Nougat adalah nama yang dipilih untuk Android N - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Nougat adalah nama yang dipilih untuk Android N

Share This

Nougat adalah nama yang dipilih untuk Android N


Kemunculan Android N memang ditunggu banyak orang terlebih bagi pecinta smartphone maupun perangkat Android. Memang berbulan-bulan banyak spekulasi dan rumor nama resmi untuk Android N yang menjadi ekspos utama berbagai media.

Google melalui akun resminya di Google+ akhirnya mengumumkan nama yang dipakai untuk versi Android 7.0 selanjutnya yaitu Android Nougat.

Sebelum pilihan dijatuhkan ke Android Nougat; beberapa nama makanan yang disarankan atau diprediksi akan menjadi code name setelah Marshmallow diantaranya adalah nutella, neapolitan, nutter butter, dan noodles.

Google bahkan sampai menggelar sayembara khusus untuk mendapatkan masukan ide nama apa yang akan dipakai oleh Android N. Akhirnya, Google memutuskan menggunakan nama Nougat.

Bagi pembaca yg tidak pernah mendengar jenis makanan nougat, berikut definisi yg diambil dari wikipedia:

Nougat adalah sebuah permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang (badam, kenari, pistachio atau hazelnut, namun bukan kacang tanah) dan beberapa buah kering; Bentuknya bisa lunak atau keras tergantung bahan yang dipakai.

Ada dua macam nougat: putih dan cokelat. Nougat putih dibuat dari putih telur yang dikocok sampai halus, sedangkan nougat cokelat (Perancis: Nougatine) terbuat dari gula yang menjadi karamel dan memiliki tekstur keras, kadang garing.

Nougat berasal dari bahasa Prancis, orang Italia menyebutnya Torrone, sedangkan orang Spanyol menyebutnya Turron.

Sepertinya, saya belum pernah makan makanan Nougat ini. Yaa mungkin karena saya belum pernah ke luar negeri . Tapi kalau melihat dari bentuknya, dan melihat dari beberapa referensi makanan di Indonesia, Nougat ini “mungkin” bisa disamakan dengan enting-enting gepuk. Nah, kalau ini saya pernah makan. Rasanya maniss dan enakkk banget… (woiii..puasa woii…)

Nah, setelah kita tahu nama resmi dari Android N, sekarang pertanyaannya, fitur apa saja yang dibawa oleh Android Nougat ini?

Versi developer preview dari Nougat sendiri sudah beredar untuk beberapa device Nexus sejak bulan Desember 2015. Beberapa fitur baru di Android 7.0 terbarunya adalah split-screen multi-window mode, seamless updates, penghemat baterai Doze, fitur data saver yg fungsinya untuk menghemat kuota internet, penambahan emoji baru, juga adanya dukungan terhadap VR (Virtual Reality) DayDream yang bisa digunakan dengan smartphone yang sudah “DayDream-Certified”.dll.

Android Nougat juga memiliki compiler JIT baru, yang menurut Google akan meningkatkan daya tahan baterai, membuat aplikasi menjadi lebih kecil ketika sudah diinstall, dan menjadikan smartphone 75% lebih cepat.

Jadi, tunggu saja rilis stabil dari Android Nougat untuk smartphone kita. Biasanya via OTA. Kalau smartphone-nya sudah dalam kondisi di-root, ya tinggal nunggu aja custom rom Android Nougat di XDA Developer

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages