Cara Mengatasi Google Play Store Error - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Cara Mengatasi Google Play Store Error

Share This

Cara Mengatasi Google Play Store Error


Google Play Store adalah salah satu aplikasi paling penting yang sering digunakan oleh para users Android diseluruh dunia. Tanpa adanya Google Play Store mungkin pengguna Android akan kebingungan dalam mencari Aplikasi dan Game terbaru yang gratis dan aman. Salah satu Produk dari Google Inc, ini tentunya menjadi pilihan terbaik bagi para pengguna Android.

Banyak pengguna Android mengalami error pada aplikasi Google Play Store-nya. Proses download aplikasi yang gagal atau Google Play Store yang tidak dapat dibuka adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna Android.

Hal ini terbukti banyak pengguna Android yang sering mengeluh dikarenakan Google Play Store muncul pesan error seperti “Unfortunately Google Play Store Has Stopped”, “Google Play Store Has Been Stopped”, atau “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti”. Intinya adalah Google Play Store berhenti secara tiba – tiba atau Force Close tiba – tiba.

Pernah mengalami "Sayangnya, Layanan Google Play telah berhenti" kan? tentu beberapa orang yang memakai android pasti mengalami hal ini, apalagi untuk yang Androidnya tidak memiliki cukup Rom ataupun Ram di dalamnya.

Masalah seperti ini terjadi pada banyak merek smartphone Android mulai dari Samsung Galaxy, Smartfreen, Lenovo, Asus, Xiomi, HTC, LG, Advan, Sony Xperia, Oppo, serta merek smartphone Android lainnya. Untuk versi OS, ini sering terjadi pada versi Android Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop. Ada beberapa Alasan Yang Menyebabkan Google Play Store Terjadi Error, diantaranya yakni File Cache, Memori RAM yang terlalu penuh, error pada Aplikasi, dan lainnya.

Periksa waktu dan tanggal

Google selalu memeriksa waktu dan tanggal Anda untuk menjalankan Play Store. Jika waktu dan tanggal tidak sesuai, akan timbul masalah pada Play Store. Untuk memperbaiki masalah ini, ubahlah waktu dan tanggal di smartphone Anda. Anda dapat memilih format pendeteksian waktu dan tanggal secara otomatis. Tetapi jika Play Store masih error, cobalah untuk mengatur tanggal dan waktu secara manual.

Periksa koneksi internet

Kami pernah menemui kasus dimana ada pengguna tak bisa mengakses Google Play karena koneksi internet yang tidak stabil. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun dengan mengecek koneksi internet nyatanya dapat memecahkan masalah. Cobalah untuk beralih dari jaringan WiFi ke data seluler atau sebaliknya.

Perbarui Google Play dan Google Play services

Pastikan Anda sudah menggunakan versi yang terbaru. Memperbaharui Aplikasi dapat membuat bugs atau kerusakan tertentu bisa hilang. Semua file Google Play Store akan diperbaiki setelah anda berhasil melakukan update. Selain Play Store, Anda juga harus meng-install Google Play Service versi terbaru jika sudah tidak up-to-date. Karena untuk dapat beroperasi, Google Play Store membutuhkan Google Play Service. Jadi, usahakan untuk mengecek versi Google Play Service Anda.

Bersihkan cache dan data Google Play

Cache adalah tempat penyimpanan data sementara sehingga data aplikasi dapat cepat dibuka tanpa perlu dimuat ulang. Penumpukan File cache yang terlalu banyak dapat membuat aplikasi serasa berat saat dibuka atau saat loading page. Hal ini terjadi tidak hanya pada Google Play Store saja, bisa saja pada aplikasi lain seperti BBM, Line, WhatsApp, ataupun yang lainnya. Solusinya yakni dengan menghapus File cache tersebut supaya Android serasa lebih ringan dan normal kembali.

Menghapus cache bisa dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga semacam CCleaner atau Clean Master atau dengan pergi ke menu pengaturan -> pengelolaan aplikasi dan pilih aplikasi Google Play Store, lalu klik tombol clear cache. Jika masalah belum terselesaikan, coba hapus juga data pada aplikasi Play Store dengan klik tombol clear data.

Sign-in ulang

Jika masalah pada Google Play Store masih belum selesai juga, maka Anda perlu mengatur ulang akun Google. Cobalah untuk menghapus akun Google yang ada, lalu masukkan kembali akun tersebut. Atau, Anda juga bisa membuat dan mendaftarkan akun Gmail yang benar-benar baru.

Uninstall dan Install Google Play Store

Menghapus dan mengganti dengan aplikasi yang baru adalah solusi paling jitu dalam mengatasi aplikasi Google Play Store yang error. Tapi sebelum melakukan hal ini, persiapkan Aplikasi Google Play Store format Apk untuk di install. Cara uninstall Google Play Store cukup mudah, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari aplikasi Google Play Store, kemudian tap “Copot Pemasangan”.

Nonaktifkan VPN

Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah menonaktifkan VPN. Memang benar, dengan mengkaktifkan VPN Anda akan menemukan informasi menarik di luar lokasi geografis Anda. Bahkan Anda dapat meng-install aplikasi Play Store dari negara lain. Namun, VPN dapat menyebabkan masalah pada Google Play Store di wilayah Anda tinggal saat ini.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages