Ini Caranya Demi Terwujudnya Cita-cita Traveling Ke Luar Negeri - kompasianadetik

kompasianadetik

artikel dan berita hanya untukmu

Disponsori

Post Top Ad

Ini Caranya Demi Terwujudnya Cita-cita Traveling Ke Luar Negeri

Share This

Ini Caranya Demi Terwujudnya Cita-cita Traveling Ke Luar Negeri


Berlibur dan mengeksplorasi negri orang akan memberikan kita banyak pengalaman. Mulai dari mempelajari bahasa baru, melihat kultur dan kebiasaan masyarakat setempat sampai dengan mendapatkan teman dari berbagai negara

Meskipun traveling tidak harus ke luar negeri tapi jika kamu memang memiliki kesempatan untuk melakukannya, sah-sah saja jika kamu segeran mengepak ransel dan pergi

Akan tetapi untuk mewujudkan impian berjalan-jalan ke luar negeri dibutuhkan usaha yang besar. Salah satu usaha tersulit adalah mengumpulkan uang. Mengumpulkan uang dianggap sulit selain karena harus pintar mengatur pengeluaran juga banyaknya godaan. Jika kamu tak punya trik jitu maka niat menabung demi jalan-jalan bisa saja bubar di tengah jalan.

Nah bagi kami yang berminat berplesir ke luar negri tapi masih bingung gimana caranya mengumpulkan uang, Berikut ini cara - cara kreatif yang bisa kamu tiru loh:

1. Kumpulkan Niat Untuk Menabung Setiap Hari 10rb sampai 20rb

Mengumpulkan uang untuk berplesir sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dalam artikel cara jalan-jalan untuk mahasiswa salah satu jalan yang bisa dicoba adalah dengan menetapkan pengeluaran harian sebesar Rp 20.000,- . Selain itu kamu juga bisa menabung dari uang saku yang dimiliki. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar akan tetapi jika dilakukan dengan cukup konsisten cita-cita menjelajah negeri orang suatu saat pasti bisa tercapai. Misalnya saja kamu menabung dengan asumsi sebesar Rp 10.000 perhari lalu dikalikan selama 30 hari dan dilakukan selama setahun yang hasilnya adalah:

30 x Rp 10.000 = Rp 300.000 setiap bulan
12 x Rp 300.000 = 3.600.000 selama setahun

dengan menabung selama setahun kalian sudah bias mengumpulkan uang sejumlah di atas yang bisa digunakan untuk berlibur ke negara-negara seperti : Singapura, Malaysia, dan Thailand. Satu hal yang perlu kamu tanamkan dalam pikiran adalah keberhasilan menabung tidak selalu karena jumlah yang besar tapi juga dipengaruhi oleh niat dan konsistensi.

2. Cobalah Menuliskan Destinasi Impian Motivasi di Celengan Kamu

Bagi kamu yang enggan memasukkan uang ke bank untuk menabung juga bisa menggunakan celengan sebagai tempat mengumpulkan uang. Untuk menaikkan semangat juang tambahkan kata-kata motivasi atau tujuan destinasimu di sana. Secara psikologis hal tersebut bisa memompa semangat bagi kamu yang sedang gencar menabung. Letakkan celengan di tempat yang mudah terlihat sehingga kamu selalu ingat akan mimpi tersebut.

Cara ini memang terbilang unik namun jika diterapkan dengan baik maka impian menjelajah negara di luar Indonesia bukan tidak mungkin bisa segera tercapai. Coba deh mulai hari ini menabung Rp 10.000 perhari dan dimasukkan ke dalam celengan yang ada kata-kata motivasinya.

3. Kurangi Biaya Senang-senang dan Cari Uang Tambahan

Perjuangan mengumpulkan uang demi cita-cita berlibur ke luar negeri harus dilakukan secara total gak boleh setengah-setengah. Mulai dari menyisihkan uang dari penghasilan, menghindari nmenghamburkan uang untuk bersenang-senang, sampai dengan mencari sumber pendapatan tambahan juga bisa kamu lakukan. Ketika kamu memiliki cita-cita tentu perjuangan berat seperti itu pun rela dilakukan agar keinginan tersebut bisa tercapai.

Segala hal sebetulnya bisa kamu lakukan jika memang benar-benar ingin mencapai keinginan berlibur ke luar negeri. Kelak segala pengorbanan tersebut akan terbayarkan dengan kepuasan dan juga pengalaman yang kamu dapat. Terasa berat memang, tapi jika ini menjadi cita-citamu tentu kamu akan tetap melakukannya .

4. Pisahkan Rekeningmu Secara Tegas

Agar lebih tertib soal menabung demi jalan-jalan kamu bisa membuat dua rekening demi kelancaran kedua hal tersebut. Satu rekening dimanfaatkan khusus tabungan dan yang satu lagi digunakan untuk keperluan sehari hari.

Bisa dengan cara sehabis gajian atau mendapat kiriman orang tua transfer saja uang tersebut ke rekening yang memang ditujukan menabung. Agar lebih afdol jangan buat kartu ATM supaya tidak tergoda mengambil uang tidak pada waktunya.

Memisahkan antara rekening tabungan dan biaya sehari-hari memang berguna untuk mengontrol diri agar tak kelepasan menghabiskan uang. Selain itu menabung di awal juga berguna untuk menghindari gagalnya menyisihkan uang karena memang tabungan telah dilakukan di awal dan bukan pada akhir bulan.

5. Beli Secara Bertahap Tiket Pesawat, Akomodasi, dan Penginapan Agar Tak Terasa Berat

Berburu tiket murah meriah adalah kewajiban bagi kamu traveler yang punya budget terbatas. Jangan menyerah untuk mendapatkannya karena setiap tahun pasti ada maskapai yang melempar tiket murah ke pasaran. Agar tidak terasa berat hindari membeli semuanya di waktu bersamaan. Tentukan kapan waktu kamu akan pergi dan selanjutnya menabung serta membeli segala kebutuhan dengan cara bertahap.

Tidak hanya menghindarkan diri dari rasa berat karena harus membeli tiket dan bayar booking hotel bersamaan, membeli secara bertahap memungkinkan kamu untuk mendapatkan harga terbaik, misalnya saja melalui program sale yang ditawarkan. Kamu pun bisa memilih penginapan harga paling sesuai kantong dengan fasilitas terbaik di kelasnya.

Dan masih banyak cara lainnya yang bisa kamu tempuh untuk mewujudkan cita-citamu ke luar negeri. Asalkan kamu terus memperjuangkan niat kamu.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages