaan utama yang berasal dari hobi. Alasannya pun sederhana, karena hobi ternyata juga bisa menghasilkan uang.

Nah, sebagai anak muda yang kreatif, tentunya kamu bakal memanfaatkan hobi kamu untuk mendapatkan penghasilan yang lebih, dan kamu juga tidak akan cepat bosan dalam melakukannya karena hal tersebut adalah hal yang kamu suka dan senangi.

Seperti kata Ridwan Kamil, "Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar.". Lalu, bagaimana caranya agar hobi bisa menjadi pekerjaan? Jawabannya sederhana, yakni dengan menjalani hobi yang memberikan manfaat bagi diri kamu sendiri, serta orang lain.

1. Menulis

Kamu mencintai menulis dan melakukannya setiap hari?, jika iya. Maka kamu yang punya hobi ini bisa memanfaatkannya menjadi pundi-pundi uang. Kamu dapat menulis cerita, opini, artikel sesuai yang kamu suka dan kamu cukup berpengalaman di situ, setelah itu kamu bisa mengirimkannya ke berbagai media yang baik cetak dan online, maka kamu akan mendapatkan upah dari media tersebut.

Atau jika kamu mampu untuk menerbitkan berbagai macam buku, jangan ragu untuk menerbitkannya ke penerbit-penerbit baik indie atau major. Bukankah keren jika melihat bukunya mejeng di toko buku?

2. Main Game

Pernah dimarahi ibu karena terus-terusan main game? Coba kamu tunjukan video-video PewDiePie, SeaNanners, dan CaptainSparklez yang merupakan contoh nyata dari mereka yang mampu menjadi bermain game sebagai hobi yang menghasilkan uang. Apa orang tua kamu akan marah lagi karena kamu terus-terusan main game?

Jika kamu suka main game mobile, banyak juga loh game mobile yang bisa menghasilkan uang. Seperti menjual akun Clash of Clans, menjual akun Hearthstone, dan game-game lainnya.

3. Memotret

Bagi kamu pecinta fotografi, ada banyak sekali pundi-pundi uang yang bisa kamu dapatkan dari kemampuan kamu yang satu ini. Kamu bisa menjual karya-karya kamu, mengikuti berbagai ajang lomba atau membuat sebuah pameran foto sendiri. Banyak sekali fotografer yang sudah sukses dari hasil jepretannya. Apalagi jaman sekarang memotret bukan lagi hal yang mahal dilakukan. Dengan gadget canggih kamu, kamu bisa mengambil foro sebagus fotografer profesional

4. Melukis

Bicara hobi yang menghasilkan uang, akan sangat dosa jika hobi melukis tidak dimasukan ke dalamnya. Tidak harus jadi pelukis yang memiliki galeri untuk memamerkan karyamu, kamu bisa menghasilkan uang dengan hanya melukis di kala senggang. Saat ini banyak orang memberikan kado ke pasangannya berupa foto lukisan, kan? Nah, kamu yang hobi melukis bisa banget loh membuka jasa melukis foto.

Melukis tidak hanya menggoreskan cat diatas kanvas, tapi juga mempunyai keindahan dan karakter sendiri, sehingga harganya pun bisa menjulang tinggi. Bayarannya pun tidak murah, bisa sampe Rp 100.000,- hingga Rp 500.000,- loh foto yang kamu lukis. Menarik, kan?

5. Musik , Menyanyi dan Menari

Hobi yang satu ini banyak digandrungi oleh anak muda dan juga merupakan hobi yang bisa menghasilkan uang. Jika kamu hobi musik dan jago memainkan alat musik, jangan ragu-ragu untuk mengisi waktu luang kamu dengan melatihnya. Menguasai alat musik bisa menuntun kamu untuk menggawangi sebuah band, anggota orkestra, atau bahkan guru les musik. Dan jangan salah, kebanyakan guru les musik bayarannya lebih mahal daripada guru les pelajaran biasa loh!

Apalagi gaya menari sekarang ini lebih modern dan mengikuti perkembangan jaman. Kamu dapat melatih kemampuan menari mu lewat youtbe atau mengikuti kelasnya. Kemudian, dengan suara merdu dan gerakan elegan, kamu bisa membuat orang terpana dan mengakui kehebatan kamu.

6. Memasak

Memasak adalah keahlian yang pasti dimiliki banyak orang. Tidak terpaku hanya untuk para cewek, cowok juga boleh loh hobi memasak. Jika kemampuan memasak kamu sudah mumpuni, kamu bisa coba-coba membuka usaha katering atau bereksperimen menghadirkan makanan baru yang unik. Atau dengan mebuat jajanan-jajanan atau kue dan menjualnya di kampus atau sekolah kamu. Dan kamu juga bisa loh mengikuti berbagai ajang pencarian koki berbakat yang sekarang ini banyak diselenggarakan oleh stasiun televisi. Jika beruntung, mendapatkan juara dan hadiah yang bernilai besar.

7. Travelling

Ini nih gayanya anak muda sekarang, yang suka Bolang ke berbagai tempat. Mulai dari nge-camp, hiking, atau sekedar jalan-jalan ke tempat pariwisata. Jika kamu memang punya hobi itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Jika kemampuan bahasa inggris kamu baik, kamu bisa tiba-tiba menjadi guide di tempat yang kamu kunjungi. Jika kamu suka memotret kamu bisa mengabadikan apa saja yang kamu temui dan menjualnya atau kamu masukkan dalam blog pribadi kamu. Atau kalau kamu bisa menulis kisah travelling kamu dan mengirimkannya ke berbagai media. Kamu akan mendapatkan uang yang lumayan dari hobi kamu itu.

8. Melayout atau Mendesign

Sebagai informasi, dewasa ini informasi yang disampaikan oleh suatu media bergantung pada grafis gambar yang menyertainya. Jika gambarnya tidak menarik, kadang orang malas untuk klik dan membaca informasi yang disampaikan. Di sinilah peran orang yang pandai dan hobi desain grafis dibutuhkan sehingga bisa menjadi hobi yang bisa menghasilkan uang. Jadi jika kamu hobi coret-coret membuat desain grafis, jangan malas untuk share gambar hasil karyamu di internet lewat sosial media atau forum diskusi. Atau tambahkan kemampuan desain grafis kamu di LinkedIn.

Bagi pecinta Corel Draw dan Photoshop, jangan sia-siakan hobi kamu, karena kamu juga bisa mendapatkan uang dari hobi yang satu ini. Kamu bisa bekerja sama dengan suatu instansi, perusahaan atau penerbit, atau jika kamu mau kamu dapat mempromosikan dirimu sendiri. Kamu juga bisa mengikuti berbagai ajang lomba layout dan design.

9. Menggambar Karikatur

Berbeda dengan melukis yang lebih mementingkan unsur keindahan dalam garis dan coretan. Membuat karikatur atau kartun dapat menghasilkan uang juga lewat suatu rangkaian cerita yang ingin dilukiskan. Kamu bisa bekerja sama dengan temanmu yang hebat dalam merangkai cerita dan kamu sendiri yang menggambarnya. Atau jika kamu bisa, kamu bisa membuat sendiri cerita kamu dengan kartunmu. Ada banyak situs yang menghasilkan pundi-pundi uang lewat karya kartunmu seperti webtoon. Atau kalau kamu mau kamu juga bisa mengirimkannya ke Koran atau majalah terkenal.

10. Belanja

Bagi para cewek-cewek yang suka berbelanja, ternyata belanja itu tidak hanya menghambur-hamburkan uang, kamu juga bisa mengambil manfaat dari sifat gila belanja kamu menjadi pundi-pundi uang. Pertama, kamu dapat menjual kembali barang-barang belanjaanmu dengan harga yang lebih mahal. Kedua, kamu bisa bekerja sama dengan toko offline atau online yang sudah kamu percaya untuk menjadi dropshipper. Biasanya mereka akan memberikan harga miring buat kamu yang sudah berlangganan.

11. Bergosip atau Berorator

Gosip adalah kebiasaan atau hobi yang biasanya dinilai buruk, tapi walaupun begitu bergosip bisa dijadikan kesempatan buat kamu untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Tentu saja kamu bisa mendaftarkan diri sebagai seorang pembawa berita entertainment atau berita nasional atau lokal seputar Indonesia. Dengan kemampuan kamu itu, kamu bisa saja lulus dengan mudah dalam testnya.

Berorator memiliki kemampuan untuk mengajak orang lain mengikuti atau mendukung pendapatnya, kamu bisa menjadi seorang motivator dengan kemampuan kamu menjadi seorang orator yang handal.

12. Main Sosmed

Meski terdengar aneh, tapi memainkan sosial media (sosmed) ini memang sudah menjadi hobi yang menghasilkan uang sekarang ini. Seiring era mobile first, banyak perusahaan menggunakan internet untuk menjalankan bisnisnya. Nah, saat inilah perang kamu yang hobi banget main sosmed sangat berguna. Kamu bisa dibayar hanya untuk melakukan promosi lewat sosmed milik kamu (buzzer) atau dibayar untuk menjalankan sosmed milik suatu perusahaan. Hayo ngaku, kamu hobi banget main sosmed kan?

13. Membaca

Hobi yang satu ini adalah hobi paling mainstream yang sering disebutkan ketika seseorang ditanya, apa hobinya? Ya.. membaca adalah hobi yang banyak digandrungi oleh masyarakat, walaupun kenyataannya masih terlampau sedikit. Ada banyak sekali manfaat membaca, salah satunya menghasilkan pundi-pundi uang. Kamu punya bakat story telling atau pendongeng, tentunya sebelum melakukan hal tersebut kamu harus sering atau lebih banyak membaca buku bukan? Atau ketika kamu akan membuat karya besar, membaca adalah hal pertama yang harus kamu lakukan.

14. Menjahit

Kamu yang sukanya mendesign baju-baju sendiri, bahkan membuat baju hingga jadi. Jangan hanya diamin karya kamu itu buat diri kamu sendiri. Coba kamu foto baju-baju kamu yang keren itu ke sosial media atau nawarin langsung modelnya ke temen-temen kamu, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari itu. Dan mungkin saja, tawaran jadi desainer akan segera mendatangi kamu.

15. Hobi Makan

Jika selama ini kamu terbiasa mengeluarkan uang untuk membeli makanan, kamu pasti tidak percaya jika bisa dibayar hanya dengan makan, kan? Jika kamu hobi makan dan juga kebetulan punya blog, kesempatan kamu menghasilkan uang sangat besar. Karena akhir-akhir ini kamu pasti familiar dengan istilah FoodBlogger, kan? Nah, hanya dengan bermodal me-review makanan atau tempat makan, kamu bisa mendapatkan banyak visitor yang kemudian nantinya bisa kamu jadikan untuk memasang adsense di blog milik kamu. Bahkan jika blog kamu cukup punya nama, bisa loh coba kamu tawarkan kerjasama dengan tempat makan lain agar memasang iklan atau kamu bantu promosikan.

16. Hobi Ngoprek (Smartphone atau Komputer)

Ngoprek smartphone sepintas memang terlihat seperti kegiatan yang hanya iseng-iseng semata. Tapi jika kamu serius menekuninya, ini bisa banget loh jadi hobi yang menghasilkan uang. Kamu bisa saja membuka jasa root Android, jailbreak iPhone, service HP yang error software, install ulang smartphone atau komputer, update OS, dan lain sebagainya. Modalnya hanya belajar.

Gimana, menarik bukan punya hobi yang bisa menghasilkan uang? Jadi mulai sekarang jangan pernah ragu untuk menggeluti hobi yang bisa membawa manfaat bagi orang lain. Karena semua hobi yang bermanfaat bagi kamu dan orang lain adalah hobi yang menghasilkan uang.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages